Connect with us

Kesehatan

Selama Hamil, Amankah Pakai High Heels? Baca Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sangat tidak heran setiap perempuan ingin tampil cantik kapan saja dan dimana pun ia berada. Saat mengandung sekalipun, ibu hamil juga ingin tampil cantik. Karena itu kadang kita melihat beberapa ibu hamil mengenakan high heels.

Lalu apakah itu aman?

Memang belum ada penelitian khusus yang membuktikan hubungan antara pemakaian high heels dengan kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Namun, sebaiknya sebisa mungkin ibu hamil jangan memakai heels selama mengandung.

Seperti dilansir dari fimela, Ligament yang mengontrol punggung bagian bawah akan menjadi lebih lemah, yang memiliki risiko mengalami masalah. Ligament ini merupakan jaringan ikat yang kuat untuk mengikat tulang yang satu dengan yang lainnya sehingga terbentuklah suatu persendian.

Menggunakan high heels akan mengubah postur dan membahayakan ligament yang sudah lemah ini. Hal ini lah yang akan menyebabkan pegal-pegal di bagian punggung. Dan rasa pegal-pegal ini bisa jadi sangat parah terjadi pada ibu hamil.

Ketika awal kehamilan mungkin masih tidak begitu terasa. Namun saat sudah masuk ke trimester kedua dan ketiga, ada baiknya menggunakan flat shoes untuk aktivitas sehari-hari. Ini karena kondisi perut yang makin besar akan menyusahkanmu untuk menjaga keseimbangan. Juga meminimalisir jatuh saat menggunakan high heels akan lebih bijak saat kehamilan makin besar.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Waspada, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Minum Soda

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Apakah Anda pecinta minuman bersoda? Sebaiknya Anda harus pikir-pikir lagi karena minum soda ternyata memiliki banyak efek buruk pada tubuh kita.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kebiasaan minum minuman bersoda mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, seperti obesitas, yang kemudian orang yang mengalami obesitas berisiko tinggi untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, misalnya penyakit jantung koroner, diabetes melitus, penyakit ginjal, dan sebagainya.

Berikut efek yang terjadi pada tubuh Anda bahkan sesaat setelah meminum minuman bersoda.

Efek minum soda 10 menit pertama

Biasanya, dalam satu kaleng minuman bersoda terdapat minimal 10 hingga 15 sendok teh gula yang setara dengan 160 sampai 240 kalori. Jumlah gula yang Anda dapatkan dari satu kaleng minuman bersoda merupakan jumlah kebutuhan gula dalam satu hari, bahkan jumlah pada minuman tersebut telah melebihi kebutuhan Anda.

20 menit kemudian, gula darah meningkat

Jumlah gula yang sangat banyak tersebut akan mempengaruhi kadar gula dalam darah Anda. Setelah 20 menit Anda meminum minuman bersoda, maka gula darah Anda meningkat sangat cepat. Hal ini mengakibatkan peningkatan produksi hormon insulin dalam tubuh untuk merespon gula darah yang tinggi. Jadi, dalam beberapa hari mungkin saja Anda mengalami peningkatan berat badan yang drastis.

Dalam 40 menit, tekanan darah meningkat

Hanya dalam waktu 40 menit, kafein yang terkandung di dalam minuman bersoda telah diserap seluruhnya oleh tubuh. Hal ini menyebabkan pupil mata membesar dan meningkatkan tekanan darah secara drastis. Kemudian kondisi tersebut diiringi dengan munculnya respon tubuh untuk mengatasi tekanan darah yang meningkat tiba-tiba.

45 menit setelahnya, timbul rasa kecanduan

Kemudian tubuh memproduksi hormon dopamin yang biasanya menciptakan rasa kecanduan dan rasa senang. Dampak ini hampir sama dengan dampak yang dihasilkan ketika Anda mengonsumsi heroin. Rasa senang akibat mengonsumsi minuman soda ini akan menyebabkan Anda kecanduan serta ingin mengonsumsinya lagi dan lagi.

