Connect with us

pemilu 2019

Persiapan Ma’ruf Amin Hadapi Debat Perdana Pilpres 17 Januari

Published

on

Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin (Nasional.tempo.co)

Geosiar.com, Jakarta – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku siap menghadapi debat Pilpres pada 17 Januari mendatang. Ma’ruf selama ini sudah rajin menemui Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk melakukan diskusi dengan tim debat.

“Sebagai calon tentu saya harus siap. Kebetulan di tim kami ada tim, tim debat itu saya dapat masukan dari tim,” kata Ma’ruf saat kunjungan ke Pesantren Al Masthuriyah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/12/2018).

Ma’ruf bersama timnya sudah merangkai kemungkinan isu-isu yang akan keluar saat debat. Itu sebagai bentuk kesiapan dirinya menghadapi debat capres-cawapres mendatang.

Pembahasan itu tidak jauh-jauh dari apa program yang telah dijalankan oleh Presiden Jokowi. Adapun program tersebut dilanjutkan dalam Nawacita jilid II.

“Karena kita merupakan kelanjutan Nawacita 1 maka tentu programnya bagaimana melanjutkan membuat ini jadi lebih besar dari apa yang sudah dilakukan Nawacita 1 harus ada lompatan,” tambah Ma’ruf.

Ketua KPU Arief Budiman yang akan memimpin rapat persiapan debat pertama Pilpres 2019. Dikabarkan rapat akan membahas soal mekanisme teknis debat yang akan dilangsungkan pada 17 Januari 2019.

Beberapa pokok bahasan yang dibahas dalam rapat hari ini adalah lokasi, tema, panelis, dan hal teknis lain.

“Jadi kami akan sepakati usulan yang akan diputuskan untuk debat pertama,” jelas dia.

Mengenai pola dan lokasi debat, KPU masih membuka kesempatan usulan dalam rapat hari ini. Untuk lokasi dan tempat, dapat dipastikan hanya mengambil dua lokasi, yakni Jakarta dan Surabaya.

“Pola kan kemarin capres-capres dan cawapres-cawapres, ini masih dirapatkan tapi kalau tempat dua saja, teknisnya nanti. Jadi di Aceh dan Papua tidak jadi karena pertimbangannya jauh, biaya besar, energi juga besar,” ungkap Arief.