Connect with us

Olahraga

Timnas Indonesia Asah Taktik Bola Mati Sebelum ke Singapura

Published

on

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah, mengontrol bola saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018 (bola.com)

Geosiar.com, Cikarang – Timnas Indonesia melakukan latihan terakhir pada pemusatan latihan di Cikarang pada Selasa (6/11/2018) pagi ini. Bima Sakti, pelatih Timnas memberikan menu latihan dengan fokus mengasah set-piece atau taktik bola mati.

Timnas Indonesia akan bertandang ke Singapura pada Selasa sore. Untuk itu, Bima Sakti manfaatkan Selasa pagi untuk menggelar sesi latihan terakhir di Stadion Wibawa Mukti.

Para pemain dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok berlatih setpiece sedangkan kelompok yang lain melakukan rondo sebelum bergantian menu latihan. Dalam sesi latihan set-piece, Bima memberikan beberapa strategi sepak pojok dan tendangan bebas baik saat menyerang maupun bertahan.

“Kami melatih bagaimana pengambilan set-piece, baik itu tendangan pojok maupun tendangan bebas. Situasi saat menyerang maupun bertahan. Tujuannya agar semua pemain mengerti posisinya saat ada situasi seperti itu. Kami sudah menentukan tanggung jawabnya masing-masing,” ujar Bima Sakti setelah sesi latihan.

Bima Sakti mengatakan set-piece adalah satu dari lima bagian penting dalam strategi sepak bola. Pengalaman beberapa kali kecolongan oleh lawan lewat set-piece juga menjadi pembelajaran bagi pelatih Timnas Indonesia itu.

“Tren sepak bola saat ini ada lima momen, yaitu bertahan, menyerang, transisi menyerang ke bertahan, transisi bertahan ke menyerang, dan yang terakhir adalah set-piece. Hal ini penting dan menjadi pembelajaran kami, Ketika kami mendapat set-piece, harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Kalau bertahan kami harus fokus sebaik mungkin karena cukup sering kecolongan lewat set-piece,” tambahnya.

Tampak tidak banyak pemain yang bisa menghasilkan shot on target dalam latihan tendangan bebas, yaitu Bayu Pradana, Bagas Adi Nugroho, Evan Dimas, dan Septian David Maulana. Bima memaklumi jika masih ada kekurangan karena memang butuh intensitas lebih banyak agar pemain bisa menemukan akurasi yang tepat.

Bima mengungkapkan memang seharusnya latihan ini tidak hanya satu kali diadakan, harus berulang. Setidaknya satu pemain harus 20 kali melakukannya setiap hari sehingga menjadi otomatis dalam pertandingan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Kehadiran Ronaldo Disebut Bikin Dybala Menderita

Published

on

Paulo Dybala

Geosiar.com, Olahraga – Rumor hengkangnya Paulo Dybala dari Juventus terdengar semakin kencang sejak pertengahan musim ini. Kabarnya, kehadiran Cristiano Ronaldo di klub Si Nyonya Tua disebut-sebut sebagai alasan rumor beredar.

Legenda Juventus, Marco Tardelli membenarkan rumor tersebut. Dia mengatakan bahwa Paulo Dybala menderita karena kehadiran CR7.

“Saya pikir beberapa pemain menjadi tak maksimal dengan kehadiran Ronaldo. Secara tak sadar mereka menderita, Dybala adalah satu di antaranya,” kata mantan gelandang Juventus itu.

Tardelli pun menyarankan agar klub asuhan Massimiliano Allgeri itu segera memperbaiki manajemen dan pola permainan skuatnya.

“Juventus perlu memperbaiki manajemen skuat mereka. Ronaldo mungkin bermain terlalu banyak musim ini, tetapi dia adalah pembawa mental tim,” terang Tardelli.

Kehadiran Ronaldo tampaknya memang membuat permainan Dybala menjadi tak kelihatan. Di lapangan, Dybala menjadi semakin bermain ke belakang dan sering hanya jadi pemain cadangan.

Lebih lanjut, santer terdengar hubungan antara Allgeri dan Dybala juga tak sebaik sebelumnya.

Dalam wawancara dengan Corriere della Serra, penyerang Juventus itu mengatakan, “Menemukan keseimbangan itu sulit. Di dalam sepak bola, suatu hari anda yang terbaik setelah itu anda tak berharga apa-apa,” kata Dybala.

Kalimat Dybala itu disoroti oleh media Italia seperti Calciomercato dengan artian ‘habis manis sepah dibuang’ dan merupakan suatu tanda hubungan Dybala dengan Allegri saat ini.

Continue Reading

Olahraga

Negosiasi Lanjutan, Real Madrid Semakin Dekat Dapatkan Pogba

Published

on

Paul Pogba

Geosiar.com, Olahraga – Real Madrid semakin gencar untuk mendapatkan gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Sebelumnya diberitakan, negosiasi transfer antara Real Madrid dengan Pogba terhambat karena tingginya permintaan gaji yang diajukan gelandang timnas Prancis itu.

Namun, dilansir dari Bolasport.com, Klub La Liga tersebut ternyata diam-diam sudah melakukan negosiasi lanjutan saat ini. Keduanya diberitakan sudah menyepakati harga transfer untuk Pogba.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane rumornya telah siap membeli Pogba seharga 150 juta euro (Rp 5,5 triliun).

Seperti diketahui, Zinedine Zidane sudah sangat lama mengincar Pogba, bahkan dia secara terang-terangan mengatakan hal tersebut ke publik.

Sedangkan Pogba yang saat ini bermain untuk setan merah memang berniat pindah lantaran klubnya itu terancam tidak masuk ke Liga Champions musim depan.

Continue Reading

Olahraga

Piala AFC 2019: Persija vs Ceres Negros

Published

on

Asisten Pelatih Persija Jakarta Mustaqim Saat Konfrensi Pers Jelang Pertandingan Persija Vs Ceres Negros Fc

Geosiar.com, Jakarta – Persija Jakarta akan menjamu Ceres Negros pada matchday keempat fase Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (23/4/2019).

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Venkov Kolev menyebut kualitas tim sepak bola asal Filipina tersebut layaknya seperti tim asal Eropa.

“Kami semua sudah tahu bahwa Ceres Negros itu bukan tim dari Filipina, melainkan Eropa karena semua pemain mereka dari Eropa,” ujar Kolev saat jumpa pers di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Sejauh ini, Ceres Negros memperoleh sembilan poin sehingga membuat raksasa Filipina tersebut memimpin klasemen sementara Grup G.

Pelatih Ceres Negros, Risto Vidakovic merasa tidak terlalu terbebani untuk bertanding melawan macan kemayoran meski akan bermain di kandang lawan lantaran telah memperoleh poin sempurna klasemen.

Menurutnya, justru Persija Jakarta yang akan tertekan karena dituntut harus bisa memenangkan pertandingan agar dapat lolos ke fase berikutnya.

Sementara, Persija memperoleh empat poin dan tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup G. Diperingkat kedua, ada Becamex Binh Duoang yang memperoleh tujuh poin.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com