Connect with us

Daerah

Bupati LIRA: Hentikan dan Cabut Ijin PKS Mini di Sei Bamban

Published

on

Bupati Lira meminta kepada Pemerintah Sergai agar memberhentikan pengoperasian PKS mini Sei Bamban. (Geosiar.com)

Geosiar.com, Serdangbedagai – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini yang berada di Dusun17 Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Serdang Bedagai (Sergai) yang sudah beroperasi beberapa tahun menjadi momen pertanyaan di masyarakat yang diduga cacat hukum atau tidak jelas masalah perizinannya.

Demikian dikatakan oleh Bupati Lira Benhard Sihotang kepada wartawan Gosiar.com, Senin (3/12/2018) sekitar pukul 10.00 WIB di Sei Rampah.

Menurut Bupati Lira, Pendirian PKS mini di Desa Sei Bamban jelas telah menyalahi dengan Persyaratan Tata Bangunan yang meliputi Persyaratan peruntukan bangunan gedung sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah kabupaten/kota (RTRW), rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan (RDTRKP), dan rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

“Pembangunan dan pengoperasian PKS Mini itu nyata menyalahi aturan, deregulasi perizinan PKS yang hanya mengacu kepada Permentan No 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Permentan No 98 Tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan. Dengan demikian PKS hanya dapat didirikan di lingkungan Perkebunan, bukan di perkotaan yang bersempadan dengan Perkantoran, Puskesmas Rawat Inap, Yayasan Pendidikan bahkan Rumah Ibadah, ” jelas Benhard.

Diketahui, pendirian PKS mini ini merupakan jenis usaha industri yang wajib memiliki Izin Lingkungan dengan kajian Amdal atau UKL-UPL karena dapat mengakibatkan Kerusakan lingkungan dan menjadikan wabah penyakit dengan derita berkepanjangan.

“Oleh sebab itu dalam pendirian dan pengoperasian PKS mesti menaati UU No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP No 27 Tahun 2012 Tentang Izin Lingkungan, serta beragam Permen Lingkungan hidup yang mengupayakan agar kehidupan Industri tidak menjadi musuh bagi Lingkungan masyarakat, dengan mengikuti ketentuan jarak kelayakan Pembuangan Limbah cair ke media air, Kelayakan Emisi udara dari Boilerr dan Bau Gas Pengolahan dan berbagai instrumen yang mesti di Tata kelola dengan baik supaya lingkungan alam dan Komunitas masyarakat tetap merasa nyaman dan Damai dengan berbagai dampak hasil pengolahan,” cetus Benhard.

Selanjutnya Bupati Lira menyampaikan bahwa selama ini sudah sering mendapatkan keluhan dari masyarakat khususnya warga sekitar kawasan industri PKS, warga mengeluhkan karena pabrik didirikan ditengah pemukiman padat penduduk dan rumah ibadah serta tidak ramah lingkungan yang mengakibatkan polusi serta dampak lingkungan lainnya, dan yang jelas tingkat kebisingan mesin pabrik sangat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

“Pabrik tidak memiliki pembuangan limbah, hal ini bisa menjadi racun menyebar melalui udara. Jadi kalau ditinjau dari aspek AMDAL (Analisis mengenai dampak lingkungan) jelas akan menimbulkan bencana besar bagi tata ruang dan masyarakat sekitar,” sambungnya.

Bupati Lira meminta kepada Pemerintah Sergai agar memberhentikan pengoperasian PKS mini Sei Bamban dan mencabut ijinnya karena pemberian izin kepada PKS Mini di Sei Bamban yang saat ini telah beroperasi tidak memenuhi syarat dan ketentuan maka izin mesti di cabut,kata Bupati Lira. (art/yl)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Relokasi, Akhirnya Pedagang Pekanan Tempati Pasar Kecamatan Rambutan

Published

on

Camat Rambutan Hasbie Damanik meninjau pedagang. (Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebingtinggi – Setelah hampir 6 bulan tidak ditempati, akhirnya pedagang pekanan dapat menempati Pasar Kecamatan di jalan Gunung Arjuna Kelurahan Mekar Sentosa, Kecamatan Rambutan, Tebingtinggi, pada Minggu (9/12/2018) siang.

Camat Rambutan, H.M.Hasbie Damanik, S.Ag., MM.M.Si mengatakan relokasi pedagang pekanan ini merupakan intruksi dari Walikota Tebingtinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan untuk merelokasi pedagang pekanan ke Pasar Kecamatan Rambutan secara persuasif dan berjalan lancar.

