Connect with us

Sumut

Natal PWI Sumut Berjalan Sukses “Tolak Berita Hoax”

Published

on

Perayaan Natal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara berjalan sukses (Geosiar.com)

Geosiar.com, Medan – Perayaan Natal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara berjalan sukses, di Royal 1 HDTI Jl. Imam Bonjol Medan, Jumat (21/12/2018) malam. Melalui perayaan natal ini, wartawan diharapkan merefleksikan diri dengan terus mengaktualisasi kemampuan dan tetap menolak berita bohong atau hoaks.

Turut hadir sejumlah tokoh, diantaranya mewakili Gubernur, Kepala Biro Pembangunan Eric Aruan, mewakili Pangdam I/BB hadir Kapendam I/BB Letkol Inf Roy Hansen J Sinaga, mewakili Kapolda Sumut Kombes. Pol. Dra. Rina Sari Ginting, tokoh masyarakat Edwin P Situmorang SH MH, Proklamasi Naibaho, serta hamba Tuhan yang membawakan renungan natal Bishop Wilayah I Gereja Methodist Indonesia (GMI), Bishop Pdt. Kristi Wilson Sinurat.

Natal yang bertemakan ‘Bertolak Ketempat yang dalam dan Tebarkanlah Jalamu untuk Menangkap Ikan’ dalam (Lukas 5:4) dan Sub Tema ‘Dengan Semangat Natal Kalangan Jurnalis Tergerak untuk Bertolak ke Tempat yang Lebih dalam Melahirkan Karya Jurnalistik yang Mampu Menggalang Solidaritas Menuju Sumut yang Bermartabat’ ini diisi dengan kidung pujian, liturgi dan persembahan pujian.

Seluruh jemaat yang hadir tampak mengikuti ibadah dengan khusyuk dan terus bersukacita hingga acara hiburan. Di akhir acara diadakan pembagian lucky draw dengan hadiah utama satu unit sepeda yang disumbangkan Anggota DPRD Medan, Drs Hendrik H Sitompul MM, yang juga Caleg DPR RI nomor urut 8 dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan Sumut 1 (Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi).

Hadiah utama sepeda dari Caleg DPR RI Dapil I Hendrik Halomoan H Sitompul MM
Caleg DPR RI no urut 8 dari Partai Demokrat Dapil Sumut 1 (Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi) (Geosiar.com)

Seperti disampaikan Ketua Panitia, Wilfrid B Sinaga bahwa pelaksanaan natal ke-8 tersebut menjadi rangkaian ucapan syukur keluarga besar wartawan Sumut khususnya yang beragama kritsen.

“Atas berkat dan rahmat Tuhan selama sepanjang tahun 2018. Kita bersyukur kepada Tuhan, dan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara ini bisa berlangsung dengan baik,” ungkap ketua panitia, Wilfrid B Sinaga.

Wilfrid menambahkan, acara natal tersebut mendapat dukungan dari Pemrpovsu, Pemko Medan, Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), Asian Agri, Bank Indonesia, PGN, Agincourt Mining, TPL, Bank Sumur, Aqua, PTPN 4 dan yang lainnya yang bersifat tidak mengikat.

Ketua PWI Sumut H. Hermansyah dalam sambutannya mengatakan, lewat perayaan natal ini wartawan di Sumut bisa lebih berkarya ke depan. Menghindari berita bohong dan komit pada kode etik jurnalistik Indonesia.

“Kalau media cetak, bisa dipastikan tidak menyebarkan berita bohong. Nah menjadi tantangan kita adalah media online, harus lebih bekerja keras untuk tidak mengutip sumber-sumber yang tidak jelas,” pesan Hermansyah.

Pada acara hiburan, sejumlah tokoh yang hadir merupakan calon legislatif diantaranya Edwin P Situmorang SH MH, Caleg DPR RI Nomor urut 4 daerah pemilihan Sumut 1 (Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, tebingtinggi) dari Partai Nasdem, Proklamasi Naibaho Caleg DPRD Kota Medan dari Partai Gerindra, Maju Manalu Caleg DPRD Medan dari partai Demokrat, Irwan Ginting Caleg DPRD Deliserdang dari Partai Hanura, Dr Sofyan Simbolon Caleg DPRD Deliserdang dari partai Solidaritas Indonesia (PSI). Selain memperkenalkan diri, mereka meminta dukungan bagi seluruh wartawan dan keluarga wartawan yang hadir untuk menyukseskan Pemilu 2019 mendatang.