Connect with us

Nasional

Kisah Jimmy, Korban Selamat Pembantaian KKB yang Pura-pura Mati

Published

on

Jimmi Aritonang (baju hitam) salah satu pekerja pembangunan jembatan yang berhasil dievakuasi ke Wamena. (tribun)

Geosiar.com, Jimmy Aritonang merupakan salah satu korban selamat dari aksi pembantaian kelompok kriminal bersenjata di Dirtik Yigi Kabupaten Nduga menceritakan upayanya selamat dari pembantaian yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua.

Seperti yang diceritakan oleh Lefrend Siagian, kakak iparnya, Jimmy selamat dari pembunuhan sadis KKB karena ketika itu dia pura-pura mati. Lalu Jimmy diselamatkan oleh warga hingga bersembunyi di Pos TNI terdekat sampai dengan pos tempat perlindungan.

Awalnya Jimmy dan 20 rekannya dijemput dibarak karyawan. Kemudian mereka dijejerkan lalu ditembaki secara membabibuta oleh kelompok tersebut. Beruntung Jimmy selamat lantaran tidak terkena tembakan. Untuk mengelabui, Jimmy berpura-pura mati hingga kelompok kriminal bersenjata meninggalkan lokasi kejadian.

“Melihat KKB sudah pergi dirinya berusaha melarikan diri, selain itu juga ada tiga orang temannya yang selamat, sehingga semuanya pergi mencari tempat perlindungan disalah satu rumah warga,” ujarnya kepada wartawan via telepon, Rabu (5/12/2018).

Tidak sampai di situ. Rupanya, KKB mengetahui kejadian itu dam langsung mendatangi lokasi tempat persembunyian mereka. Namun salah seorang warga menghadang kelompok tersebut dan sempat terjadi adu mulut antar mereka sehingga nyawa Jimmy dan tiga orang rekannya berhasil selamat.

“Ibu ini yang menghalangi KKB untuk menjemput mereka, Bahkan ibu itu sempat terlibat adu mulut dengan KKB agar melepaskan keempat korban,” tambahnya.

Tak memerlukan waktu lama, Jimmy dan tiga orang rekannya pun meninggalkan rumah warga tersebut dan bersembunyi di Pos TNI di Mbua yang berjarak kurang lebih 12 kiometer dari Distrik Yigi.

Perjuangan Jimmy untuk tetap selamat masih berlanjut. KKB yang mengetahui keempat korban sedang berada di pos TNI di Mbua, langsung melakukan penyerangan yang mengakibatkan satu prajurit TNI tewas.

“Kerena kalah jumlah TNI dan korban langsung meninggalkan pos tersebut mencari tempat lebih aman, dan disitulah mereka bertemu dengan tim gabungan yang hendak melakukan evakuasi,” ujarnya.

Sementara itu perlu diketahui Pasukan TNI/Porli telah mengevakuasi 12 warga sipil dari Distrik Mbua, Kabupaten Nduga ke Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya hingga Rabu (5/12/2018). 12 Warga sipil ini sebelumnya menyelamatkan diri dari DistrikY Yigi ke Distrik Mbua pasca penyerangan KKB, pada Senin (3/12/2018) lalu.

Empat dari 12 yang divekuasi merupakan karyawan PT Istaka Karya yang berhasil menyelamatkan diri dalam insiden penyerangan KKB di Distrik Yigi. Keempatnya yakni bernama Jimmi Aritonang, Martinus Sampe, Ayub, dan Jefri.

Danrem 172 Praja Wira Yakti, Kolonel Infantri Binsar Sianipar ketika dikonfirmasi menyebutkan dari keterangan salah seorang korban selamat, sebanyak 19 karyawan PT. Istaka Karya yang dipastikan meninggal dunia dalam insiden itu.

“Dari pengakuan korban selamat 17 karyawan yang meninggal karena ditembak KKB, sementara dua karyawan lainnya diperkirakan juga meninggal karena kehabisan darah . Tetapi, untuk memastikan informasi jumlah korban yang tewas, kami masih menunggu evakuasi jenazah korban,” katanya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Jenguk Ani Yudhoyono, PM Singapura Ditemani SBY-AHY

Published

on

PM Singapura Lee Hsien Loong menjenguk Ani Yudhoyono (detik.com)

Geosiar.com, Singapura – Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menjenguk istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, yang kini tengah sakit kanker darah. Lee Hsien Loong tiba di National University Hospital (NUH) Singapura.

Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief yang menginformasikan via twitter soal kunjungan Lee Hsien Loong, Jumat (15/2/2019). Andi mengatakan Lee Hsien Loong tiba pukul 11.45 waktu Singapura.

