Connect with us

Sumut

Milad 2 Tahun Pakpong, Rianto SH Bantu Pengobatan Seniman

Published

on

Caleg DPRD Medan 2019-2024, Rianto SH (kiri)

Medan, Geosiar.com – Caleg DPRD Kota Medan 2019-2024 dari Partai Hanura No Urut 4 Rianto SH bantu pengobatan seniman seni rupa Agam Zapina yabg saat ini terbaring sakit. Bantuan materi sebesar Rp 1 diberikan saat menghadiri acara 2 tahun kumpulan Pakpong Medan di Taman Budaya Simut, Jumat (11/1/2019).

Rianto yang juga Ketua Dewan Kesenian Medan (DKM) itu memberikan bantuan secara spontan saat Amir Arsyad Nasution sebagai penggagas dan pembawa acara mengajak berdialog. Amir yang juga sedang sakit itu mengatakan Pakpong Medan akan menggagas satu acara untuk menggalang dana yang akan diberikan kepada beberapa seniman yang sedang sakit termasuk Darma Lubis.

“Saya prihatin dengan kawan kawan seniman yang sedang sakit. Saya titip Rp 1 juta untuk Agam Zapina membantu pengobatan. Begitu juga anggota saya di DKM yakni Darma Lubis diberi kesembuhan oleh yang Maha Kuasa, ” ujar Rianto yang akrab disapa Anto Genk itu

Selain itu, Rianto selaku Caleg DPRD Medan dari dapil III (Medan Tembung, Medan Timur dan Medan Perjuangan) mengapresiasi acara 2 Tahun Pakpong Medan. Rianto menyebut sudah saatnya kesenian asli Medan yakni seni ronggeng dilestarikan. Sebab, seni tradisi seperti itu, menjadi kekayaan bagi bangsa terutama Sumatera Utara.

“Sebagai Ketua DKM saya sangat berterimakasih kepada kumpulan Pakpong Medan, karena telah membantu DKM dalam pelestarian nilai nilai budaya melalui seni ronggeng ini. Saya sendiri hampir setiap bulannya dari pertama acara terus hadir dan ikut menyaksikan perkembangan ronggeng pakpong ini, ” ujar Caleg yang dekat dengan rakyat kecil itu.

Kemudian secara spontan pimpinan Pakpong Medan Amir Arsyad juga memperkenalkan Rianto SH kepada pengunjung, yang saat ini bertarung sebagai Caleg DPRD Medan Partai Hanura Nomor 4 dapil III meliputi Kec Medan Tembung, Perjuangan dan Timur.

“Bapak/ibu yang tinggalnya di ketiga kecamatan tersebut, perkenalkan ini ada Caleg kita yang peduli terhadap kesenian. Ibu bapak bolehlah nanti pada pemilihan mencoblos, beliau,” kata Amir Arsyad.

Usai acara Rianto mengatakan, kesenian harus didukung penuh. Oleh karena itu, harus ada dari seniman yang duduk di legislatif untuk memperjuangkan anggaran kesenian.

“Saat ini pemerintah sudah mengesahkan undang undang kebudayaan. Itu artinya pemerintah sudah menggelontorkan anggaran yang cukup besar. Dana ini yang harus dikawal. Jika ada perwakilan seniman di DPRD, maka kesenian bisa lebih terbantu supaya maju,” ujar Rianto yang sudah cukup dikenal didunia kesenian itu. (rel/lamru)