Connect with us

Ekonomi

Soal Harga BBM pada 2019, Ini Kata Sri Mulyani

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Geosiar.com, Jakarta – Pihak pemerintah berjanji tidak akan membuat distorsi ekonomi besar mengenai keputusan besaran harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 2019 mendatang.

Dalam menentukan harga BBM tahun depan, daya beli masyarakat, kesehatan fiskal negara serta Pertamina akan menjadi pertimbangan utama pemerintah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani juga menyadari, di tengah ketidakpastian global saat ini, ekonomi Indonesia bergantung besar salah satunya pada daya beli masyarakat. Konsumsi masyarakat sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

“Kita akan mencari keseimbangan. Keseimbangan Pemerintah Jokowi sekarang menjaga momentum daya beli masyarakat. Survei terakhir daya beli cukup solid,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah juga akan mempertimbangkan kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nantinya.

“Kita berusaha tidak membuat distorsi banyak.”

Sebelumnya, ekonom Faisal Basri menyatakan siapapun presiden terpilih pada Pilpres 2019 nanti, kenaikan harga BBM dan tarif listrik tidak dapat dielakkan. Menurutnya, jika Jokowi terpilih kembali, kenaikan akan dilakukan pertengahan tahun. Sementara, jika Prabowo terpilih, akhir tahun kenaikan akan terjadi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Jokowi Prediksi Inflasi Hingga Akhir Tahun Capai 3,2 Persen

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi inflasi mencapai 3,2 persen hingga akhir tahun. Angka inflasi ini masih dalam kisaran target tahunan pemerintah dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2018, yaitu sebesar 3,5 plus minus 1 persen.

“Inflasi kita juga akhir tahun ini perkiraan kita 3,2 persen,” kata Jokowi di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Jokowi menuturkan, selain inflasi, pertumbuhan ekonomi dan defisit APBN juga terjaga. Pertumbuhan ekonomi sampai pada akhir tahun ini (2018) diperkirakan berada di atas 5 persen dan defisit APBN sebesar 1,8 persen.

“Kondisi ini semakin baik defisit APBN kita tahun ini berapa bu menteri 1,8 persen, turun lagi karena pengelolaan fiskal kita yang sangat prudent yang sangat hati-hati,” tambah dia.

Jokowi juga menjelaskan, keterjagaan komponen ekonomi ini demi mendongkrak kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Jadi ke depan dampaknya berpengaruh terhadap penguatan rupiah.

“Yang ingin kita bangun ya trust, kepercayaan kita bangun fiskal moneter kita sangat hati-hati. Saya dengan inflownya sudah kembali masuk. Ya jangan kaget kalau nanti dolar turun terus. Enggak tahu berapa kita juga ingin dolar turun drastis karena kita masih ingin seperti manfaat dari ekspor kita,” tutur dia.

Continue Reading

Ekonomi

Hendrik H Sitompul: ASEPHI Dituntut Mampu Bangkitkan Usaha Eksportir

Published

on

Foto: Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara, Drs Hendrik H Sitompul MM (dua kanan) memberikan bingkisan kepada Sekjen BPP ASEPHI, Baby Urmawati (dua kiri). Kadis Perindag Sumut H Alwin Sitorus (paling kanan). Kamis (15/11/2018)

Medan, Geosiar.com – Keberadaan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Indonesia (ASEPHI) diharapkan mampu membangkitkan dunia usaha eksportir di Sumatera Utara. Wadah para pengusaha eksportir dan produsen handycraf itu dituntut dapat menghimpun dan saling mendukung untuk membina pelaku usaha saling harmonis.

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara Drs Hendrik H Sitompul MM mewakili Ketua umum KADIN Sumut Ivan Iskandar Batubara saat acara pelantikan Badan Pengurus Daerah ASEPHI periode 2018-2023 di Medan, Kamis (12/11/2018). Pelantikan itu dihadiri Ketua BPD ASEPHI Sumut Hj Fatimah Habibie Syamsul Arifin.

Ditekankan Hendrik H Sitompul yang juga anggota DPRD Medan Komisi C membidangi perekonomian itu, ASEPHI harus segera menyikapi pertumbuhan dan perkembangan bisnis kerajinan tangan dan produk kreatif di Sumut. Sehingga pertumbuhan bisnis kerajinan tangan dapat membawa angin segar dalam membangkitkan industri kreatif sebagai salah satu penopang pemasukan devisa negara.

“Propinsi Sumut justru salah satu sumber kekuatan terbesar membangun negeri ini. Untuk itu, kita semua harus selalu optimis memberikan sumbangsih yang terbaik bagi kemajuan daerah ini. Momentum pelantikan ASEPHI periode 2018-2023 merupakan momentum untuk kembali membangun kebersamaan,” ujar Hendrik H Sitompul yang juga Ketua Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut itu.

Disampaikan Hendrik H Sitompul lagi yang juga Caleg DPR RI 2019-2024 dapil Sumut I (Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi) No Urut 8, KADIN Sumut selalu berupaya bekerja sama dengan semua pihak termasuk ASEPHI untuk meraih dan menciptakan peluang usaha. Mengatasi tantangan dan hambatan yang dihadapi sektor UMKM sehingga dapat meningkatkan pembangunan. KADIN akan memperjuangkan kepentingan pengusaha sebagai motor penggerak ekonomi.

Pada kesempatan itu juga, Hendrik mengingatkan, revolusi industri ke 4 ini merupakan tantangan besar dan harus disikapi dengan arif, kreatif, inovatif dan bermartabat. “Karena sesungguhnya persaingan global dalam bentuk perdagangan bebas merupakan peluang jika kita dapat menyikapinya dengan cermat,” sebutnya.

