Connect with us

Politik

BPPRD Pemko Medan Klaim Realisasi Pajak Capai 93,44 % TA 2018

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pemko Medan melalui  Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan mengklaim hingga dengan 31 Desember 2018 berhasil  merealisasikan pajak daerah  sebesar Rp.1.316 miliar lebih atau 93,44%  dari target yang ditetapkan yakni sebesar Rp.1.408 miliar.

Menurut Kepala BPPRD Kota Medan Zulkarnain (foto) kepada wartawan, Jumat (11/1/2019, realisasi pajak daerah itu bersumber dari 8 jenis pajak daerah yakni pajak hotel, restoran, hiburan, pajak penerangan jalan (PPJ), parkir, air bawah tanah (ABT), pajak bumi bangunan (PBB) serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Dari 8 jenis sumber pajak itu, realisasi  pajak daerah yang berasal dari 5 jenis pajak mengalami kenaikan yang cukup signifikan seperti pajak hotel, target Rp.117 miliar, realisasi 119,6 miliar. Kemudian pajak restoran, target Rp.170 miliar, realisasi Rp.172,6 miliar. Lalu, pajak hiburan, target Rp.43 miliar, realisasi 43,077 miliar.

Selanjutnya pajak penerangan jalan, target Rp.244,7 miliar, realisasi Rp.278,1 miliar. Berikutnya, pajak parkir, target  Rp.22 miliar, realisasi Rp.22,2 miliar serta PBB dengan target Rp.454 miliar dan realisasinya Rp.382,4 miliar. “Untuk pajak BPHTB dan ABT, realisasinya  mengalami penurunan dibandingkan target yang ditetapkan maupun realisasi tahun 2018,” ujar Zulkarnain di Medan.

Zukarnain menjelaskan, BPHTB ditargetkan Rp.339,9 miliar namun yang berhasil terealisasi Rp.275,7 miliar. Realisasi ini pun mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, sebab realisasi pajak daerah dari BPHTB tahun 2017 sebesar Rp.401,6 miliar.  Begitu juga dengan ABT, targetnya tahun 2018 sebesar Rp.13 miliar namun yang terealisasi  hanya Rp.11,1 miliar. “Realisasi  ABT tahun 2018 juga mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017 dengan capaian realisasi Rp.12,2 miliar,” jelasnya.

Berdasarkan hasil paparan realisasi pajak daerah yang disampaikan itu, Zulkarnain menyimpulkan, ada lima jeni pajak daerah yang  realisasinya  mencapai 100% yakni pajak hotel, restoran. Hiburan, PPJ dan parkir. Sedangkan sisanya tiga jenis pajak daerah lagi yaitu BPHTB, PBB dan ABT, realisasinya sampai akhir tahun 2018 tidak mencapai 100%.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, Zulkarnaikan mengungkapkan, tidak tercapainya realisasi pajak daerah dari jenis pajak BPHTB  akibat tidak adanya tercatat transaksi pertanahan/properti dalam skala besar selama tahun 2018 sebagaimana yang terjadi pada tahun 2017. Di samping itu juga terjadinya penurunan transaksi pertanahan/properti sepanjang tahun 2018.

Sedangkan untuk PBB bilang Zulkarnain, penyebab tidak tercapainya target  disebabkan realtif masih banyaknya wajib pajak PBB yang belum membayarkan PBB-nya sepanjang tahun 2018. Kemudian akibat masih kurangnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat  untuk membayar PBB tepat waktu.

Ditambahkan, program kerja yang telah dilaksanakan tahun 2018 dan akan dilanjutkan kembali tahun 2019, salah satunya  pemasangan tapping box untuk beberapa jenis pajak daerah seperti pajak hotel, restoran, hibiran dan parkir yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Untuk Tahun 2018, pihaknya telah memasang 100 unit tapping box sebagai alat elektronik untuk memantau dan mengawasi pelaporan SPT Bulanan pajak daerah oleh wajib pajak.  Di tahun 2019 imbuhnyam pemasangan tapping box akan terus dilakukan yang pengadaannya bekerjasama dengan Bank Sumut.

“Kita sadar pajak daerah merupakan sumber utama pembentukan PAD. Oleh karenanya guna memberhasilkan pengelolaan pajak daerah tahun 2019, kita akan terus mengkampanyekan gerakan sadar dan patuh pajak daerah sehingga dapat mendukung pencapaian sasaran pembangunan kota tahun 2019 sebagaimana yang telah ditetapkan,” ungkapnya. (lamru)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Jesayas Tarigan : Kujungan SBY Diyakini Berkah, Siap Menindaklanjuti Progam Demokrat

Published

on

Jesayas Tarigan : Kujungan SBY Diyakini Berkah, Siap Menindaklanjuti Progam Demokrat

Medan, Geosiar.com – Kunjungan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono ke Tanah Karo, Berastagi, Sumut diyakini membawah berkah bagi masyarakat khususnya warga Karo. Apalagi, kedatangan SBY untuk mendorong dan membangkitkan kepedulian kader Demokrat berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui 14 program prioritas Partai Demokrat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP Barisan Pemuda Karo (BPK) Jesayas Tarigan (foto) kepada wartawan, Rabu malam (23/1/2019) menyikapi kunjungan silaturahmi SBY dengan masyarakat Karo. “Sebagai kader Demokrat, kami siap untuk menindaklanjuti program itu,” ujar Jesayas Tarigan.

Disebutkan, kepedulian SBY selaku Ketua Umum Partai Demokrat untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat Karo khusus para petani dan pedagang sayur buah merupakan kepedulian yang sangat mulia.

