Ini Manfaat Bagi Rambut Jika Tidak Keramas Tiap Hari

by

Geosiar.com, Lifestyle – Agar rambut terawat tetap indah dan sehat bisa didapat dengan sesederhana, yaitu keramas secara teratur. Akan tetapi teratur bukan berarti setiap hari. Keramas perlu dilakukan secara berkala, tapi bukan setiap hari juga.

Secara berkala yang dimaksud ialah dua sampai tiga hari sekali. Waktu itu adalah jangka waktu yang cukup untuk membersihkan rambut dari kotoran serta minyak yang ‘bersarang’. Seperti dikutip prevention.com, Elle Kinney, seorang hairstylist di New York mengatakan, “Cuci rambut setiap hari itu berlebihan. Kamu perlu memberi waktu bagi kulit kepala untuk menyeimbangkannya.”

Jika kamu tidak keramas setiap hari, berikut efek yang akan diperoleh rambutmu.

Rambut lembap

Jangka waktu yang cukup seperti ini yang dijelaskan diatas juga diperlukan agar kelembapan alami rambut tidak terkikis dan membuat rambut jadi kering. Sebum yang diproduksi di kulit kepala itu bisa menghidrasi, sehingga rambut pun tetap halus seperti sehabis memakai kondisioner.

Menjaga kilau alami

Kelembapan alami pada rambut akan membuatnya tampak berkilau. Berbeda dengan rambut kering yang akan selalu terlihat kusam dan rapuh.

Mempertahankan warna rambut

Bukan hanya ambut yang diwarnai saja yang akan pudar warnanya jika sering keramas, warna rambut asli pun! Itulah dampak yang akan dirasa jika kamu keramas setiap hari.

Jadi, rambut memang akan terasa sangat berminyak dan lepek ketika kamu tidak keramas. Pada awalnya, kamu akan merasa tidak nyaman. Tapi lama-kelamaan rambutmu akan beradaptasi dan takkan memproduksi minyak berlebih. Kondisi rambut pun akan lebih baik jika tidak tiap hari keramas.