Ditambahkan, KADIN Sumut menyadari pelaksanaan era perdagangan bebas antar negara merupakan kompetisi yang menghilangkan batasan antar negara si dunia. Kompetisi dengan mengedepankan kompetensi merupakan kata kunci bagi persaingan sumber daya para pekerja maupun pencari kerja. ASEPHI sudah seharusnya melakukan pembinaan dan penguatan bagi seluruh pelaku usaha secara profesional. (lamru)

Continue Reading

Daerah

DPD SPRI Sumut Kunjungi PT Jasa Raharja,Kacab Sampaikan Pentingnya Sosialisasi Asuransi 

Published

on

Teks Foto: Kepala Cabang  PT Jasa Raharja Sumatera Utara Ifriyantono didampingi Kabag Asuransi Ahmad Ilham,  Kasubag SW,  Hukum dan Humas Heriyanto foto bersama pengurus DPD SPRI Sumut diruang rapat lantai 2 ,Kantor PT Jasaraharja Sumut.

Geosiar – Medan – Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan dan silahturahmi  ke kantor PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara. Jl Gatot Subroto KM 5,1 No. 142, Sei Sikambing C II, Medan Helvetia Kota Medan,Selasa(13/11/2018).

Kunjungan Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi Sumatera Utara disambut hangat oleh Kepala Cabang  PT Jasa Raharja Sumatera Utara Ifriyantono didampingi Kabag Asuransi Ahmad Ilham, Kasubag SW, Hukum dan Humas Heriyanto berlangsung meriah. 

Kehadiran DPD SPRI untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan keberadaan DPD SPRI Sumut,dalam rangka  menyampaikan informasi kepada masyarakat sebagaimana peran Jasa Raharja dalam menyalurkan asuransi kecelakaan lalu lintas.

“Kunjungan ini diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap tugas pokok Jasa Raharja sebagai salah satu BUMN yang bertugas membayarkan asuransi kecelakaan lalu lintas kepada seluruh masyarakat Indonesia, baik kecelakaan darat, laut maupun udara,” ujar Kacab PT Jasa Raharja Sumatera Utara Ifriyantono 

Ifriyantono juga berharap agar masyarakat Indonesia lebih mengenal fungsi Jasa Raharja dalam asuransi kecelakaan lalu lintas.karena masyarakat berhak dapat asuransi  jika mengalami kecelakaan lalu lintas.

“Harapan saya masyarakat lebih tahu tentang tugas Jasa Raharja, bagaimana prosedur pengurusan asuransi kecelakaan, sehingga masyarakat mudah mendapatkan santunan pembayaran asuransi tersebut,” harapnya.

Selain itu, peran media sangat penting,sambung Ifriyantono, dalam upaya mensosialisasikan kepada masyarakat secara luas tentang tugas pokok Jasa Raharja. Dan Jasa Raharja sudah melakukan langkah yang kongkret berupa sosialisasi, imbauan melalui billboard dan pemasangan rambu lalu lintas  dengan pihak kepolisian.

“Pemasangan rambu/papan peringatan lalu lintas dan pemasangan billboard menyampaikan  pesan keselamatan dalam berlalu lintas dan sosialisasi kepada masyarakat adalah upaya  menekan angka kecelakaan lalu lintas Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara yakni dengan ,” ujarnya.

Selain bekerjasama dengan pihak rumah sakit, Dishub dan kepolisian, Jasa Raharja juga menjalin kerjasama dengan operator alat transportasi. sehingga 
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Jasa Raharja karena  
proaktif, ramah, ikhlas dan empati. 

“Petugas kami tiap hari mobile (keliling), mengecek ke rumah sakit apakah ada korban kecelakaan lalu lintas, jika ada kami kasih garansi leter yaitu korban ditanggulangi biayanya terlebih dahulu. Bila sudah bayar akan ditanggung oleh Jasa Raharja” terangnya.

Maka perlu diketahui terkait pembayaran santunan sesuai Undang-undang No 33 dan 34 Tahun 1964 diatur jenis jaminan mulai luka-luka, cacat tetap/permanen, meninggal dunia dan penguburan.

Dari dua undang-undang tersebut masyarakat berhak mendapatkan santunan Jasa Raharja bila mengalami kecelakaan lalu lintas, baik darat, laut maupun udara.masalah dana asuransi, Jasa Raharja menarik iuran kepada masyarakat berupa premi wajib yang harus dibayar oleh tiap masyarakat yang memiliki kendaraan. 

“Pembayaran preminya melalui samsat, setiap masyarakat membayar pajak sudah otomatis dipotong untuk dana premi Jasa Raharja,” pungkasnya.

Jasa Raharja juga memiliki program CSR dan PKBL. Untuk penyaluran bantuan untuk bina lingkungan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) baik kepada Koperasi, Pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah dan lain-lainnya.

Sementara, Sekretaris DPD SPRI Sumut, Devis Karmoy didampingi seluruh kepala bidang DPD SPRI Sumut  mengucapkan terima kasih atas sambutan PT Jasa Raharja Cabang Sumut.

“Diharapkan hubungan kerja dapat terjalin dengan baik, sehingga DPD SPRI Sumut dapat berperan dalam mensosialisasikan program asuransi kecelakaan lalu lintas sebagaimana yang dimiliki Jasa Raharja guna dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Devis. 

Akhir pertemuan pihak Jasaraharja  memberikan Helm sebagai Cendramata kepada pengurus SPRI./Eps.

Continue Reading

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com