Connect with us

Sumut

Gantikan Mgr Anicetus Sinaga, Pastor Kornelius Sipayung OFMCap jadi Uskup Agung Medan

Published

on

Pastor Kornelius Sipayung OFMCap., ditunjuk menjadi Uskup Agung Medan pada Sabtu (8/12/2018). Mgr Kornelius Sipayung akan menggantikan Uskup Agung Medan Mgr. Anicetus Sinaga, yang telah mengajukan diri untuk pensiun. (Foto: Ist)

Geosiar.com, Medan – Jabatan Uskup Agung Medan kini disandang oleh Pastor Kornelius Sipayung OFMCap untuk menggantikan monsinyuŕ (Mgr) Anicetus Sinaga OFMCap yang mengundurkan diri. Pastor Kornelius Sipayung kini sudah berhak disebut Mgr. Kabar gembira itu disampaikan Vikaris Eviscopal Pro Religiosi Pastor Leo Sipahutar, usai Perayaan Misa Suci Hari Raya Santa Perawan Maria Tak Bernoda Asal, di Gereja Katedral Jalan Pemuda pada Sabtu (08/12/2018).

Pastor Leo Sipahutar mengatakan bahwa pengunduran diri Uskup Agung Medan, Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFMCap sudah dimohonkan sejak dua tahun lalu saat usianya sudah 75 tahun untuk pensiun ke Tahta Suci Vatikan dan telah dikabulkan oleh Sri Paus Fransiskus. Selanjutnya Anicetus menjadi Uskup Emeritus pada usia 77 tahun.

Setelah disampaikannya pengumuman ini, maka sejak dari sekarang, walaupun Pastor Kornelius Sipayung belum ditahbiskan menjadi Uskup, Beliau sudah berhak dan akan disebut Mgr Kornelius Sipayung OFMCap. Kita sangat bersyukur kepada Tuhan dan bersukacita atas berita yang membahagiakan ini. Mari kita dukung Uskup Agung terpilih ini. Kita doakan agar beliau tetap sehat adalah bijaksana dan mampu melaksanakan tugasnya dengan hati-hati dalam melindungi cinta Tuhan,” ujar Pastor Leo Sipahutar.

Dengan demikian, Keuskupan Agung Medan saat ini memiliki dua orang Uskup Emeritus yaitu, Mgr. Alfred Gonti Pius Datubara OFMCap dan Mgr. Anicetus Sinaga, OFMcap. Berita ini membawa kegembiraan bagi umat karena memiliki Uskup baru, sekaligus menghaturkan terima kasih atas pelayanan Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFMCap.

“Mulai dari sekarang, walaupun pastor itu belum ditahbiskan menjadi uskup, beliau akan disebut Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap.,” demikian siaran pers Keuskupan Agung Medan, yang diterima di Jakarta.

“Setelah 2 tahun menanti, akhirnya sore hari ini tanggal 8 Desember 2018 di Gereja Katedral Medan, tepat pada saat Gereja kita merayakan Hari Raya SP Maria Dikandung Tanpa Noda (yang juga menjadi pelindung gereja katedral ini), dalam Perayaan Ekaristi meriah, Uskup Agung Medan Mgr. Anicetus Sinaga mengumumkan maklumat dari Bapa Suci Paus Fransiskus, bahwa permohonannya dikabulkan dan yang akan menggantikan beliau sebagai Uskup Agung Medan ialah Pastor Kornelius Sipayung OFMCap,” ujarnya.

“Kita sangat bersyukur kepada Tuhan dan bergembira atas berita yang membahagiakan ini. Mari kita dukung Uskup Agung terpilih ini. Kita doakan agar beliau tetap sehat walafiat dan dapat mengemban tugasnya dengan bijaksana dalam perlindungan kasih Tuhan,” pungkas Mgr. Anicetus Sinaga.