Connect with us

Dunia

Malam Tahun Baru di Times Square, Jurnalis Jadi Tamu Kehormatan

Published

on

Jamal Khashoggi

Geosiar.com, New York – Pada pesta perayaan malam tahun baru di Times Square New York, Jurnalis akan menjadi tamu kehormatan.

Panitia penyelenggara ingin malam tahun baru menjadi peringatan kebebasan pers di mana sepanjang tahun 2018 jurnalis menjadi korban kekerasan di seluruh dunia.

“Hal ini bermula ketika penyelenggara berdiskusi pada musim gugur siapa yang akan mendapat kehormotan menjatuhkan bola upacara sebelum tepat pergantian tahun dan akhirnya dipilih jurnalis berdasarkan dua serangan terhadap jurnalis sepanjang tahun ini, kata Tim Tompkins, presiden Times Square Alliance, seperti dilaporkan dari Reuters, (30/12/2018).

Salah satu insiden yang membebani keputusan panitia merupakan pembunuhan Jamal Khashoggi, kolumnis Washington Post, jurnalis kawakan Saudi, yang dibunuh dan dimutilasi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Yang kedua adalah penembakan terhadap staf surat kabar Capital Gazette di ruang redaksi mereka, Annapolis, Maryland, di mana 5 karyawannya tewas.

“Sepanjang tahun ini merupakan masalah besar. Times Square itu sendiri adalah agora dan ruang publik,” kata Tompkins yang menambahkab bahwa daerah tersebut dinamai dari New York Times, dan bahwa adalah penerbit Times, Adolf Ochs, yang memulai tradisi penurunan bola kristal pada tahun 1907.

Direktur eksekutif Committee to Protect Journalists (CPJ), Joel Simon, menyampaikan Times Square Alliance memilih jurnalis karena persepsi bahwa jurnalisme dan jurnalis khususnya berada di bawah ancaman dan peran mereka dipertanyakan.

Simon diketahui akan bergabung di atas panggung bersama jurnalis dari AS dan media internasional, termasuk presenter NBC Nightly News dan Dateline NBC Lester Holt, Kepala Koresponden Berita Global ABC, Martha Raddatz, dan Karen Attiah, editor opini global di The Washington Post.