Connect with us

Sumut

Jalur Kereta Api dari Medan-Danau Toba Segera Dibangun

Published

on

Stasiun KA Medan

Geosiar.com, Medan – Akses Kereta Api (KA) rute Medan-Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan segera dibangun. Pembangunan ini adalah target Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang telah menyiapkannya tahun ini.

Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo menjelaskan, tahun ini pembangunan infrastruktur untuk Kereta api akan dilakukan secara bertahap.

“Kereta api akan dikerjakan tahun ini, jadinya Up Grade dari Medan ke Pematangsiantar sudah tersedia anggaran dari Kemenhub,” ungkap Arie, Kamis
(10/1/2019).

PT KAI mengaku juga akan melakukan perbaikan pelayanan untuk masyarakat yang akan berkunjung ke Danau Toba dengan moda transportasi kereta api ini. ‎”Mudah-mudah Kemenhub dan PT KAI akan melaunching kereta api baru.”

Kini Kemenhub tengah membahas out line bisnis kereta dari Kota Pematangsiantar ke Danau Toba di Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara setelah melakukan Up Grade. Memang akan menggunakan biaya yang besar dari pemerintah dan badan usaha namun akan segera direalisasikan.

Arie berharap pembangunan infrastruktur Kereta Api Medan ke Parapat di Kawasan Danau Toba dapat direalisasi dan selesai pada tahun ini sehingga tidak terpengaruh dengan kondisi tahun 2019 sebagai tahun politik.

“Sembari di Up Grade, sembari juga dikerjakan. Ini juga ditawarkan oleh investor, untuk pembangunan rel dan operasionalnya,” tutup Arie.