Gus Yahya Kunjungi Ma’ruf Amin Bahas Rekonsiliasi Usai Pilpres

by

Geosiar.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin adakan pertemuan dengan Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahta di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai pertemuan, Gus Yahya mengatakan, salah satu pembahasan mereka dalam pertemuan itu ialah soal pentingnya rekonsiliasi usai Pilpres 2019.

“Ada sejumlah hal yang sangat mendasar yang beliau rasakan. Misalnya adalah pentingnya kita membangun rekonsiliasi yang sudah sejak harus dipikirkan sejak sekarang. Karena kita tahu kompetisi politik bukan hanya soal Pilpres saja ditingkatkan. Pilkada-pilkada ini cenderung mengakibatkan polarisasi dalam masyarakat,” ungkap Gus Yahya di lokasi, Senin (7/1/2019).

Gus Yahya yang kini menjabat sebagai anggota Wantimpres itu, menilai rekonsiliasi harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak ada polarisasi di masyarakat usai pilpres digelar. Menurut Khatib Aam PBNU ini, apa pun hasil dari Pilpres harus disadari sebagai milik seluruh masyarakat Indonesia.

“Karenanya kita perlu pikirkan strategi kita untuk membangun rekonsiliasi supaya nanti apa pun hasil dalam politik jadi hasil milik bersama. Itu adalah pandangan paling mendasar yang kita perhatikan,” ucap Gus Yahya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ma’ruf Amin. Ia berharap agar pilpres yang digelar lima tahun sekali ini tidak mengakibatkan perpecahan dalam masyarakat.

“Pemilu ini kita lakukan lima tahun sekali, keutuhan bangsa harus kita jaga sepanjang masa. Karena itu ekses negatif akibat pilpres, Pemilu, itu harus sudah berakhir sampai terpilihnya masing-masing kandidat baik legislatif dan eksekutif,” tutur Ma’ruf.