“Seluruh pedagang saat ini menempati Pasar Kecamatan yang difasilitasi Personil Kecamatan, polsek dan Koramil. Sempat terjadi dialog antara pedagang dan Camat namun setelah dijelaskan kepada mereka maksud dan tujuan pemerintah, akhirnya mereka memahami dan secara sukarela pindah dengan sendirinya,” ujarnya.

Ditambahkan H Damanik MM MSi didampingi Kapolsek AKP Hendrik Surbakti, Komandan Koramil 13 Kapten Simanjuntak mengatakan bahwa pedagang pekanan ternyata lebih menikmati hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, begitu juga masyarakat pembeli yang silih berganti hadir untuk berbelanja.

“Selama ini ada isu-isu miris diterima pedagang hingga tetap berdagang di jalanan dan lingkungan rumah warga, tapi setelah hadir dan menempati kios yang telah disediakan ternyata isu itu tidak benar. Ini membuktikan pedagang butuh sentuhan dan pihak Kecamatan,” sambungnya.

Diketahui, kedatangan pedagang juga disambut FORKOPIMCAM (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Rambutan sehingga hasil pembangunan sama sama dinikmati.

Saat diwawancarai Geosiar.com, salah satu pedagang Ibu Sitorus, mengaku puas atas pendekatan Camat dan lurah beserta pihak Kepolisian.

“Pasar Kecamatan benar-benar ditempati hari ini secara gratis dan lokasinya juga nyaman, transaksi jual beli berlangsung baik serta tidak mengganggu lalu lintas. Kami sangat menikmatinya,” sambung Ibu Sitorus.

Continue Reading

Daerah

Kajari Tebingtinggi Musnahkan Barang Bukti 87 Kasus Kejahatan

Published

on

Barang bukti dari 87 kasus telah dimusnahkan pihak Kejaksaan Negeri Tebingtinggi (Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebingtinggi – Barang bukti dari 87 kasus kejahatan telah dimusnahkan pihak Kejaksaan Negeri Tebingtinggi, Senin (10/12/2018) pukul 11.00 WIB dan disaksikan kalangan jurnalis media cetak dan elektronik,

Kajari Tebingtinggi, M.Novel SH MH didampingi Kasi Pidsus Chandra SH, Kasi Pidum Okto Silaen SH, Kasi Barang bukti dan Barang Rampasan Okta Fiada Ginting SH MH, mengamankan diantaranya narkoba jenis sabu 292,12 gram, Extacy 0,6 gram, ganja 1051,46 gram.

Selain itu, diamankan juga alat hisap bong, pipet plastik, kaca pirex, timbangan digital, telepon genggam dan dot.

Ditempat terpisah, Kasi Barang Bukti, Okta Ginting SH MH mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka hari anti korupsi yang diperingati seluruh jajaran kejaksaan.

Tampak hadir dalam pemusnahan barang bukti mewakili KTU Pengadilan Negeri Sangkot Tobing SH, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Tebingtinggi  Kompol Bambang,  KTU Dinas Kesehatan Azrai dan Kanit Narkoba Ipda Ganda Manullang.

Continue Reading

Daerah

Tiba di KNIA, Jenazah Korban KKB Disambut Prajurit TNI

Published

on

Tiba di KNIA, jenazah korban KKB disambut prajurit TNI. (Geosiar.com)

Geosiar.com, Serdang Bedagai – Kedatangan salah satu jenazah korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA), Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, pada Sabtu pagi (8/12/2018) pukul 07.55 WIB disambut Prajurit TNI dari Koramil 23/Beringin, Kodim 0204/Deliserdang.

Jenazah korban tiba menggunakan pesawat Citylink QG 10 ini atas nama Jepri Simaremare (26)  warga Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara.

“Penjemputan jenazah langsung dipimpin Komandan Koramil (Danramil) 23/Beringin, Mayor Inf Makmur Siahaan bersama sejumlah Babinsa,” jelas Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga di Medan, Sabtu (8/12/2018) pagi.

Jenazah Korban KKB dikawal Prajurit TNI.

Setelah melewati proses administrasi di Bandara KNIA, jenazah Jepri Simaremare langsung diberangkatkan dengan ambulance menunju kampung halamannya di Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Sergai.

“Proses penjemputan dan pengantaran jenazah menuju kampung halamannya dikawal penuh oleh Danramil 23/Beringin bersama para Babinsa,” jelas Kolonel Roy.

Ditambahkan Roy,  jenazah diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara KNIA juga turut didampingi oleh Waldispen Sirait, Aipda Selamat Tanjung dari Polres Timika, staf PT Istaka Karya, Idris, dan staf Kementerian BUMN Jakarta Anindita. (art)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com