Connect with us

Politik

H Ilhamsyah Terpilih Ketua Pansus Pembahasan R APBD Kota Medan 2019

Published

on

Medan, Geosiar.com
Sebanyak 24 anggota DPRD Medan yang bergabung di Panitia khusus (Pansus) pembahasan R APBD Pemko Medan TA 2019 berhasil memilih H Ilhamsyah sebagai ketua Pansus. Pemilihan berlangsung di ruang banggar gedung DPRD Medan, Rabu (7/11/2018). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli dan dihadiri 15 anggota pansus.

Pemilihan berlangsung alot dengan mengajukan sistem pemilihan melalui paket untuk Ketua dan Wakil Ketua. Dimana, Boydo Panjaitan berpasangan Irsal Fikri (paket 1), Ilhamsyah berpasangan HT Bahrumsyah (paket 2) dan Rajudin Sagala berpasangan Hendrik Sitompul (paket 3). Sistem pemilihan pun dilakukan secara tertutup.

Setelah dilakukan penghitungan suara, ternyata paket (2) Ilhamsyah berpasangan HT Bahrumsyah mendapat 9 suara. Paket 1 berhasil 4 dan paket 3 mendapat 2 suara. Dan diputuskan, Ilhamsyah bersama Bahrumsyah menjadi pimpinan Pansus.

Ketua terpilih H Ilhamsyah didampingi wakil Ketua pansus HT Bahrumsyah mengajak seluruh anggota pansus saling mendukung soal pembahasan RAPBD secara maksimal demi kepentingan pembangunan kota Medan. “Saya berharap kita tetap satu tujuan menetapkan APBD untuk peningkatan pembangunan di kota Medan,” ujar Ilhamsyah.

Menurut Ilhamsyah jadwal pembahasan disepakati mulai hari Senin (12/11/2018). Sedangkan Kamis (8/11/2018) akan memanggil Tim Anggaran Pemerintahan Daerah (TAPD) Pemko Medan serta sekretariat DPRD Medan guna mensikronkan pembahasan selanjutnya.

Sedangkan anggota pansus Drs Hendrik H Sitompul MM mengusulkan agar pembahasan nantinya dilakukan dengan translaran dan bertanggungjawab. “Pembahasan butuh keseriusaan. Pimpinan DPRD harus siap menjelaskan kondisi yang sebenarnya. Dalam proses pemanggilan transparan dan tanggungjawab, ” anjurnya. (lamru)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Forkala Gelar FGD Dekatkan Generasi Muda Nilai Budaya dan Kearifan Lokal

Published

on

Medan, Geosior.com – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Kebudayaan Kota Medan Suherman mengapresiasi digelarnya Focus Group Discussion (FGD) oleh Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan di Hotel Grand Kanaya Jalan Darusalam, Kamis (24/1/2019). Kegiatan itu dinilai sangat penting sebagai upaya memberikan pemahaman tentang nilai-nilai budaya kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang ada di Kota Medan

Di samping itu FGD yang mengusung tema, “Pendidikan Karakter Dalam Konteks Keberagaman Etnis dan Persatuan Bangsa”  diharapkan dapat memberi output positif bagi generasi muda Kota Medan selaku alter ego (individu) dalam bersosialisasi di tengah-tengah kemajemukan Kota Medan.

Suherman menjelaskan, menjelaskan, Kota Medan dihuni lebih dari 22 etnis, baik etnis asli dari Sumut maupun pendatang dari nusantara dan mancanegara. Oleh karenanya, kemajemukan hendaknya menjadi kekayaan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena hal ini merupakan potensi yang harus dikembangkan.

“Tingkat kecemasan saat ini terdapat di generasi muda atau generasi milenial dengan aktifitasnya di dunia maya. Pengetahuan yang tinggi ternyata melahirkan beberapa titik lemah dalam pembangunan karakter dan perilakunya. Hal ini menjauhkan generasi muda dari nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang telah lama terbentuk,’’ kata Wali Kota.

 Atas dasar itulah melalui FGD yang diinisiasi oleh Forkala, Wali Kota menilai sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda Kota Medan. Meski demikian Wali Kota berharap agar wujud konkrit itu tidak hanya lewat FGD semata namun juga dapat dilakukan dengan terus mencari serta menggali informasi untuk membuat suatu gebrakan.

Dengan demikian generasi muda Kota Medan dapat memahami dan mau mengikuti nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang sudah ada sejak lama.

Sementara itu Ketua Forkala Kota Medan Datuq Adil Freddy mengatakan, tujuan diadakannya FGD untuk berdikusi dengan berbagai pakar dan narasumber. Melalui diskusi itu diharapkan dapat menghasilkan ide-ide baru guna menghadapi dan menyikapi dinamika kehidupan kaum muda saat ini khususnya di Kota Medan. Dengan begitu para generasi milineal tetap mencintai budayanya dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sosial di masyarakat.

 ‘’Permasalahan utama kita saat ini adalah keberadaan generasi muda yang mengalami distorsi perilaku sebagai akibat dari produk dan kemajuan tekhnologi. Saat ini generasi muda lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget daripada bersosialisasi dengan antar sesama. Melihat perubahan itulah maka kami mengadakan FGD tersebut agar hasilnya nanti dapat disampaikan ke OPD terkait dan bisa disosialisasikan ke masyarakat kota Medan khususnya generasi milenial,’’ papar Datuq Adil. (lamru).

Continue Reading

Politik

Pemko Medan Klaim Kota Medan Semakin Bersih

Published

on

Medan, Geosiar.com – Berkat kerja keras Pemko Medan melakukan penataan mulai membuahkan hasil. Sejumlah ruas jalan saat ini terlihat semakin bersih, indah dan asri. Sama halnya dengan lalu lintasnya yang semakin tertib membuat warga semakin merasa nyaman.

