Connect with us

Sumut

Caleg DPR RI Hendrik H Sitompul Dorong Koperasi Kredit Ciptakan Wirausahawan Baru

Published

on

Hendrik H Sitompul bersama dengan para Pengurus CU. (Geosiar.com)

Geosiar.com, Medan – Calon legislatif DPR RI Dapil Sumut 1, Hendrik H Sitompul, Drs, MM meminta agar Koperasi Kredit (CU) membuat program untuk menciptakan wirausahawan baru untuk meningkatkan perkembangan ekonomi kerakyayatan. Hal ini diungkapkannya pada Seminar Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan yang diselenggarakan Pusat Koperasi Sumatera Timur EKSIS, Tebing Tinggi, pada Sabtu (17/11/2018).

“CU sebaiknya mendorong para anggotanya berwirasusaha agar koperasi dapat lebih berkembang dengan baik,” ujar Hendrik dihadapan para peserta yang hadir.

Hendrik H Sitompul menambahkan, koperasi sebagai soko guru perekonomian rakyat saat ini sangat dibutuhkan sebagai salah satu jawaban atas permasalahan ekonomi yang saat ini dihadapi masyarakat. Untuk itu Koperasi diharapkan jangan hanya diam menunggu namun harus berperan aktif.

“Jangan biarkan para anggota koperasi berjalan sendiri dalam berusaha, CU harus membina bahkan memberi gagasan-gagasan agar para anggotanya dapat berwirausaha,” ujar Hendrik.

Sebagai seseorang yang merintis karir di dunia Perbankan, Hendrik H Sitompul juga membagi pengalaman kepada pengurus CU yang hadir, dimana pada saat dirinya sebagai bankir terus mendorong para nasabahnya agar mampu mengembangkan usaha masing-masing. Salah satu caranya dengan mengadakan program mengadakan pertemuan-pertemuan antar nasabah lintas usaha.

“Salah satu caranya, mempertemukan para usahawan dengan nasabah (anggota CU) lintas usaha, agara dapat berkolaborasi dan mengintegrasikan usaha meraka masing-masing,” jelas Hendrik yang juga pengusaha sukses ini.

Dirinya mengungkapkan salah satu misinya maju menjadi Caleg DPRI RI adalah mendorong agar Pemerintah dapat lebih memberi perhatian kepada Koperasi agar diberikan kemuduhan-kemudahan dalam hal regulasi dan kebijakan dalam pengembangan koperasi.

“Bila Tuhan mengizinkan, saya duduk sebagai anggota DPR RI, saya akan mendorong dan memperjuangkan agar Koperasi lebih diperhatikan oleh pemerintah baik dari segi regulasi dan kebijakan, Hal ini sangat penting, karena selama ini Koperasi sangat membantu masyarakat dalam bidang ekonomi kerakyatan,” kata Hendrik.

Para peserta yang terdiri dari berbagai Koperasi Primer, Kopdit Mandiri, CU Harapan Kita, CU Seisekata, CU Budi Murni terlihat menyambut dengan antusias apa yang disampaikan oleh Hendrik H Sitompul.

Salah seorang Pengurus CU, Pak Manik, berharap agar Hendirk H Sitompul bila duduk nantinya menjadi Anggota DPR RI dapat memperjuangkan aspirasi mereka.

“Kami berharap, Bapak (Hendrik H Sitompul) berjuang untuk menyalurkan aspirasi kami dan memperjuangkan pengembangan koperasi bila terpilih kelak,” kata Pak Manik.

Diketahui, Hendrik H Sitompul Drs, MM maju sebagai Calon Legislatif DRR RI dari Daerah Pemilihan Sumut I yang meliputi Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi dari Partai Demokrat No. 14 No urut 8.