60 menit setelah minum soda, gangguan pencernaan dan penyerapan gizi

Zat asam fosfor yang terkandung di dalam minuman soda akan mengikat kalsium, magnesium, serta seng yang ada di dalam usus halus Anda. Hal ini terjadi hanya dalam rentang waktu 1 jam saja. Kalsium, magnesium, serta seng mempengaruhi metabolisme zat gizi lain di dalam tubuh, sehingga jika jumlah mereka di dalam tubuh berkurang maka menyebabkan gangguan terhadap pencernaan serta penyerapan zat gizi.

Andaa akan sering buang air kecil setelah mengonsumsi minuman bersoda karena minuman tersebut mengandung gula yang tinggi, sehingga mengganggu penyerapan air di dalam ginjal. Dan ketika Anda buang air kecil, kalsium, magnesium, dan seng akan terbuang juga melalui air urin Anda akibat berikatan dengan asam fosfor tersebut.

Lebih dari satu jam setelah minum soda, apa yang terjadi?

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard University pada tahun 2012 menemukan bahwa orang yang meminum satu kaleng minuman bersoda saja bisa meningkatkan risiko penyakit jantung secara drastis dan signifikan. Orang yang mengonsumsi minuman bersoda juga berpeluang 20% lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung.

Tidak hanya itu, sifat asam yang dimiliki minuman bersoda menyebabkan enamel gigi menjadi terkikis dan menimbulkan plak gigi. Ditambah lagi, soda mempunyai kadar pH yang rendah lalu mengakibatkan penurunan produksi air liur, yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Hal ini berpeluang tinggi menyebabkan karies gigi.

Continue Reading

Kesehatan

8 Tips Jogging yang Tepat untuk Pemula

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Jogging adalah salah satu alternatif olahraga bagi mereka yang tidak punya cukup waktu untuk pergi ke pusat kebugaran.

Jika Anda memulai jogging, patut mempersiapkan diri agar terhindar dari risiko cedera. Lalu sebagai pelari pemula apa saja yang patut Anda persiapkan? Ini jawabannya, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Minum Air Putih
Tips paling mudah dan praktis bagi beginning runner adalah minum banyak air. Dengan air maka Anda tidak akan dehidrasi saat berlari. Ion-ion tubuh pun akan cepat terganti dengan air putih. Hindari soda, kopi atau teh yang malah semakin membuat Anda merasa semakin haus. Menyeruput segelas jus alami juga bagus untuk pembakaran kalori ketika Anda jogging.

2. Mulailah Secara Perlahan
Jangan bermimpi untuk langsung berlari dengan jarak jauh. Coba mulai dengan jarak yang pendek dulu, misalnya 100 meter atau 200 meter saja. Setelah itu, tambahkan jarak lari Anda seiring bertambahnya hari. Atur napas lalu coba berlari lagi. Perlahan tapi pasti, jarak yang Anda tempuh akan bertambah.

3. Tetap Motivasi Diri Sendiri
Sama seperti hal lainnya dalam hidup, berlari juga membutuhkan waktu untuk membentuk kebiasaan pada diri Anda. Kuncinya tetap motivasi diri Anda sendiri. Jika mulai merasa bosan, carilah rute lari yang berbeda atau ajak teman untuk berjogging bersama Anda.

4. Tentukan Tujuan
Salah satu cara terbaik untuk tetap termotivasi adalah dengan menentukan tujuan akhir. Misalnya, yakinkan diri Anda untuk bisa berlari sejauh 5 km dalam waktu satu bulan atau buat tantangan berjalan tanpa henti dalam waktu satu jam di akhir minggu. Dengan menanamkan tujuan akhir di pikiran, maka Anda akan fokus dan bekerja keras untuk mencapainya.

5. Investasi pada Properti Olahraga
Sepatu lari yang berkualitas membantu Anda terhindar dari cedera dan membuat pengalaman lari lebih aman serta menyenangkan. Sementara mengenakan sports bra yang tepat juga bisa melindungi Anda dari nyeri punggung pasca jogging. Sedangkan untuk setelan baju olahraga itu semua tergantung kesukaan Anda. Mau pakai tank top dan celana capri, terserah Anda selama itu membuat nyaman.

