Connect with us

Kesehatan

Benarkah Menghisap Shisha Lebih Berbahaya dari Rokok?

Published

on

Ilustrasi Menghisap Shisha.

Geosiar.com, Kesehatan – Shisha adalah alternatif merokok dengan menggunakan tembakau yang dicampur gula buah atau tetes tebu dan dihirup melalui selang atau tabung. Tapi riset menemukan satu sesi hisapan shisha ternyata memilik efek negatif yang serupa dengan menghisap satu bungkus rokok.

Peneliti dari Brighton and Sussex Medical School menemukan, menghisap shisha secara signifikan meningkatkan risiko seseorang terhadap diabetes dan obesitas.

Hasil riset menunjukkan, menghisap shisha ternyata lebih berisiko pada kenaikan berat badan dan diabetes tipe dua daripada mereka yang sama sekali tak merokok. Riset dilakukan dengan meneliti peserta dari Iran. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner guna menganalisis gaya hidup merokok yang mereka miliki, faktor risiko kardiovaskular, kecemasan, dan depresi.

Periset juga mengukur biokimia peserta yang dianalisis dengan mengambil tes darah. Dari 9.840 peserta yang terlibat, peneliti menemukan 6.742 orang bukan perokok, 976 orang merupakan mantan perokok, 864 orang adalah perokok, 1.067 perokok shisha dan 41 orang mengonsumsi rokok dan shisha.

Selaku peneliti, Profesor Gordon Ferns mengatakan satu sesi merokok shisha setara dengan lebih dari sebungkus rokok. Bahkan, senyawa beracun yang dihirup mungkin lebih besar. Periset belum menemukan mengapa menghisap shisha lebih berbahaya dibandingkan merokok jika dikaitkan dengan obesitas dan diabetes.

“Ada kemungkinan racun dalam asap merangsang respons peradangan yang menyebabkan jaringan menjadi resisten terhadap efek hormon insulin, yang mengatur glukosa dalam darah,” tambahnya. Tapi, Fern juga memprediksi terdapat perilaku sosial lain yang bisa menyebabkan adanya kenaikan berat badan di kalangan para pecinta shisha ini.

“Sekarang ada bukti bahwa menghisap shisha sangat berbahaya,” ucap Fern. Ferns menyampaiukan menghisap shisha berisiko pada beberapa jenis kanker dan semua penyakit “Dari perspektif kebijakan kesehatan, penting bagi publik untuk mengenali risiko menghisap shisha,” ucapnya.

Sebelumnya, British Heart Foundation mengklaim paparan zat beracun karena menghisap shisha sama halnya dengan kita menghisap 100 batang rokok. Tembakau dalam shisha juga mengandung rokok, nikotin, tar, karbon monoksida dan logam berat seperti arsenik dan timah. Kandungan tersebut sama halya dengan tembakau yang ada pada rokok biasanya. Tentunya, ini berisiko pada jenis penyakit yang sama dengan perokok, seperti penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, dan gangguan kehamilan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Cara Praktis Membuat Teh Serai di Rumah

Published

on

Geosiar.com, Selebritis – Tahukah Anda bahwa serai tidak hanya digunakan untuk bumbu masak saja? Anda harus mencoba teh serai sebagai pilihan minuman sehat untuk tubuh. Karena serai mengandung banyak sekali khasiat untuk kesehatan Anda.

Berikut ini berbagai manfaat teh serai:

Menjaga kesehatan pencernaan

Sebuah penelitian di tahun 2012 dari National Institutes of Health menunjukkan fakta bahwa serai efektif untuk melawan tukak lambung. Untuk itu teh serai bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Dengan minum teh serai tandanya Anda membantu mendukung kesehatan pencernaan.

Melawan radikal bebas

Menurut informasi dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah salah satu penyebab peradangan di dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit salah satunya kanker.

Mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) kerap menjadi momok bagi wanita. Pasalnya, kondisi ini sering kali menimbulkan berbagai gejala seperti sakit perut, kram, hingga kembung. Meski belum ada penelitian khusus mengenai manfaat teh serai untuk PMS, secara teori herbal yang satu ini bisa menenangkan perut dan bertindak sebagai antiradang.

Diuretik alami

Serai bisa digunakan sebagai obat diuretik alami. Itu berarti, herbal yang satu ini bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. Dengan sering buang air kecil, tubuh akan mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium. Biasanya, diuretik akan diresepkan untuk orang yang mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema (pembengkakan).

Mengobati infeksi mulut dan gigi

Serai mempunyai sifat antimikroba. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai mampu melawan bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab utama kerusakan gigi. Dengan kandungan antimikroba di dalamya, teh herbal yang satu ini bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang.

Cara membuat teh serai

Resep 1
Bahan-bahan

3 sdt potongan serai segar atau kering
250 ml air panas
Teh, boleh bubuk atau celup
Es batu (opsional)

Cara membuat

Masukkan potongan serai segar atau kering ke dalam cangkir beserta tehnya.
Diamkan kurang lebih 5 menit.
Saring airnya hingga potongan serai dan teh terpisah.
Nikmati selagi panas atau tambahkan es batu jika menginginkan yang dingin.

