Connect with us

Dunia

Presiden Mesir Imbau Warganya yang Obesitas Agar Olahraga

Published

on

Geosiar.com, Kairo – Pernyataan Presiden Adel Fattah el-Sisi yang menyuruh warga Mesir untuk olahraga dan diet karena kelebihan berat badan disindir oleh netizen Mesir.

Dikutip dari Reuters, Jumat (20/12/2018), pernyataan el-Sisi soal berat badan bermula ketika Menteri Kesehatan Hala Zayed melampirkan data baru terkait berat badan warga Mesir, lalu el-Sisi menyelanya.

“Kenapa kita melakukan ini kepada diri kita?” kata el-Sisi merujuk pada tingkat obesitas Mesir. Kemudian dia berbicara selama 20 menit menyuruh warganya untuk olahraga lebih banyak.

Sejak saat itu, meme tentang perintah diet el-Sisi naik di media sosial. Salah satunya gambar seorang wanita yang ditangkap polisi dan berkata, “Apa salah saya? Saya hanya naik dua kilo.”

El Sisi, yang terlihat beberapa kali bersepeda, menyampaikan pada sebuah konferensi pemuda pada November bahwa terlalu banyak siswa yang kelebihan berat badan.

Pada presentasi soal kampanye Hepatitis C, Zayed mengatakan sekitar 17 juta warga Mesir yang diukur dari bobot dan tinggi, 75 persen di antaranya mengalami obesitas.

“Kenapa dia tidak mengurus dirinya? bisakah dia berjalan dengan tubuh seperti itu?” ujar el-Sisi yang terganggu dengan masalah obesitas.

Diketahui WHO mencatat 63 persen warga Mesir kelebihan berat badan temasuk 36 persen obesitas, dan merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.