6. Konsumsi Makanan Sehat
Saat berlari, tubuh akan bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. Maka isilah perut Anda dengan makanan yang baik. Sebaiknya konsumsi buah-buahan, sayuran, protein, daging tanpa lemak, gandum utuh, biji-bijian, dan vitamin. Katakan tidak pada makanan cepat saji, junk food dan makanan olahan. Tubuh akan berterima kasih atas asupan bergizi dan Anda akan merasakan kinerja tubuh yang lebih baik.

7. Jaga Diri Agar Tetap Aman
Bagi pemula pastikan bahwa Anda sangat menguasai area tempat Anda berlari. Jika Anda jogging di malam hari bukan tidak mungkin ada kemungkinan untuk diculik, disakiti atau bahkan lebih buruk. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut, jadi pilihlah waktu berlari di siang hari dan di tempat yang Anda kenal serta ramai. Untuk berjaga-jaga bawalah pisau atau semprotan merica setiap kali jogging. Percaya pada insting, ketika Anda melihat sesuatu yang tidak beres segera hindari itu.

8. Lakukan Kombinasi
Cepat merasa bosan atau lelah merupakan hal yang biasa terjadi bagi pemula. Mengombinasikan rutinitas berlari Anda dengan latihan lain bisa jadi jalan keluarnya. Jika hari ini Anda berlari, maka besok ganti lari dengan bersepeda. Keesokan harinya bisa dengan jalan santai atau lompat tali. Buatlah kegiatan tersebut berselang-seling agar Anda tidak merasa bosan.

Continue Reading

Kesehatan

Ini Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Skin care atau produk perawatan kulit mempunyai banyak jenis. Mulai dari pembersih wajah hingga tabir surya. Nah, untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang digunakan, Anda harus menggunakannya dengan urutan yang tepat.

Kunci pertama dalam memakai skin care yaitu menggunakan produk dengan tekstur dari yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, gunakan produk dengan bahan dasar air sebelum menggunakan produk berbahan dasar minyak. Berikut urutan skincare yang tepat:

  • Sabun cuci muka

Membersihkan wajah menjadi langkah pertama yang perlu diterapkan sebelum Anda memakai produk perawatan lainnya. Dengan wajah yang bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan akan lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit. Jadi, urutan skincare yang tepat memang dimulai dari facial wash alias sabun muka.

  • Toner

Sehabis membersihkan wajah dengan sabun, gunakan toner. Toner membantu mengangkat kotoran dan minyak yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka. Selain itu, dr. Christine Choi Kim, dokter kulit di Los Angeles, Amerika Serikat, menyatakan bahwa toner membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan pelembap dan serum.

  • Serum

Selanjutnya adalah menggunakan toner, Anda bisa menimpanya dengan serum. Serum menjadi semacam suplemen vitamin untuk kulit wajah Anda. Pakai serum ke kulit wajah kemudian tekan atau tepuk dengan lembut agar bahan aktifnya terlepaskan. Apalagi untuk serum yang berbahan dasar minyak; tak cukup jika hanya dioles tanpa ditepuk ke wajah secara perlahan.

  • Moisturizer (pelembap)

Moisturizer membantu menghidrasi kulit Anda dan mencegah kekeringan. Mengoleskan produk yang satu ini tak bisa asal. Sebaiknya, berikan sedikit pijatan saat Anda memakaikan moisturizer ke wajah. Oleskan dengan gerakan ke atas dari leher ke arah dahi. Selain membantu produk agar menyerap sempurna, pijatan juga membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah.

  • Tabir surya

Tabir surya merupakan rangkaian terakhir yang wajib Anda gunakan setiap harinya. Produk yang satu ini membantu melindungi wajah dari bahaya sinar matahari seperti kulit terbakar atau penuaan dini. Namun, tak hanya di wajah saja, tabir surya juga wajib digunakan di seluruh tubuh, dari muka hingga kaki agar kulit terlindung sempurna.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com