Continue Reading

Kesehatan

Suka Makan Mie Instan? Hati-Hati, Ini Bahayanya!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Mie instan memang dapat meredam rasa lapar secara praktis, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apalagi ditambah dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya makan mie instan terhadap kesehatan tubuh bila terlalu sering menyantap mie instan:

1. Berisiko kanker

Bahaya mie instan memberi tekanan pada sistem pencernaan, memaksanya untuk mencerna mie yang sudah diproses selama berjam-jam. Bahaya makan mie instan juga dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan insulin jika dicerna terlalu cepat. Karena jika makanan disimpan di dalam tubuh selama akibat pencernaan yang lambat, bahan kimia beracun dan pengawet dipertahankan di dalam tubuh, sering mengarah pada paparan berlebihan dari Butylated hydroxyanisole (BHA) dan t-butylhydroquinone(TBHQ).

Sedangkan TBHQ dan BHA digunakan dalam produk untuk membuat mie dapat digunakan lebih lama (dan berarti kita dapat menyimpannya di rak selama berbulan-bulan pada suatu waktu), kedua bahan kimia tersebut sebenarnya bersifat karsinogenik. Ini berarti bahwa mereka dapat menyebabkan kanker, dan bahkan dapat menyebabkan asma, kecemasan dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

2. Kerusakan jaringan otak

Mengonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan memperbanyak zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Efek terlalu sering makan mie instan kemungkinan akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Tak hanya itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

3. Berisiko keguguran

Bahaya makan mie terlalu sering pada sejumlah wanita hamil berisiko mengalami keguguran, hal ini dikarenakan kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat memengaruhi perkembangan janin.

4. Gangguan metabolisme

Bahaya makan mie instan jangka panjang dapat memengaruhi metabolisme tubuh, hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

5. Kerusakan organ

Mie instan juga mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan. Bila sering makan mie instan, tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Efek makan mie instan menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Obesitas

Mie instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, kurangi bahkan perlahan menghindari makan mie instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium, karena dampak makan mie instan menyebabkan retensi air dalam tubuh.

7. MSG

Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mie, sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka bahaya makan mie akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

8. Tinggi natrium

Mie instan juga mengandung sejumlah natrium yang tinggi, kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindarilah bahaya mie instan dengan tidak berlebihan mengonsumsi mie.

Nah, itulah bahaya mie instan bila terlalu sering dikonsumsi. Selalu hati-hati, ya!

Continue Reading

Kesehatan

Ingin Diet? Konsumsi 4 Minuman Sehat Penurun Berat Badan Ini!

Published

on

Ilustrasi Jus Lemon

Geosiar.com, Kesehatan – Apakah Anda sedang diet? Jika iya, maka Anda harus memiliki tekad yang kuat. Yang paling penting Anda harus menjaga pola makan sehat karena makanan yang Anda konsumsi memberikan dampak yang nyata pada penurunan berat badan Anda. Selain itu Anda juga harus melakukan latihan fisik.

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan ialah dengan rutin mengonsumsi minuman sehat seperti jus. Jus yang dibuat dari buah dan sayuran tidak hanya sehat, namun juga menjadi bahan alami terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Memang, buah-buahan tertentu secara efektif dapat membantu Anda mencapai berat ideal Anda.

Tak hanya rendah kalori dan kaya mikro-nutrisi, juga jus dipenuhi dengan segudang vitamin dan mineral penting. Dengan mengkonsumsi jus sehat membuat perut Anda tetap kenyang sehingga dapat menekan nafsu makan berlebih.

Jika Anda sedang menjalani diet penurunan berat badan, maka tak ada salahnya mencoba minuman sehat ini!

Lemon

Bagi Anda yang sedang diet, jus lemon yang dicampur dengan air panas adalah minuman terbaik. Selain menurunkan berat badan, air panas juga baik untuk tubuh. Air panas dan lemon dapat membakar lemak tubuh dan merupakan minuman diet yang efektif. Minumlah air panas dan lemon setelah makan untuk membakar kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Jus wortel

Jus wortel juga baik untuk jadi pilihan minuman diet. KupaS 1-2 buah wortel, dan potong-potong hinga menjadi beberapa bagian kecil. Masukkanlah wortel-wortel ini ke dalam blender tambahkan sedikit air dan buatlah jus wortel yang segar. Wortel mengandung beta karoten dan vitamin, juga rendah kalori dan lemak. Minumlah jus wortel segar ini di pagi hari untuk membantu diet sehat Anda.

Jus sayuran

Jus pare adalah salah satu minuman diet pembakar lemak terbaik dari sayuran. Jus pare berfungsi mengurangi kalori, mengontrol kadar gula, dan membuang racun dari tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi jus bayam, atau jus tomat sebagai minuman terbaik untuk menurunkan berat badan Anda.

Madu dan kayu manis

Selain nikmat, seduhan madu dan kayu manis juga merupakan salah satu pilihan baik untuk menurunkan berat badan. Ambillah segelas air hangat, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh madu. Setelah itu, campurkan semua bahan secara merata dan minumlah di pagi hari saat perut Anda masih kosong.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com