Usai Pembersihan Longsor, Ruas Jalinsum Parapat Kembali Normal

by

Geosiar.com, Sumut – Hampir 2 hari dilakukan pembersihan jembatan kembar Siduadua di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, oleh tim gabungan. Hasilnya saat ini sudah bisa dilalui kendaraan, Minggu (6/1/2019) siang.

Akibat longsor, jalur ini tidak bisa dilintasi karena tertutup material longsor, namun kini sudah dapat dilintasi dua arah. Longsor yang terjadi beberapa kali sejak 18 Desember 2018 lalu menyebabkan jembatan Siduadua terpaksa dibuka tutup untuk pembersihan material longsor berupa tanah lumpur.

Kapolsekta Parapat AKP Bambang P mengatakan, sejak Minggu (6/1/2019) arus lalulintas Pematangsiantar-Parapat sudah normal kembali.

“Material longsor yang menutupi jembatan Siduadua sudah bersih dan sejak Minggu pagi sudah dapat dilintasi dua arah,” ungkap Bambang.

Bambang juga mengimbau pengguna jalan waspada melintasi jembatan Siduadua apalagi saat hujan deras turun karena tidak dapat dipastikan longsor tidak terjadi lagi.

Sekretaris Camat Girsang Sipanganbolon Ferri Risdoni Sinaga menjelaskan, aktivitas perekonomian masyarakat di Parapat juga sudah mulai normal beberapa pedagang buah dan rumah makan mulai buka.

“Aktivitas perekonomian masyarakat sudah mulai normal beberapa pedagang buah Mangga khas Parapat dan rumah makan mulai buka sejak arus lalulintas Pematangsiantar-Parapat normal kembali,” sebut Doni.