Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur

by

Geosiar.com, Jakarta – Lima orang pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Amien Rais agar mundur dari dunia perpolitikan melalui surat terbuka. Kelima orang itu merupakan Penasihat Wakil Presiden Abdillah Toha, advokat senior Albert Hasibuan, sastrawan dan jurnalis senior Goenawan Mohamad, penyair dan tokoh budaya Toety Heraty serta Zumrotin.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno membenarkan adanya lima orang PAN itu, namun kini tak lagi aktif di partai. Selain itu, lima orang pendiri tersebut, kata Eddy memiliki perbedaan dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

PAN yang diketuai Zulkifli Hasan diketahui sepakat mengusung calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 mendatang.

“Selain daripada itu, mereka adalah pendukung paslon yang tidak diusung oleh DPP PAN. Saya pribadi akan mengabaikan imbauan mereka,” ungkap Eddy saat.

Eddy memastikan PAN tetap solid dan tak ada perpecahan di internal partainya. Ia juga meminta semua kader PAN serta mereka yang memiliki ikatan dengan PAN untuk tak membuat kegaduhan demi menjaga keutuhan partai.

“Saya pastikan seluruh kader PAN solid dalam menjalankan instruksi Ketua Umum untuk memenangkan kontestasi Pemilu dan Pilpres 2019,” tegas Eddy.

PAN menghormati sikap dan posisi kelima pendiri PAN tersebut. Tapi Eddy juga meminta mereka untuk menghormati pengurus partai berlambang matahari terbit yang masih membutuhkan pikiran-pikiran Amien Rais sebagai sesama pendiri PAN.

“Kita meminta mereka menghormati posisi kami di DPP PAN yang solid mendukung pak Amien Rais, terkait posisi dan pandangan politiknya,” tutupnya.