Connect with us

Politik

Sistem Drainase Buruk, Parlaungan Simangunsong Prihatin Banjir di Medan Denai

Published

on

Caleg Partai Demokrat Tinjau rumah warga banjir di Kec Medan Denai

Medan, Geosiar.com – Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong tinjau korban banjir di Jalan Pelajar Timur Kelurahan Binjai Kec Medan Denai, Kamis (11/10/2018). Parlaungan mengaku prihatin melihat rumah warga tergenang air akibat tidak berfungsinya saluran drainase.

Menurut salah satu korban banjir, Juara Simanjuntak SH menyampaikan keluhannya kepada Ir Parlaungan Simangunsong Caleg Partai Demokrat untuk DPRD Sumut dan Dodi Robert Simangunsong SH Caleg DPRD Medan saat tiba di Gang Mestika Kelurahan Binjai Medan Denai. Warga mengaku kerap kebanjiran setiap turun hujan.

Selanjutnya, untuk mencari solusi atas permasalahan banjir di wilayah itu, Parlaungan Simangunsong menghubungi Kepala UPT IV Medan Kota Abidan, begitu juga Lurah Dartaswin dan Kepling Rahman agar hadir di lokasi.

Menurut warga, banjir selalu terjadi asal hujan turun. Namun yang terkahir pada Rabu selain hujan, banjir di Gang Mestika lebih banyak diakibatkan air dari daerah lain seperti Sulangsaling juga tumpah ke wilayah itu. Sementara saluran drainase di Gang Mestika tumpat tidak jelas alirannya kemana sehingga saat air masuk, maka warga kebanjiran.

Juara mengaku, sudah beberapa orang dihubunginya saat banjir melanda, hanya Parlaungan yang merespon keluhannya. Maka dirinya mengucapkan terima kasih kepada Simangunsong.

Lurah Binjai yang turun ke lokasi saat hujan itu kepada warga mengatakan, wilayah ini bentuknya seperti kuali makanya kalau hujan air menggenang di sini. Persoalan lainnya adalah drainase yang ada tidak bisa mengalirkan air ke parit besar dan ke sungai. Hal itu dikarenakan lokasi wilayah Gang Mestika ini lebih rendah dari tetangganya.

Sudah beberapa tempat yang dulunya tumpat, dibersihkan. Selain itu beberapa drainase yang tertutup sudah kembali dibuka secara manual. Harus ada riol besar dan ditembuskan jalan sepanjang 5 meter dari lokasi Gang Mestika ke Jalan Mangga dan terus ke Menteng Raya.

Menanggapi itu, Parlaungan mengajak Ka UPT IV untuk menelusuri lokasi itu untuk memastikan tindakan yang harus dilakukan agar bisa mengantisipasi banjir. “Pokoknya warga meminta kepada Dinas PU dicarikan solusi agar banjir tidak lagi terjadi di wilayah ini,” ujar Poltisi Partai Demokrat itu seraya menyatakan kasihan masyarakat kalau terus kena banjir.

Hal senada diungkapkan Dodi R Simangunsong, seharusnya pemerintah membuat drainase yang bisa mengalirkan air dari hulu ke hilir. Harus ada koneksi antar drainase, sehingga air tidak menumpuk di satu lokasi tertentu yang mengakibatkan air menjadi tergenang, ujarnya lagi.

Sementara itu, Ka UPT IV PU Medan Kota saat dikonfirmasi SIB di lokasi mengatakan, pihaknya akan mempelajari dulu kondisi lokasi dan drainase yang ada sehingga bisa bertindak tepat. Kondisi wilayah ini rendah, sedangkan di kiri dan kanannya lebih tinggi, sehingga air menumpuk di Gang Mestika, ujarnya. (lamru)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Dapat Sumbangan dari Ulama di Medan, Sandiaga Menangis

Published

on

(Detik.com)

Geosiar.com, Medan – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga mengakhiri kampanyenya di Sumatera Utara dengan menyambangi Kota Medan pada Rabu (12/12/2018). Di Medan, Sandiaga bersilaturahmi dan beramah-tamah dengan para ulama Kota Medan.