“Bagi kader Demokrat ke depan, tentu suatu motivasi bagaimana memajukan nasib rakyat melalui pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat. Memperhatikan, meyerap aspirasi masyarakat dan harus memberi solusi, tentu menjadi tugas kami,” sambung Jesayas.

Dilanjutkan Jesayas Tarigan yang juga sebagai Caleg DPRD Sumut Partai Demokrat periode 2019-2024 No Urut 2 dapil Sumut 11 meliputi (Tanah Karo, Dairi dan Pakpak Bharat), bagi kader Demokrat dituntut harus peka memperhatikan kesejahteraan masyarakat lalu cepat memberi solusi.

“Saya selaku kader harus mempedomani tindakan SBY dan berupaya melanjutkan dan menjalankan program tersebut demi perbaikan peningkatan daya ekonomi rakyat,” sebut Jesayas Tarigan dan mengaku akan terus menyerap aspirasi warga lalu belajar memberi solusi.

Apalagi masalah petani saat ini kata Jesayas Tarigan, kelangsungan para petani dan pedagang buah sayur di Tanah Karo, Dairi dan Pakpak Bharat butuh perhatian serius.

Seperti tanaman buah dan sayur yang belakangan ini menurun akibat erupsi gunung Sinabung perlu pemerintah turun tangan agar produksi tetap terjaga sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dan harapan semakin meningkat. Begitu juga akses jalan Berastagi-Medan harus terjamin bagus untuk kelancaran penjualan hasil bumi dan pertanian.

Dan yang paling utama, soal peningkatan wisatawan ke Berastagi harus tetap diperhatikan. “Tidak boleh lengah, upaya peningkatan jumlah wisata harus terus dijajaki. Mulai dari pelayanan dan penataan objek wisata harus tetap dievaluasi. Seperti yang disampaikan SBY, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah yang utama,. Mental, etika dan tatanan budaya sangat mendasar,” sebut Jesayas.

Begitu juga soal kelangsungan tanamanan buah Durian yang terkenal dari Dairi dan Pakpak Bharat. Pemerintah harus menjaga kelangsungan sumber Durian tetap ada dari daerah itu. “Artinya, tanaman pohon Durian supaya Pemerintah terlibat turun ke masyarakat agar tetap dibudidayakan sehingga prosuksi tetap berkelanjutan bahkan meningkat hingga generasi berikutnya,” Jelas Jesayas Tarigan. (lamru)

Continue Reading

Politik

SBY Saksikan Pelantikan DPC Demokrat se Sumut

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Sekjen DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS menyaksikan pelantikan pengurus 23 DPC Partai Demokrat se Sumatera Utara (Sumut). Pelantikan itu dilakukan Plt Ketua DPD Sumut Drs Herri Zulkarnain Hutajulu MSi di Tiara Covention Center Medan, Rabu (23/1/2019).

Kepada pengurus yang dantik menjabat Ketua, Sekretaris dan Bendahara di 23 DPC Partai Demokrat, Plt Ketua DPD Sumut Herri Zulkarnaen terlebih dahulu mengajak seluruh pengurus yang dilantik membacakan sumpah janji Demokrat.

Selanjutnya, Herri Zulkarnaen menekankan bagi yang dilantik supaya bekerja keras membesarkan Partai Demokrat hingga mengakar rumput. Sahingga target 20 persen suara di Sumut diyakini dapat terealisasi. “Bumikan 14 prioritas program Demokrat. Jangan diam dan yang baik dilanjutkan,” ujar Herri.

Ditambahkan Herri, seluruh kader Demokrat di Sumut tetap siap dan mengharap arahan dari SBY. Kader tetap butuh masukan membesarkan Partai Demokrat.

Adapun 23 pengurus DPC Kabupaten/Kota yang dilantik untuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara yakni DPC Tobasa, Labuhan Batu, Labusel, Dairi, Pakpak Barat, Humbahas, Langkat, Taput, Samosir, Labura, Binjai, Tapsel, Padang Sidempuan, Asahan, Tanah Karo, Padang Lawas, Madina, Batubara, Tebing Tinggi, Padang Lawas Utara, Deli Serdang, Tanjung Balai dan Kota Medan. (lamru)

Continue Reading

Nasional

Anies Ucapkan Selamat Atas Bebasnya Ahok

Published

on

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Geosiar.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat atas bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) pada Kamis (24/1/2019) esok. Anies mengaku Pemprov DKI akan siap melayani semua kebutuhan Ahok sebagai warga Ibu Kota Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat dan kami di Pemprov DKI Jakarta siap melayani yang apa pun yang menjadi kebutuhan warga,” ujar Anies di Kantor Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Anies mengatakan bahwa Ahok tak akan mendapatkan perlakuan khusus, Ahok akan mendapat pelayanan seperti warga Jakarta lainnya.

“Seperti warga yang lainnya, apa pun dilayani. Jadi nanti ketika aktif sebagai warga Jakarta, mengurus apa pun Pemprov melayani, sama dengan warga yang lainnya,” tambah.

Anies yang pernah bersaing di Pilkada DKI Jakarta 2017 ini juga mengatakan Balai Kota akan terbuka luas bagi Ahok. Ia juga membuka kesempatan luas untuk siapa pun yang ingin berkunjung.

Ahok akan bebas murni pada 24 Januari atau besok, setelah menjalani masa tahanan hampir 2 tahun di Mako Brimob. Ahok menjalani masa tahanan tanpa mengambil opsi Pembebasan Bersyarat (PB) yang dapat memotong masa tahanan.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com