Connect with us

Dunia

Saudi Disebut Akan Eksekusi Mati 12 Minoritas Syiah

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Istanbul – Sebanyak 12 orang minoritas Syiah dikhawatirkan secepatnya akan dieksekusi mati oleh pemerintah Arab Saudi, setelah kasus mereka dilimpahkan ke Presidency of State Security, lembaga keamanan berkuasa yang langsung berada di bawah raja.

Kekhawatiran ini disampaikan oleh Amnesty International yang menyampaikan bahwa belasan orang tersebut divonis hukuman mati dalam persidangan massal pada 2016 lalu. Otoritas Saudi menyatakan mereka bersalah karena dituduh sebagai mata-mata Iran, musuh kerajaan di kawasan.

“Keluarga dari belasan orang itu ketakutan dengan perkembangan ini dan minimnya informasi yang mereka terima mengenai status kasus yang dihadapi orang-orang yang mereka cintai,” kata Direktur Timur Tengah dan Afrika Amnesty International, Heba Morayef, Kamis (8/11/2018).

“Mengingat kerahasiaan yang melingkupi proses pengadilan Arab Saudi, kami kahwatir bahwa perkembangan ini menandakan eksekusi mati segera terhadap 12 orang itu.”

Melansir dari AFP, Saudi baru membentuk Presidency of State Security pada tahun lalu. Badan itu gabungan dari lembaga kontra-terorisme dan intelijen domestik Saudi.

Saudi memiliki tingkat pelaksanaan hukuman mati paling tinggi di dunia. Hukuman mati negara kerajaan itu menyasar para terpidana terorisme, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, hingga perdagangan narkoba.

Morayef menganggap vonis mati terhadap 12 minoritas Syiah dijatuhkan setelah “persidangan massal yang tidak adil.”

Sementara itu, Riyadh belum berkomentar mengenai kabar eksekusi mati ini.

Sebagian besar umat Muslim di Saudi beraliran Sunni. Berdasarkan data, hanya 15 persen kaum Syiah dari total 32 jutaan penduduk Muslim di Saudi.

Kabar eksekusi ini muncul ketika Saudi tengah menjadi sorotan atas kisruh pembunuhan jamal Khashoggi, wartawan pengkritik Raja Salman, di Istanbul Turki pada 2 Oktober lalu.

Khashoggi tewas di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul. Meski sempat membantah segala tudingan, pemerintah Saudi pada akhirnya mengakui Khashoggi tewas di dalam gedung konsulatnya.

Turki menuding pembunuhan Khashoggi diperintahkan “pejabat tertinggi” Saudi. Namun, Riyadh menegaskan tidak terlibat dalam konspirasi pembunuhan tersebut.

Saudi beralasan pembunuhan Khashoggi merupakan sebuah kesalahan sangat besar yang dilakukan pihak-pihak di luar otoritas dan tanggung jawab mereka.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dunia

Pilot Inggris Mengaku Melihat UFO di Langit Irlandia

Published

on

British Airways. (americanexpress.com)

Geosiar.com, Dublin – Objek terbang tak dikenal (UFO) yang dilihat oleh pilot maskapai British Airways saat terbang melintasi pantai barat Irlandia tengah diselidiki oleh Otoritas Penerbangan Irlandia (IAA).

Seperti dikabarkan The Guardian, Rabu (14/11/2018), pilot maskapai British Airways dengan nomor penerbangan BA94 dari Montreal, Kanada langsung menghubungi Pengendali Lalu Lintas Udara (ATC) karena melihat sebuah objek tidak dikenal dan janggal bergerak melewati pesawatnya.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (9/11/2018) pekan lalu. Sang pilot melaporkan hal tersebut dan bertanya apakah ada latihan militer di jalur penerbangannya.

“Itu bergerak sangat cepat. Itu muncul di sisi kiri kami kemudian dengan cepat berbelok ke utara. Obyek itu terlihat seperti cahaya yang sangat terang dan menghilang dengan kecepatan tinggi,” kata pilot tersebut.

Berdasarkan rekaman percakapan dari situs Airlive, pilot tersebut diberitahu bahwa tidak ada latihan militer di daerah tersebut.

“Tidak ada hal yang ditunjukkan pada radar primer atau sekunder,” kata ATC.

Pilot itu mengatakan pesawat dan obyek itu tidak berada di jalur tabrakan, tapi namun dirinya bertanya-tanya apa yang terjadi.

Diketahui sebelumnya, maskapai penerbangan dari Virgin Airlines dengan rute Orlando-Manchester juga melaporkan hal yang sama. Pilot tersebut menggambarkan pemandangan itu sebagai meteor atau objek lain yang terlihat sangat terang.

“Senang saya bukan satu-satunya,” kata pilot tersebut.

Seorang juru bicara dari Otoritas Penerbangan Irlandia mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden itu dan akan memberikan laporan.

“Laporan ini akan diselidiki dalam proses penyelidikan kejadian rahasia yang normal,” kata dia kepada Irish Times.

Juru bicara itu menegaskan objek tersebut bukan alien dari planet lain.

Continue Reading

Dunia

Stan Lee Tutup Usia, Berikut 4 Fakta Menarik dari Sang Kreator

Published

on

Stan Lee (Jediyuth.com)

Geosiar.com, Los Angeles – Stanley Martin Lieber, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stan Lee meninggal dunia pada Senin (12/11/2018) di usianya yang ke 95 tahun. Stan Lee meninggal di Rumah Sakit Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles karena mengidap infeksi paru-paru.