Perubahan ini berkat kerja keras yang dilakukan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan. Seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun drainase. Sedanglan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) bekerja keras melakukan pembersihan dan pembenahan setiap sudut kota.

Kemudian Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Medan tak pernah henti berupaya mengurai kemacetan lalu lintas melalui rekayasa manajemen lalu lintas, serta penertiban terminal liar, parkir berlapis.

Tak ketinggalan Satpol PP Kota kian gencar melakukan penertiban pedagang kaki lima maupun papan reklame bermasalah yang dilakukan siang maupun malam hari tanpa kenal lelah sedikit pun. Kerja keras dan sinergitas yang dilakukan OPD tersebut mulai dirasakan warga Kota Medan.

Seperti yang terlihat di Jalan R.A Kartini, Cik Ditiro, Gajah Mada dan KH Wahid Hasyim suasananya kini semakin tenang, bersih, nyaman, asri serta jalan yang baik dan mulus. Kondisi sama juga ditemui di Jalan Sei Batang Hari dan Jalan Sunggal. Kedua jalan semakin bagus dan mulus sehingga warga pun merasa tenang dan nyaman saat melintasinya.

Menurut Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, kondisi jalanan kota Medan kini semakin baik. Dikatakannya, perubahan positif itu terjadi berkat kerja keras yang terus dilakukan guna memberikan pelayanan terbik kepada masyarakat. Di samping itu OPD terkait juga cepat menindaklanjuti  keluhan warga.

 “Kota Medan semakin berbenah. Salah satu yang menjadi bukti nyata kinerja Pemko Medan adalah dengan melakukan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun drainase di sejumlah ruas jalan di Kota Medan. Kemudian didukung dengan kerja keras DKP, Dishub dan Satpol PP,”  kata Wakil Wali Kota di Balai Kota Medan, Kamis (24/1/2019).

 Namun untuk mewujudkan semua itu lanjut Wakil Wali Kota, jelas ada aturan dan prosedur yang berlaku untuk diikuti dan ditindaklanjuti. Segala aduan dan keluhan warga pasti akan di terima oleh Pemko Medan. Tapi tidak hanya itu, Pemko Medan juga mengharapkan masukan, dukungan dan kerjasama dari masyarakat kota Medan untuk sama-sama menjaga kondisi Medan agar tetap bersih dan nyaman. (lamru)
 

Continue Reading

Politik

Jangga Siregar SH Usulkan Pemko Medan Rekrut Relawan Narkoba

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Partai Hanura Jangga Siregar, SH mengusulkan Pemko Medan supaya merekrut relawan narkoba disetiap lingkungan kota Medan. Jumlah relawan narkoba yang diangkat idealnya 10 orang relawan di setiap lingkungan yang bertugas mengawasi ancaman narkoba.

“Kita harapkan Pemko segera melakukan perekrutan relawan narkoba. Mereka yang telah direkrut nantinya mendapat honor dari Pemko Medan. Tugas mereka membantu aparat Kepolisian memberantas narkoba,” ujar Jangga Siregar SH saat menggelar sosialisasi I Tahun 2019 Perda No 1/2012 Pemko Medan tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Jl Aluminium IV Gg Tawon Lingkungan 22, Kel Tanjung Mulia, Kec Medan Deli, Kota Medan, Kamis sore (24/1/2019). Hadir mewakili Camat Medan Deli Juliati, ratusan warga dan konstituen.

Menurut Jangga Siregar penyakit HIV/AIDS banyak menular dari pengguna narkoba. Untuk itu, salah satu pengawasan penyakit berbahaya itu mengawasi pergaulan bebas karena penggunaan narkoba.

“Saya harapkan masyarakat ikut membantu Polisi memberantas narkoba. Masyarakat harus berkontribusi mengawasi ancaman narkoba. Jika ada pemakai narkoba dan maksiat di sekitar kita, mari kita peduli dan laporkan ke pihak berwajib agar ditertibkan,” ujar Jangga Siregar selaku politisi Hanura itu.

Ditambahkan Jangga Siregar SH yang juga sebagai Caleg DPRD Medan 2019-2024 Partai Hanura No Urut 8 dapil II meliputi (Medan Deli, Medan Belawan, Medan Marelan dan Medan Labuhan), Pemko Medan harus serius menyikapi bahaya narkoba di kota Medan.

Apalagi kata Jangga Siregar, Pemko Medan sudah memiliki payung hukum melakukan pengawasan. Untuk itu, Pemko didesak harus serius menegakkan Perda No 1/2012.

Dalam hal itu, Jangga Siregar selaku anggota dewan sudah berkomitmen bersama Pemko Medan melakukan penertiban dan pengawasan terhadap tempat hiburan yang beruba fungsi menjadi tempat maksiat.

“Sama halnya dengan tempat hiburan yang melanggar aturan seperti pelanggaran jam operasional supaya ditindak. Kita berharapkan juga, pelaku usaha ikut sadar mengikuti ketentuan yang berlaku,” tegas Jangga.

Sebagaimana diketahui, Perda yang disosialisai yakni Perda No 1 Tahun 2012 Kota Medan tentang Pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS terdiri XII BAB dan 36 Pasal.

Dalam Perda sudah diatur terkait sanksi pidana dan denda bagi yang melanggar Perda. Seperti di Pasal 12, 15 dan 31disebutkan bagi yang melanggar ketentuan diancam pidana kurungan paling lama 6 bulan dan denda Rp 50 juta. Perda ini ditetapkan 5 Januari 2012. (lamru).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com