Dalam silaturahmi yang digelar di Jalan Menteng VII, Medan, Sumatera Utara itu, para ulama juga berdonasi untuk membantu dana kampanye Prabowo-Sandiaga. Uang sebesar Rp 2.000 hingga raturan ribu rupiah dikumpulkan dan disumbangkan para ulama untuk Sandiaga.

Sandiaga yang menyaksikan langsung para ulama bergotong-royong menyumbang untuk dana perjuangan itu pun menjadi terharu. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itupun tak segan mengeluarkan air matanya saat melihat Ustaz Heriansyah mendonasikan uang sebesar Rp 1.000.000 dan memasukkannya ke dalam kardus tempat pengumpulan uang.

“Jangan dilihat dari jumlah uangnya Bang Sandi, tapi kami juga akan memberikan doa dalam tiap sujud kami,” kata Heriansah kepada Sandiaga.

Mantan politikus Partai Gerindra itu juga mengapresiasi apa yang dilakukan para ulama Kota Medan yang telah mengumpulkan dana sebesar Rp 8.000.000 lebih.

“Selama perjalanan tiga hari di Sumatera Utara, saya selalu diberikan sumbangan dana kampanye. Dari Padangsidimpuan, Gunung Tua, Labuhan Batu, Kisaran. Mereka berharap ada perubahan, lapangan kerja dan harga-harga kebutuhan pokok yang stabil serta terjangkau. Padahal hidup mereka juga susah. Seperti yang dikatakan Barkhan dan Sadam Husen di Mandailing Natal. InsyaAllah tidak saya sia-siakan amanat ini,” ungkap Sandiaga dalam rasa harunya.

“Saya akan laporkan ke Badan Pemenangan Nasional (BPN) setiap rupiah yang disumbangkan kepada kami, tambah Sandi.

Sandi juga melontarkan rasa terima kasihnya. “Terima kasih. Semoga keikhlasan ini menbuat kami bekerja keras lagi untuk menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat Indonesia.”

Continue Reading

Politik

Barjab Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Published

on

Jokowi-Ma'ruf (Beritasatu.com)

Geosiar.com, Jakarta – Relawan pendukung pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin yang tergabung dalam Baraya Jokowi-Amin Kabupaten Bogor (Barjab) mengadakan deklarasi dukungan di area Stadion Pakansari, Cibinong.

Deklarasi itu dihadiri 13.000 relawan Kabupaten Bogor yang berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Dewan Penasihat Baraya Jokowi-Amin Kabupaten Bogor (Barjab), Bahlil Lahadalia mengaku akan berjuang memenangkan Jokowi untuk dua periode. Salah satu caranya melakukan kampanye melalui door to door ke semua desa sampai tingkatan rumah.

“Barjab adalah kerja-kerja untuk door to door ke semua rumah-rumah, desa-desa. Kita mencari simpati untuk bagaimana agar mereka bisa memilih Pak Jokowi sama Pak Ma’ruf Amin,” ungkap Bahlil, Rabu (12/12/2018).

Bahlil dalam orasinya memberikan semangat lewat yel-yel bersama pendukungnya.

“Jokowi-Amin!” teriak Bahlil

Alasan diselenggarakannya acara di Kabupaten Bogor, karena wilayah itu memiliki 3,7 juta suara atau 11 persen pemilih di Jawa Barat.

“Kalau memenangkan Kabupaten Bogor, Insya Allah Jokowi akan jadi presiden kedua kalinya,” tutur Bahlil.

Bahlil menilai Jokowi memiliki prestasi, beliau orang Islam yang taat, serta wajahnya merupakan wajah kampung sama dengan kita (rakyat). “Jadi, ada kesamaan banyak hal lah kita,” tuturnya.

Menyinggung kekalahan Jokowi di Kabupaten Bogor pada Pilpres 2014 lalu, Bahlil tidak merasa bahwa wilayah Bogor merupakan basis masa dari Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

“Kami gak pernah merasa bahwa Bogor itu adalah basisnya Pak Prabowo, sama-sama saja” tegas Bahlil.

