Connect with us

Politik

Puluhan Mobil Branding Caleg Ditertibkan Bawaslu Probolinggo

Published

on

Bawaslu Kabupaten Probolinggo dibuat marah karena banyaknya beredar mobil branding di masa kampanye kali ini (Kumparan.com)

Geosiar.com, Probolinggo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo dibuat marah karena banyaknya beredar mobil branding di masa kampanye kali ini. Alat peraga kampanye di luar ketentuan ini banyak terpasang di mobil angkutan umum, hingga kemudian ditertibkan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Ahmad Nassaruddin Latif mengungkapkan, sebelumnya pihaknya sempat memanggil dan menegur beberapa partai politik peserta pemilu. Upaya itu, agar parpol dapat meneruskan permintaan Bawaslu ke caleg yang diusung untuk membersihkan berbagai alat peraga yang dinilai melanggar, diantaranya mobil branding kampanye.

Untuk kepentingan itu, Bawaslu sempat memberikan tenggat waktu hingga tanggal 25 Desember 2018, sebelum akhirnya melakukan penindakan. Namun belakangan, teguran itu tak diindahkan.

“Kami bersama dengan anggota Pol PP, Polres Probolinggo, Dishub serta anggota Panwascam, membersihkan branding mobil yang membandel di beberapa wilayah,” ungkap Nassar, Rabu (26/12/2018).

Nassar menambahkan, dari hasil penyisiran, petugas berhasil membersihkan puluhan branding mobil.

“Total ada 40 branding yang kita copot, dengan rincian, 11 mobil untuk angkutan kota dan 29 angkutan desa,” terangnya.

Pria asal Kecamatan Maron ini pun yakin dan optimis, jika setelah penertiban ini, tidak akan ada lagi caleg yang melakukan branding mobil angkutan umum maupun kendaraan lainnya.

“Insyaallah sudah bersih, di sepanjang zona yang masuk larangan. Toh kalaupun ada (angkutan umum), itu berarti hari ini tidak keluar atau sedang libur,” tutupnya.