Edy Rahmayadi Imbau Warga Tak Tiup Trompet di Tahun Baru

by


Geosiar.com, Sumut – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerbitkan surat imbauan kepada warga dalam merayakan tahun baru. Salah satu isinya adalah tidak meniup trompet dan tak membakar kembang api atau mercon di pergantian tahun.

Melalui Instagramnya, imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 302/13294/2018 tanggal 27 Desember 2018 yang dipublikasikan Edy Senin (31/12/2018). Imbauan diterbitkan mempertimbangkan kondusifitas dan solidaritas untuk korban bencana.

“Tidak melaksanakan pergantian malam tahun baru dengan cara meniupkan terompet, membakar kembang api atau mercon, kebut-kebutan di jalan raya,” imbau Edy Rahmayadi.

Berikut secara lengkap imbauan tersebut:

Dalam upaya mencegah timbulnya banyak korban akibat bencana alam dan musibah di beberapa daerah dan untuk menjaga kondusifitas wilayah yang aman, damai, di tengah massyarakat dalam rangka menyambut pergantian tahunn 2018 dengan ini kami mengimbau kepada masyarakat untuk:

1. Mengisi kegiatan pergantian malam tahun baru dengan cara melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing dan khusus untuk pemeluk agama Islam agar menggelar zikir istigasah dan doa agar terhindar dari berbagai musibah.

2. Tidak melaksanakan pergantian malam tahun baru dengan cara meniupkan terompet, membakar kembang api atau mercon, kebut-kebutan di jalan raya.

3. Kepada seluruh pemilik tempat hiburan, pengelola tempat wisata, agar tidak melaksanakan atau memfasilitas malam pergantian tahun baru secara berlebihan.

4. Kepada seluruh bupati/wali kota dan tokoh masyarakat, alim ulama, pimpinan organisasi kemasyarakatan/kepemudaan diharapkan partisipasinya untuk mengawal pelaksanaan kegiatan malam tahun baru sesuai dengan poin 1, 2, dan 3, di atas.

5. Kepada seluruh haparat keamanan baik itu TNI/Polri dan Satpol PP untuk menjaga lingkungan yang dpat menganggu keamanan masyarakat dan ketertiban umum.

Demikian disampaikan dan disebarluaskan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Medan, 27 Desember 2018

Gubernur Sumatera Utara

Edy Rahmayadi