Komik Superhero yang terkenal di dunia yakni Spider-Man, The Hulk, Iron Man, Doctor Strange, Fantastic Four, X-Men, semuanya merupakan kreasi Stan Lee.

Tokoh-tokoh karakter tersebut merupakan kreativitas dari Stan Lee. Mengenang Stan Lee yang telah berpulang kepada Yang Maha Kuasa, berikut ada empat hal yang menarik tentang pria yang berkiprah sebagai editor, produser film, dan penerbit luar biasa ini seperti dikutipr Catawiki, Selasa (13/11/2018).

1. Berawal dari Captain Amerika di Usia 19

Terima kasih kepada pamannya, Robbie Solomon, Stan Lee yang memiliki nama asli Stanley Martin Lieber memulai karier sebagai asisten di Timely Comics pada 1939.

Penampilannya sebagai penulis komik dimulai pada tahun 1941, yaitu ketika usianya 19. Saat itu ia diminta menulis teks untuk ‘Captain America Foils the Bride’ Revenge’ di Captain America Comics No.3. Di karya ini, ia membumbuhkan namanya sebagai Stan Lee. Setelah itu, ia dipromosikan menjadi editor sementara.

2. Membawa Dunia Nyata ke Dunia Fantasi

Para pahlawan super kreasi Stan Lee bukanlah ‘alien’. Mereka adalah orang-orang biasa yang mendapatkan kekuatan spesial secara kebetulan seperti Spider-Man, Fantastic Four, Daredevil.

Pada cerita tersebut, Stan Lee memasukkan unsur-unsur layaknya manusia biasa seperti kehidupan keluarga, kekasih, dan teman-teman mereka. Hal ini membuat karya-karya Stan Lee sangat menyegarkan dan populer di 60-an dan seterusnya.

3. Sang Raja Kameo

Stan Lee memutuskan ingin masuk di film-film kreasinya. Dia pernah tampil sebagai kameo di X-Men (2000), di Iron Man 2 (2010), dan pernah jadi penjaga keamanan di Captain America: The Winter Soldier (2014). Serta sederet kehadiran kecil lainnya di film-film lain.

Bukan hanya di film, Stan Lee juga kerap hadir sebagai kameo di halaman komiknya. Misalnya di komik ‘Fantastic Four Annual #3’ tahun 1965.

4. Punya otobiografi dalam bentuk novel grafis

Setelah sering tampil sebagai kameo di banyak komik dan film, pada 2015 Stan Lee akhirnya memiliki buku komik tentang dirinya sendiri. Ini adalah otobiografi grafis penuh warna yang diilustrasikan oleh Colleen Doran berjudul Amazing Fantastic Incredible: A Marvelous Memoir. Buku ini menceritakan kisah kehidupan Stan Lee dan bagaimana ia mengisi dunia komik.

Continue Reading

Dunia

Menyamar Jadi Wanita, ​Pasukan Elit Israel Bunuh Komandan Hamas

Published

on

Ilustrasi Tentara Israel

Geosiar.com, Gaza – Seorang komandan tinggi Hamas dibunuh oleh pasukan khusus Israel dengan menyamar sebagai perempuan usai menyeberang ke Jalur Gaza.

Komandan Hamas tewas sebelumm baku tembak yang menyebabkan satu tentara Israel dan enam warga Palestina tewas, seperti dilaporkan dari Dailymail.co.uk, Seni (12/11/2018).

Pertempuran senjata itu terjadi di timur Khan Younis di Jalur Gaza selatan, menurut pejabat Palestina yang mengatakan pasukan khusus Israel yang menyamar melakukan perjalanan dengan mobil sipil.

Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas mengatakan komandan lokalnya Nour el-Deen Baraka ditembak mati sebelum gerilyawan menemukan kendaraan itu dan mengejarnya, yang memaksa Israel untuk mengerahkan serangan udara.

Laporan menyebut bahwa unit pasukan khusus Israel berusaha menculik komandan Hamas setelah menginfiltrasi Jalur dengan mengenakan pakaian wanita.

Saat ketegangan semakin memanas, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan dia akan mempersingkat perjalanannya di Paris untuk menghadiri peringatan Perang Dunia I.

Fawzi Barhoum, juru bicara Hamas, gerakan Islam yang menjalankan blokade Jalur Gaza, mengecam serangan Israel yang pengecut.

Setelah baku tembak pecah, ada 17 peluncuran roket yang diidentifikasi dari Jalur Gaza ke Israel. Tiga proyektil rudal dicegat oleh sistem pertahanan rudal Israel. Sementara belum jelas di mana roket lain mendarat.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan enam warga Palestina tewas akibat pertempuran.

Korban tewas termasuk seorang komandan lokal untuk sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, yang kemudian diidentifikasi sebagai Baraka, sementara tentara Israel mengkonfirmasi satu tentara tewas dan yang lain terluka.

Sayap bersenjata Hamas menuduh tim pasukan khusus Israel menyusup di dekat Khan Younis dalam mobil sipil. Militer Israel belum mengkonfirmasi tuduhan atau menggambarkan jenis operasi apa yang dilakukan. Tak lama setelah baku tembak, sirene serangan udara terdengar di Israel selatan, menunjukkan tembakan roket dari Gaza.

Salah seorang juru bicara otoritas Bandara Israel mengatakan sejumlah pendaratan dan keberangkatan telah diubah di bandara internasional Israel setelah ketegangan antara Israel dan Hamas di Gaza semakin meningkat.

Continue Reading
Advertisement

Trending