Connect with us

Ekonomi

Soal Harga BBM pada 2019, Ini Kata Sri Mulyani

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Geosiar.com, Jakarta – Pihak pemerintah berjanji tidak akan membuat distorsi ekonomi besar mengenai keputusan besaran harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 2019 mendatang.

Dalam menentukan harga BBM tahun depan, daya beli masyarakat, kesehatan fiskal negara serta Pertamina akan menjadi pertimbangan utama pemerintah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani juga menyadari, di tengah ketidakpastian global saat ini, ekonomi Indonesia bergantung besar salah satunya pada daya beli masyarakat. Konsumsi masyarakat sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

“Kita akan mencari keseimbangan. Keseimbangan Pemerintah Jokowi sekarang menjaga momentum daya beli masyarakat. Survei terakhir daya beli cukup solid,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah juga akan mempertimbangkan kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nantinya.

“Kita berusaha tidak membuat distorsi banyak.”

Sebelumnya, ekonom Faisal Basri menyatakan siapapun presiden terpilih pada Pilpres 2019 nanti, kenaikan harga BBM dan tarif listrik tidak dapat dielakkan. Menurutnya, jika Jokowi terpilih kembali, kenaikan akan dilakukan pertengahan tahun. Sementara, jika Prabowo terpilih, akhir tahun kenaikan akan terjadi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Dinas Perikanan Karo Tabur 2000 Benih Ikan Nila Ditambak Desa Sirumbia

Published

on

Kadis Perikanan Ir Metehsa Purba saat lakukan penaburan benih ikan Nila bersama Muspika Kecamatan Simpang Empat, Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu, Anggota BPD, Prangkat Desa, Karang Taruna dan sejumlah warga didesa sirumbia

Geosiar – Tanahjaro – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Karo beupaya meningkatkan perkembangan pembangunan disektor perikanan, Kepla dinas (Kadis) Perikanan Kab Karo bersama warga menabur benih (bibit) ikan Nila di tambak Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, senin (11/02/2019) sekira pukul 17.00 WIb, dan benih ikan yang ditabur sebanyak 2000 ekor.

Kadis Perikanan, Ir Metehsa Purba menjelaskan “Penaburan benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan, serta daoat mencegah terjadinya kepunahan jenis ikan di perairan Kabupaten Karo, khususnya perairan Tambak Kuta Desa Sirumbia ini.

Dengan bertambahnya populasi ikan, nantinya dapatlah diharapkan meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat Desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya lagi, 2000 benih ikan nila yang kita tabur ini bukan untuk budidaya tapi restocking dalam istilah perikanan, maka harapan kami warga desa tolong di jaga dan di rawat. Kali ini 2000 dulu nanti kita lihat perkembangannya kami pantau lagi beberapa bulan kedepan kalau ada perkembangan kita tambah 5000 lagi sesuai muatan kolam.

Sekali sekali di kasih makan lah ikan nya biar cepat besar agar kita bisa mancing disini sekalian rileks, tempatnya saya lihat cukup potensial. Kolamnya agar lebih lebih di bersihakan lagi kalau bisa di pagar agar tempat ini kita jadikan tempat santai seperti tempat wisata karena tempatnya masih sangat alami katanya.

Saran saya untuk tahun depan kita buat budidaya ikan di desa ini, yaitu budidaya ikan menggunakan terpal berdiameter di deoan halaman rumah warga, karena saya lihat desa ini cukup potensial kata Kadis.

  Danramil Simpang Empat Kapten Kav.  J Surbakti menambahkan kepada karang taruna yang hadir dalam penaburan ikan,”kelola lah tempat ini menjadi lebih bagus, tadi saya lihat jalan kebawah sudah bagus di bangun jadi tetap pelihara, saya juga dengar dari BNN kemarin desa ini juga bersih dari narkoba maka saya apresiasi warga dan karang taruna di sini. Saya sudah sampaikan kepada Dandim, maka bila ada kegiatan karang taruna yang positif kabari saja kami siap mendukung kata Danramil.

Sementara Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu mangatakan,” atas nama masyarakat desa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kadis Perikanan Kab Karo beserta rombongan dan juga muspika kecamatan simpang empat yang di wakilkan bapak Danramil serta rombongan yang sudah mau turun langsung untuk tabur bibit ikan di tambak Tapin Desa Sirumbia, hal ini cukup bermanfaat bagi masyarakat, maka semampu kami akan menjaga dan mengembangbiakkan benih ikan tersebut yang sudah di tabur sebanyak 2000 ekor ujarnya.

Tambah Kades,  juga kepada Bapak Danramil Simpang Empat untuk saran dan masukkannya dalam hal pembangunan desa, siap kami laksanakan untuk melanjutkan pembangun Desa sirumbia yang lebih baik kedepannya ujarnya.

Monas Ginting perwakilan dari karamg taruna mengatakan, “banyak terima kasih kami ucapkan kepada bapak Kadis perikanan dan Danramil atas kepeduliannya terhadap desa kami, kiranya bapak di beri kesehatan dan panjang umur agar bisa terus berbuat baik untuk perkembangan di sektor perikanan khususnya tidak hanya di desa kami tapi juga bisa ke desa desa lain di Kabupaten Karo ini tutupnya./Pmg/Eps

Continue Reading

Ekonomi

Blusukan ke Pasar, Jokowi Pastikan Harga Beras dan Daging Ayam Stabil

Published

on

Presiden berdialog dengan pedagang sambil memantau naik-turunnya harga daging ayam.

