Connect with us

Lifestyle

Ungkap Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Published

on

Ilustrasi (alodokter.com)

Geosiar.com, Lifestyle – Pernahkah anda mendengar masker rambut atau kondisioner dari minyak zaitun? Ternyata selain minyak kelapa, minyak zaitun juga tengah populer digunakan sebagai perawatan rambut, sudahkah anda coba?

Minyak kelapa saja diklaim dapat menyebabkan penumpukan protein di kutikula rambut jika digunakan dalam jangka panjang, bagaimana dengan minyak zaitun?

Dikutip dari stylecaster.com, penumpukan protein dapat membuat rambut rapuh dan keriting. Apakah minyak zaitun juga memiliki efek yang sama?

Istimewanya, minyak zaitun terbukti bagus digunakan untuk rambut, terutama untuk rambut yang sangat membutuhkan kelembapan. Minyak kelapa dan minyak zaitun sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk memberikan kelembapan bagi kulit dan rambut.

Minyak zaitun mempunyai kandungan yang lebih berat dan lebih kaya daripada minyak kelapa, membuatnya bagus digunakan bagi si pemilik rambut keriting, rambut rusak, dan rambut diwarnai. Semua jenis rambut cenderung memiliki poros berpori yang tidak dapat menahan kelembapan alami, membuatnya rapuh, dan kering.

Menggunakan minyak zaitun yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E pada rambut dapat menyeimbangkan kemampuan rambut menahan kelembapan. Sedangkan vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, paparan sinar matahari, dan polusi.

Manfaat minyak zaitun akan bertahan sampai rambut dicuci menggunakan sampo. Bagaimana dengan membeli produk perawatan rambut yang memiliki kandungan minyak zaitun? Apakah sama saja?

Tingkat kandungan minyak zaitun yang ditemukan dalam produk perawatan rambut biasanya sangat rendah, tidak benar-benar bisa menembus ke dalam rambut. Untuk itu, jika ingin menggunakan minyak zaitun alami sebagai perawatan rambut, dilansir dari fimela.com, berikut langkah-langkahnya.

Panaskan secangkir minyak zaitun yang telah dicampur dengan air hangat ke dalam microwave, kemudian taruh ke dalam sebuah botol. Bagi rambut menjadi tiga bagian sebelum mengaplikasikan minyak zaitun, pijatkan dari akar ke ujung.

Bungkus kepala selama 30 menit, keramas, lalu keringkan rambut seperti biasa. Sudah pernah coba merawat rambut menggunakan minyak zaitun?

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Sebabkan Keracunan, Salah Konsumsi Kacang Tanah Ternyata Berbahaya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Salah satu camilan nongkrong yang biasa dinikmati dan buat betah adalah kacang tanah. Jika mulai mengunyah kacang, rasanya susah untuk berhenti. Tanpa diketahui jika salah makan kacang tanah dapat menyebabkan keracunan loh.

Kacang tanah mengandung aflatoksin yang termasuk dalam golongan senyawa toksik. Kacang tanah yang sudah busuk dan berjamur kandungan racunnya ternyata sangat tinggi.

Tak hanya itu, jika memasak kacang tanah tidak sempurna berbahaya bagi kesehatan. Proses memasak biasa tidak akan mematikan racun dalam kacang tanah karena aflatoksin ini hanya bisa rusak di suhu 250 derajat celcius.

Cara yang bisa anda coba untuk mematikan racun yang ada dalam kacang tanah ialah dengan menjemur kacang tanah yang sudah dikupas di bawah terik matahari selama enam jam lamanya.

Jadi jika ingin mengolah kacang tanah sendiri dan mencegah sesuatu yang tidak diharapkan, sebaiknya ketahui informasi semacam ini agar tidak sampai terjadi keracunan.

Continue Reading

Lifestyle

Ungkap Kepribadianmu Lewat Cara Pakai Jam Tangan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, termasuk kebiasaan memakai jam tangan. Cara anda memakai jam tangan bisa jadi berbeda dengan pasanganmu atau teman dekatmu.

Pasalnya orang memakai jam tangan menggunakannya di area yang tidak dominan untuk beraktivitas. Alasannya bisa jadi karena kenyamanan. Ada yang gemar memakai di tangan kiri menghadap ke bawah, ada juga yang lebih nyaman memakainya menghadap ke atas.

FYI, ternyata dari kebiasaan cara memakai jam bisa mengungkap kepribadianmu loh. Berikut macam cara dan penjelasannya.

Di tangan kiri menghadap ke atas

Orang yang aktif memanfaatkan tangan kanannya untuk beraktivitas, umumnya menggunakan jam tangan di tangan sebelah kirinya. Pengguna jam tangan di tangan kiri dengan kepala jam menghadap ke atas adalah orang yang punya sifat kepemimpinan yang tinggi. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Berdampingan dengan sifat tersebut, mereka adalah orang yang sangat serius.

Di tangan kanan menghadap ke atas

Mereka yang memakai jam tangan di sebelah tangan kanan dengan kepala jam menghadap ke atas merupakan orang berkepribadian unik. Biasanya selera humornya tinggi sehingga mudah bergaul dan punya banyak teman. Karena keunikannya itu, mereka senang terhadap hal yang baru dan spontanitasnya tinggi.

Di tangan kiri menghadap ke bawah

Pemakai jam tangan di tangan kiri menghadap ke bawah merupakan orang yang perfeksionis. Mereka dikenal memiliki pribadi yang cukup tertutup dan sistematis, tapi bisa diandalkan untuk hal-hal yang logis.

Di tangan kanan menghadap ke bawah

Nah, kalau ini adalah posisi jam tangan yang cukup langka ditemui. Jika kamu bertemu dengan orang yang mengenakan jam seperti ini, berarti kamu sedang berhadapan dengan orang yang baik hati tetapi pemalu. Mereka merupakan pendengar cerita yang baik dan bisa dipercaya dalam menjaga rahasia.

Jadi cara yang mana yang menjadi kebiasaanmu?

Continue Reading

Lifestyle

Begini Tanda-Tanda Alergi Telur pada Anak

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian anak bisa saja mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, salah satunya adalah alergi pada telur. Sejumlah makanan memiliki kecenderungan menimbulkan alergi pada seseorang. Hal tersebut tergantung dari sistem kekebalan tubuh setiap orang, apalagi anak-anak dikenal sistem kekebalannya yang lebih rentan.

Seperti dikutip dari Kids Health.org, ada sekitar 2% dari anak-anak di dunia ini mengalami alergi pada telur. Beruntungnya, alergi dapat berkurang atau dapat diatasi seiring dengan pertumbuhan anak hingga mencapai usia 16 tahun.

Orang yang mengalami alergi pada telur, tubuhnya akan melepaskan senyawa kimia bernama histamin, dan kemudian menimbulkan beberapa gejala, antara lain:

  • sesak napas
  • mengi
  • batuk
  • suara serak
  • tenggorokan sesak
  • sakit perut
  • muntah
  • diare
  • gatal-gatal, bengkak dan berair pada mata
    timbul gatal bintik-bintik merah di kulit
    menurunnya tekanan darah
    pusing hingga pingsan

Reaksi alergi pada anak bermacam-macam berdasarkan tingkat keparahan yang berbeda. Apa pun gejala yang ditimbulkan, alangkah baiknya segera ditangani atau periksakan ke dokter.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com