Connect with us

Kesehatan

Ini Lima Resolusi Kesehatan 2019 yang Wajib Dilakukan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Memasuki awal 2019, menjalani pola hidup yang sehat menjadi salah satu resolusi yang selalu direncanakan orang-orang. Seperti dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup hingga berhenti merokok. Cara ini dipercaya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat selama satu tahun ke depan.

Namun apabila belum memiliki gagasan yang pasti terkait resolusi hidup sehat untuk tahun baru, beberapa resolusi di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda menerapkan resolusi hidup sehat. Sebagaimana dilansir dari Reader’s Digest, lima resolusi hidup sehat berikut ini merupakan rekomendasi para ahli kesehatan dari berbagai negara.

Konsumsi makanan bernutrisi
Lauren Slayton, RD, seorang Direktur FoodTrainers, layanan konseling nutrisi yang berbasis di New York City, Amerika Serikat mengungkapkan, bertekadlah untuk mulai memasukkan lebih banyak makanan probiotik seperti miso, cuka sari apel dan yogurt untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi keinginan makan.

Keri Peterson, MD, dokter penyakit dalam di Lenox Hill Hospital menyarankan untuk mengonsumsi daging merah satu bulan sekali ketimbang mengonsumsinya setiap minggu. Menurut Keri, sesekali menikmati keinginan membuat Anda tetap sehat.

“Daripada mengonsumsi daging merah setiap minggu, katakan, ‘Saya akan makan daging merah sebulan sekali’,” tegas Keri Peterson.

Tidur lebih awal
Apabila tidur delapan jam tiap malam tidak memungkinkan, mulailah katakan pada diri sendiri untuk tidur 15 menit lebih awal dari jam tidur aNDA biasanya.

“Terus menggeser jam tidur lebih awal daripada bersumpah, ‘Saya biasanya tidur di tengah malam, sekarang saya akan tidur jam 10’,” ujar Roshini Raj, MD, asisten profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center dan salah satu pendiri perusahaan perawatan kulit TULA.

“Setiap orang punya waktu untuk tidur 15 menit lebih cepat. Jika Anda terus melakukannya, pada akhirnya Anda akan tidur satu setengah jam lebih cepat dari sebelumnya,” tambahnya.

Bersihkan pikiran setiap hari

“Ketika orang stres, tergesa-gesa, cemas, atau tertekan, mereka tidak ingin menjaga diri mereka tetap bersih. Mindfulness akan membantu memusatkan Anda,” ungkap pakar psikologi positif dan instruktur tambahan University of Southern California, Sherry Blair, PhD. Sains bahkan telah membuktikan sejauh mana manfaat ini.

Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa 30 menit meditasi setiap hari mengurangi gejala depresi dan kecemasan pada peserta setelah delapan minggu. “Ketika orang-orang mulai membersihkan pikiran, Anda dapat mengatakan bahwa mereka merasa lebih baik,” tambahnya.

Banyak berjalan
Direktur pemrograman olahraga di Anytime Fitness, Shannon Fable menyebutkan, sebaiknya alihkan fokus untuk mengumpulkan lebih banyak langkah atau berjalan selama kegiatan sehari-hari.

“Bahkan 500 langkah tambahan selama lima hari akan menghasilkan perubahan signifikan,” sebutnya. Anda juga dapat menjadwalkan waktu istirahat untuk berjalan-jalan di sekitar blok atau berjalan ke meja rekan kerja Anda dibandingkan mengirim email. Dengan cara ini, Anda berfokus pada kesehatan secara keseluruhan daripada hanya mengurangi berat badan.

“Tujuannya harus mencapai gaya hidup yang lebih sehat, tidak hanya menurunkan berat badan. Dengan kesehatan, penurunan berat badan bisa terjadi secara alami,” kata ahli gizi Rania Batayneh sekaligus penulis The One One One Diet.

Berhenti merokok
“Merokok meningkatkan risiko Anda untuk setiap penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga kanker,” beber Leana Wen, MD, dokter darurat di Universitas George Washington. Untuk motivasi tambahan, pilih berbelanja sesuatu yang menyenangkan sebulan sekali yang hanya bisa Anda beli dengan uang yang tidak dihabiskan untuk rokok.