Connect with us

Kesehatan

Berikut Tips Tidur Sehat untuk si Insomnia

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Tidur adalah hak tubuh untuk beristirahat, namun terkadang kamu merasa kesulitan untuk tidur bahkan saat matamu telah terpejam dan berbaring seperti yang biasa kamu lakukan di atas tempat tidur. Kesulitan tidur seperti terkadang membuat kamu merasa frustrasi, karena di satu sisi tubuhmu telah kelelahan dan matamu sudah mengantuk, namun mimpi indah dalam tidur tidak kunjung mendatangimu. Jika hal seperti ini apakah yang harus kamu lakukan? Berikut ini 9 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghidarimu dari keadaan sulit tidur:

1- Tidurlah Sesuai Jadwal Tidurmu!

Jika selama ini kamu kesulitan tidur di malam hari mungkin dikarenakan waktu tidurmu yang tidak teratur. Untuk kamu yang biasa tidur di atas jam 12 malam, maka akan sulit untukmu tidur di jam 10 malam. Ini semua dikarenakan kebiasaan tidurmu telah terbentuk di atas jam 12 malam, maka tubuhmu akan memberikan sinyal ‘istirahat’ di atas jam 12 malam.

2- Kurangi Pencahayaan.

Pencahayaan yang terang baik untukmu belajar dan membaca, namun tidak dengan tidur. Lampu kamar yang terang akan membuat otakmu berpikir ‘ah ini masih siang!’ dari pada ‘sudah saatnya tidur,’ maka kurangi pencahayaan lampu kamarmu setidaknya satu jam sebelum tidur untuk membangun suasana tidur.

3- Dinginkan Ruangan Tidurmu

Penelitian menemukan bahwa bayi tidur dengan suhu ruangan antara 18 sampai 21 derajat celcius. Memang sedikit dingin, namun kamu bisa membiarkan jendela kamarmu terbuka sedikit sambil menggunakan selimut yang hangat.

4- Hindari Layar Smartphone
Perangkat elektronik yang menggunakan blue screen seperti smartphone, table, dan ipod mungkin membuat kamu lelah jika digunakan terus menerus, namun layar biru ini tetap mengaktifkan otakmu. Sebagai ganti smartphone kamu dapat menyalakan TV sebelum tidur.

5- Baca Buku yang Membosankan
Kamu tentu mengingat masa di sekolah, saat jendela kelas terbuka lebar, angin sepoi-sepoi masuk dan mengenai wajahmu dan semua yang ada di hadapanmu adalah buku pelajaran yang membosankan. Bukankah kamu merasa mengantuk saat itu? Maka membaca buku yang membosankan dapat menjadi alternatif pengantar tidur.

6- Mandi Air Hangat atau Shower + Pijatan lembut
Mandi menggunakan air hangat dapat merelaksasi tubuh setelah lelah seharian beraktivitas. Kamu juga dapat memilih massage atau pijat untuk membantumu tidur, terbukti dengan begitu banyak orang yang jatuh tertidur saat massage.

7- Segelas Susu dan Madu
Minumlah susu dan madu satu setengah jam sebelum tidur untuk merelaksasi dirimu, dan mempersiapkan tubuhmu untuk beristirahat dan terlelap. Jangan memilih makanan berat untuk dikonsumsi sebelum tidur dengan tujuan agar mengantuk dan memudahkanmu tidur. Selain dapat menaikkan berat badanmu, makan sebelum tidur juga dapat lambungmu bekerja lebih keras di saat kamu tidur.

8- Jangan Minum Kopi di Sore Hari
Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung caffeine dalam jumlah besar dan hal ini dapat mengganggu waktu tidurmu. Jika kamu bertujuan minum kopi untuk membuatmu terjaga maka minumlah beberapa saat sebelum jam-jam mengantukmu, karena efek ‘terjaga’ dari kopi tidak serta datang setelah minum kopi. Jadi minum kopi di sore hari bisa menimbulkan efek ‘terjaga’ di saat kamu ingin terlelap.

9- Berolahraga di Siang Hari.
Salah satu manfaat olahraga adalah membantumu tidur dengan baik di malam hari. Olahraga di siang hari secara teratur dapat membantu tubuhmu untuk relaks, memperbaiki moodmu bahkan mengurangi tingkat stres yang kamu alami. Olahraga juga dapat memperkuat circadian rhythms yang dapat membantu membawa rasa kantuk di malam hari. Jadi tidurmu akan lebih berkualitas.

Jangan lupa baca artikel seputar kesehatan lainnya di sini ya! Kamu yang kemarin kesulitan tidur, jangan lupa untuk mencoba 9 tips tidur lelap.