Dalam acara itu, turut hadir pula calon Presiden Joko Widodo dan menemui ribuan pendukungnya. Walaupun hujan deras dan air yang mulai menggenangi kawasan Stadion Pakansari, namun tak mengurungkan niatan para pendukung. Mereka tetap padati tenda yang sebagian besar kursinya mulai basah akibat tetesan air hujan.

Jokowi mengaku ingin memastikan suara untuknya di Kabupaten Bogor ini bisa di atas 50 persen, karena pada pemilu presiden sebelumnya, ia di Kabupaten Bogor kalah suara dari Prabowo Subianto.

“Di tahun 2014, di Bogor hanya mendapat 35 persen. Tapi nggak apa-apa, itu yang lalu. Yang penting di 2019 kita buktikan bahwa angka itu akan kita balikan yaitu bisa di atas 50 persen,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Turut hadir juga dalam kesempatan itu ketua TKN Erick Thohir, Pramono Anung selaku Anggota Dewan Pengarah TKN, serta beberapa ulama yang turut ikut diatas panggung.

Continue Reading

Politik

Reses III 2018 Hamidah, Serap Keluhan Warga Terkait Buruknya Infrastruktur

Published

on

Medan, Geosiar.com – Warga Medan Timur dan Medan Perjuangan masih saja mengeluhkan buruknya infrastruktur jalan dan drainase. Warga minta DPRD Medan memfasilitasi percepatan perbaikan skala prioritas.

Keluhan dan harapan itu disampaikan warga Lina saat mengikuti reses III Tahun 2018 anggota DPRD Medan Hj Hamidah (Partai PPP) di Jalan Madio Santoso Kel Pulo Brayan Darat I Kecamatan Medan Timur, Selasa (11/12/2018). Keluhan jalan rusak dan banjir hampir mendominasi aspirasi yang disampaikan warga saat menghadiri reses. Reses tersebut dihadiri ratusan masyarakat, ibu ibu perwiritan dan para konstituen.

Kondisi jalan rusak seperti di Jl Madio Santoso Gg Perbatasan, Jalan Bilal Gang Rakyat, Jl Pasar III Gang Pribadi Kec Medan Timur. Jalan rusak dan berlobang sangat menggangu aktifitas warga dan sering terjadi korban lalu lintas.

Masih di tempat yang sama, parit/drainase sisi kiri-kanan badan jalan tidak berfungsi sebagai saluran air. Parit tumpat dipenuhi lumpur dan sampah sehingga tidak mampu menampung air hujan sehingga meluber masuk rumah warga. “Kondisi demikian sudah lama, kami selalu kebanjiran karena luapan air hujan tidak mengalir. Selalu tergenang dan masuk ke rumah,” keluh Lina.

Keluhan lain juga disampaikan warga Medan Timur dan Medan Perjuangan soal buruknya kualitas dan distribusi air PDAM Tirtanadi. Warga selalu kesulitan mendapatkan air bersih. “Distribusi air PDAM selalu macet bahkan sampai menetes. Pada hal, air merupakan kebutuhan utama. Kami berharap ada solusi dari Pemerintah,” harap warga.

Menyikapi keluhan warga, Ketua Fraksi DPRD Medan Hj Hamidah mendesak Pemko Medan melalui Dinas PU Medan supaya segera merespon keluhan warga soal jalan rusak dan parit tumpat.

“Jalan berlobang kiranya dapat diperbaiki dari sumber dana swakelola sebelum ada aspal hotmix. Begitu juga dengan drainase kiranya dapat dinormalisasi,” harap Hamidah yang juga Caleg DPRD Medan 2019-2024 dari dapil yang sama yakni Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung.

Menyikapi keluhan warga soal kekurangan kebutuhan distribusi air bersih. Hamidah menyarankan Pemko Medan dapat mencari solusi seperti pembuatan sumur bor. “Pengadaan sumur bor dapat dibangun seperti ditempat lain untuk kebutuhan warga sehari hari,” harap Hamidah.

Pada kesempatan itu, H Hamidah mengatakan, aspiras dan keluhan warga akan disampaikan resmi ke Pemko Medan lewat rapat paripurna dewan. Hamida mengaku akan menindaklanjutinya agar segera terealisasi. (lamru)

Continue Reading

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com