“Mr. Lee Hsien Loong beserta Madam Ho Ching dan Wakil PM Singapura, Mr. Teo Chee Hean and Mrs Teo menjenguk Ibu Ani Bambang Yudhoyono di National University Hospital, Singapura,” ujar Andi Arief.

Andi menyebut pemimpin Singapura itu menjenguk Ani Yudhoyono dari kejauhan. Kunjungannya ditemani SBY dan putra-putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

“Kedua pemimpin Singapura beserta istri menjenguk dan menyapa Ibu Ani dari kejauhan. Mereka didampingi SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) beserta Istri, Aliya Rajasa,” ungkap Andi kepada wartawan.

Wabendum PD Rico Rustombi mengatakan kondisi Ani Yudhoyono kini sudah stabil namun masih mendapat perawatan intensif dari tim medis.

Continue Reading

Nasional

Jumatan di Masjid Kauman Semarang, Tidak Ada Persiapan Khusus Sambut Prabowo

Published

on

Suasana di depan Masjid Kauman Semarang jelang kedatangan Prabowo Subianto (kumparan.com)

Geosiar.com, Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dijadwalkan akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Semarang yang dikenal dengan sebutan Masjid Kauman, pada hari ini, Jumat (15/2/2019).

Saat ini puluhan kader Gerindra sudah berada di lokasi ibadah. Mereka tampak mengenakan pakaian serba putih tanpa adanya seragam atau atribut pengenal partai.

Juru bicara BPN Jateng Prabowo-Sandi, Sriyanto Saputro membenarkan bahwa Prabowo dipastikan hadir walaupun semalam masih berada di Singapura menjenguk Ani Yudhoyono yang sedang sakit. Saat ini, Prabowo berada di Gumaya Hotel untuk transit.

“Mendarat dari Singapura pukul 09.30 WIB. Saat ini ini tidak ada perubahan, tetap di Kauman,” kata Sriyanto, Jumat (15/2/2019).

Menurut staf administrasi Sekretariat Pengelola Masjid Agung Kauman Semarang, Yulmiwati, tak ada persiapan khusus dalam menyambut Prabowo. Yulmiwati mengatakan, pelaksanaan salat Jumat dipersiapkan seperti biasanya.

“Enggak ada persiapan, parkir buat dia juga campur dengan yang lainnya, pengamanan dari kami sekuriti biasa, jumlahnya 4 karena memang setiap Jumat begitu. Saf khusus juga tidak, biasanya pejabat akan ada di saf dua atau tiga,” ujarnya.

Sebelumnya, rencana salat Jumat Prabowo di Masjid Kauman menjadi polemik. Pihak takmir masjid keberatan dengan adanya pamflet pengumuman acara salat bareng Prabowo di media sosial serta sejumlah baliho yang terpampang di sekitar masjid.

Poster maupun spanduk yang sebelumnya terpasang di depan masjid pun sudah dilepas sejak siang kemarin. Pamflet yang telah diposting di Instagram oleh Milenial Terdepan Prabowo Sandi (Mantaps) Jateng juga telah dihapus.

Soal kehadiran kader Gerindra ke Masjid Kauman tanpa atribut partai, internal DPC Partai Gerindra Kota Semarang mengeluarkan surat instruksi dengan nomor JT-01/02-005/A/DPC-Gerindra/2019 untuk internal kader untuk menghadiri salat Jumat berjemaah bersama Prabowo. Dalam instruksi tersebut dikatakan kader datang dengan mengenakan busana muslim putih, tanpa atribut partai.

Continue Reading

Nasional

Siang Ini PM Singapura Jenguk Ani Yudhoyono

Published

on

Ani Yudhoyono dan keluarga.

Geosiar.com, Jakarta – Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), masih terbaring sakit di National University Hospital (NUH) Singapura karena sakit kanker darah. Rencananya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong akan menjenguk Ani siang waktu setempat.

“Siang ini rencananya Pak PM Singapura Lee Hsien Loong akan ke NUH untuk menjenguk Ibu Ani,” ujar Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon yang tengah berada di Singapura, Jumat (15/2/2019).

Beberapa tokoh telah menjenguk Ani Yudhoyono pagi waktu Singapura. Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal merupakan salah satunya.

“Pagi ini ada bang @dinopattidjalal di Singapura,” kata Jansen.

Besan Ani Yudhoyono, Hatta Rajasa mengatakan Ani mendapat perawatan yang on the track. “Yang pertama, tentu kita memberikan support penuh kepada Ibu Ani dengan doa, support moril, dan tentu saja kita sangat yakin dengan kemajuan teknologi saat ini, di mana Ibu Ani mendapatkan terapi atau perawatan yang betul-betul on the track,” kata Hatta di National University Hospital (NUH) Singapura, Kamis (14/2/2019).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com