TKN Jokowi – Ma’ruf Yakin Unggul soal Isu HAM di Debat Capres I

by

Geosiar.com, Jakarta – Isu Hak Asasi Manusia (HAM) diyakini Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, akan diungguli oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut I. Debat Pilpres yang diadakan pada 17 Januari ini akan mengusung isu korupsi, HAM, dan terorisme.

Hasto menilai, Jokowi dan Ma’ruf tidak pernah melakukan tindakan kekerasan.

“Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin sosok yang welas asih, sosok yang tidak pernah menampar orang,” kata dia di Media Center Jokowi-Ma’ruf, hari ini, Senin, (31/12/ 2018).

Sedangkan Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding menyampaikan bahwa Jokowi sangat peduli dan ingin menyelesaikan seluruh masalah pelanggaran HAM di masa lalu harus dibuka dan ditegakkan. Menurut Karding, alasan Jokowi sampai memiliki harapan seperti itu, tidak lain karena dia tak punya beban HAM di masa lalu.

Rezim Jokowi – Jusuf Kalla, kata Karding, ramah hak asasi bila dilihat dengan perspektif yang luas. Karding menilai, hal-hal seperti menjamin hak mendapatkan pekerjaan, menjamin kebebasan beragama, menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat, juga bentuk dari HAM yang kerap kali luput dari perhatian.

Diketahui debat capres pertama akan berlangsung pada 17 Januari 2019 mendatang. Tema yang diangkat adalah soal hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Debat perdana ini akan disiarkan langsung oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI), Kompas TV, Rajawali TV (RTV), dan juga di Radio Republik Indonesia (RRI).