Geosiar.com, Surabaya – Pasar Grosir Ngemplak di Desa Botoran, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/1/ 2019). Kedatangannya ke pasar tersebut menarik perhatian para pengunjung, pedagang, maupun warga yang sedang melintas di sekitar lokasi.

Presiden tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang sesekali melayani permintaan para pedagang maupun pengunjung untuk berswafoto.

Di salah satu kios yang menjajakan beras, Presiden Joko Widodo berdialog dengan pedagang mengenai harga beras terkini. Presiden juga menyambangi kios operasi pasar Bulog yang menjual beras dengan harga Rp8.500 per kilogram.

“Yang pertama saya lihat beras karena ini pengaruhnya terhadap inflasi,” ujar Presiden dalam lokasi terpisah.

Dalam kunjungannya itu, Presiden menemukan bahwa harga beras di pasaran relatif stabil. Operasi pasar Bulog di bulan Januari ini membantu stabilnya harga tersebut.

“Stabilisasi lewat operasi pasar Bulog saya kira mulai efektif. Biasanya kalau kita lihat setiap Desember dan Januari naiknya pasti tinggi. Tadi saya lihat stabil, beras medium juga tercukupi. Harganya tadi kita cek langsung Rp8.500 (per kilogram),” kata Presiden.

Satu kios lainnya yang dikunjungi Presiden ialah kios yang menjual daging ayam ras. Di sana Presiden juga berdialog dengan pedagang sambil memantau naik-turunnya harga daging ayam.

Di pasar tersebut, Kepala Negara diketahui berbelanja 5 kilogram beras dan 4 kilogram daging ayam ras.

“Yang stabil kita cek, tapi yang naik juga kita cek. Yang naik itu tadi adalah daging ayam, naik Rp1.000 dari Rp31.000 menjadi Rp32.000 per kilo. Meskipun naiknya Rp1.000 ini akan kita perhatikan,” tuturnya.

Turut mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (yl)

Continue Reading

Ekonomi

Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik, Bos IMF Beri Selamat

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diberikan ucapan selamat oleh Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde karena telah berhasil memperoleh predikat menteri keuangan terbaik di dunia versi majalah The Banker. Ucapan selamat itu dikatakan melalui unggahannya di media sosial Instagram.

“Selamat kepada teman saya Sri Mulyani Indrawati dari Indonesia karena telah dinobatkan menjadi menteri keuangan terbaik di dunia versi The Banker. Kerja bagus. Sangat pantas,” tulis Lagarde dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Kamis (3/12/2018).

Sri Mulyani menerima predikat tersebut dari The Banker, sebuah publikasi mingguan yang juga anggota grup Financial Times Ltd. Dikutip dari laman resminya, majalah The Banker didistribusikan ke 180 negara dengan 63 persen dari pelanggannya merupakan pimpinan perusahaan.

Menurut laporan, ada beberapa alasan yang mendasari pemilihan Sri Mulyani sebagai menteri keuangan terbaik di dunia.

Pertama, kemampuan Sri Mulyani dalam mengelola anggaran bagi penanggulangan bencana melalui strategi manajemen risiko dan asuransi. Kebijakan yang disebut pooling fund itu sedianya akan dimulai di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Kebijakan ini dipandang sebagai langkah baik, karena Indonesia selama ini kehilangan Rp3,1 triliun setiap tahun hanya untuk rehabilitasi dan rekonstruksi setelah bencana.

Kedua, Sri Mulyani dipandang mampu membawa defisit APBN 2018 di bawah target 2,19 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Realisasi defisit APBN sendiri tercatat 1,78 persen dari PDB sepanjang tahun lalu.

Ketiga, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga dianggap berkomitmen untuk mereformasi sistem perpajakan dengan harapan meningkatkan pertumbuhan kepatuhan pajak menjadi 82,5 persen di tahun depan. Beberapa langkah yang dilakukan, antara lain memangkas Pajak Penghasilan (PPh) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari 1 persen menjadi 0,5 persen, serta membebankan pajak digital hanya pada perusahaan perdagangan daring (e-commerce) yang berasal dari luar negeri.

“Perpajakan ini akan mempengaruhi perusahaan teknologi skala besar karena perusahaan-perusahaan ini kerap menghindari pajak secara legal karena tidak memiliki keterwakilan di negara tersebut. Kebijakan ini bertujuan untuk menciptakan iklim operasional yang bersaing dengan perusahaan dalam negeri,” tulis The Banker.

Keempat, Sri Mulyani dianggap memiliki ambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor Asia. Untuk itu, kebijakan seperti pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi pelaku ekspor diapresiasi oleh The Banker.

“Perubahan di sistem perpajakan ini integral dengan keinginan Kementerian Keuangan untuk meningkatkan penerimaan negara sebanyak 12,9 persen menjadi US$146,5 miliar di 2019,” tutup The Banker.

Untuk diketahui, ini bukanlah kali pertama Sri Mulyani diganjar penghargaan. Tahun lalu, ia mendapatkan predikat menteri terbaik di dunia versi World Government Summit pada Februari tahun lalu. Kemudian, enam bulan kemudian, ia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik versi Global Market.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com