Connect with us

Daerah

Satlantas Polres Tanah Karo Lakukan Sistem Buka Tutup Amankan Libur Tahun Baru

Published

on

Kasat Lantas Polres Tanah Karo AKP Edward Simamora, mengatur arus lalulintas di seputar Tugu Perjuangan, Berastagi (Tribunnews.com)

Geosiar.com, Berastagi – Hari libur sebagian besar orang akan menghabiskan waktunya untuk touring ke tempat wisata, misalnya di Sumatera Utara. Salah satunya ialah kawasan wisata Berastagi yang selalu digandrungi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya.

Oleh karena banyaknya wisatawan yang masuk ke wilayah Berastagi, lalu lintas pun ikut berimbas semakin padat atau macet.

Khususnya di Tugu Juang Berastagi, kondisi lalulintas di kawasan tersebut tampak dipadati wisatawan. Ratusan kendaraan roda dua hingga roda empat, dari arah Kabanjaje maupun Medan padat hingga belasan kilometer panjangnya.

Kasat Lantas Polres Tanah Karo AKP Edward Simamora mengatakan, jumlah volume kendaraan yang masuk kali ini meningkat sekitar 40 hingga 50 persen dari hari biasanya. Ia menyebutkan, antrean kendaraan ini padat mulai Pasar Roga, Berastagi, sampai ke kawasan Panatapan.

“Hari ini adalah hari libur nasional tahun baru, jadi banyak wisatawan yang datang berlibur ke sini. Selain itu, masyarakat yang kemarin mudik ke berbagai daerah mungkin sudah banyak yang kembali dan melintas di sini, jadi volume kendaraannya meningkat,” ungkap Edward.

Bersama dengan beberapa personelnya, Edward tampak sibuk mengatur arus kendaraan yang akan masuk maupun keluar dari Berastagi.

Ia menambahkan, di seputar jalan lintas dari Kota Medan hingga Berastagi terdapat beberapa titik simpul kemacetan. Di antaranya, kawasan Panatapan, Peceren, Bukit Kubu, Tugu Perjuangan Berastagi, Tugu Kol Berastagi, sampai pada Pasar Roga Berastagi.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi dan mengurangi kemacetan, pihaknya membuat rekayasa lalulintas dengan sistem buka tutup di kawasan Tugu Perjuangan.

Sebelumnya juga pihaknya telah menyediakan papan informasi tentang jalur alternatif di kawasan Berastagi dan sekitarnya.

“Di sini simpul kemacetannya, jadi kita terus berjaga-jaga dan harus membuat sistem buka tutup. Nah kalau di kawasan Bukit Kubu dan Micky Holiday macet, pengendara kita alihkan ke jalur alternatif via Jaranguda menuju simpang Pelawi,” tutupnya.