Connect with us

Sumut

Perayaan Hari Pangan Sedunia di Keuskupan Agung Medan, Hendrik Sitompul: Lestarikan Pangan Lokal

Published

on

Perayaan Pesta Perak 25 Tahun Hari Pangan Sedunia di Gereja Katolik Gembala Yang Baik Pematang Siantar (Geosiar.com)

Geosiar.com, Deli Serdang – Anggota DPRD Kota Medan, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM menghadiri perayaan Pesta Perak 25 tahun Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diadakan oleh Keuskupan Agung Medan (KAM) di Gereja Katolik Paroki Gembala yang Baik, Jalan Pematang Siantar no 11 Lubukpakam, Minggu (21/10/2018).

Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut ini menyampaikan kata-kata sebagai bentuk apresiasinya untuk acara yang bertemakan “Keluarga Berbagi Pangan Dasar Kerukunan” ini.

Dalam penyampaiannya, Hendrik yang didampingi oleh sang istri Rospita Marpaung, mendukung acara ini karena kegiatan yang dihadiri oleh ribuan umat Katolik Keuskupan Agung Medan ini berjalan begitu meriah.

“Saya senang dapat kehormatan dan hadir ke acara yang begitu meriah ini, umat yang hadir begitu bersukacita dan sangat ramai,” ungkap alumni Lemhanas itu.

Hendrik yang juga adalah Calon Legislatif DPR-RI Dapil Sumut 1 ini berharap, melalui acara ini setiap umat dapat menghemat konsumsi makanan modern dan lebih memanfaatkan makanan tradisional agar setiap umat khususnya Katolik sehat selalu dan jauh dari penyakit.

Ketua Pesparani Sumut ini juga mengajak para umat untuk lebih melestarikan pertanian lokal, tanah beserta segala sumber kehidupan di Indonesia ini.

“Kita juga harus melestarikan pangan lokal, tanah yang  menjadi sumber makanan di Negara kita,” jelasnya.

Perayaan ini diawali dengan Misa pada pukul 09.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Mrg Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM Cap. Dalam kotbahnya, ia sampaikan selamat Pesta Perak Hari Pangan Sedunia dan berharap seluruh umat dapat mencintai produk/pangan lokal maupun tradional.

Setelah acara Misa, Uskup dan para imam memotong kue ulang tahun bersama-sama, melepaskan balon dan beberapa ekor burung merpati yang telah dipersiapan panitia.

Lebih lanjut, Uskup Anicetus Sinaga menyematkan ulos kepada beberapa tokoh yang berpartisipasi antara lain, Msn. Jhon Saklil, Pastor Markus Manurung OFM Cap, Pastor Mikael Manurung OFM Cap, Pastor Harold Harianja OFM Cap, Todo A Pasaribu serta istri, RD Alexius, Ibu Lis (Badan Pengurus PSE KWI), RD Sompang Tumanggor, RD Blasius. (tees)