Connect with us

Lifestyle

Seberapa Penting Gunakan Obat Kumur Usai Sikat Gigi?

Published

on

Ilustrasi Obat Kumur

Geosiar.com, Lifestyle – Sebenarnya apakah setelah kita menyikat gigi masih perlu menggunakan mouthwash? Obat kumur menjadi salah satu pembersih mulut, namun tidak bisa menggantikan rutinitas higienitas mulut seperti menyikat gigi atau menggunakan benang gigi. Fungsi mouthwash lebih kepada penyegar nafas.

Beberapa obat kumur, terutama yang menggunakan pembersih flouride, juga bisa melindungi gigi dari asam yang diproduksi ketika terkena bakteri plak. Sehingga, ketika kamu mengalami masalah gusi atau infeksi jamur mulut, dokter gigi pasti akan menyarankanmu menggunakan obat kumur.

Beberapa obat kumur juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang karena kandungan flouride dan lainnya mengandung bahan pembunuh kuman sehingga terbentuknya plak gigi bisa dicegah. Namun, kebanyakan mouthwash mengandung alkohol sehingga dapat menimbulkan masalah ketika tertelan. Meski begitu, ada pula mouthwash yang tak mengandung alkohol untuk mereka yang memiliki gusi sensitif.

Obat kumur alami mengandung bahan seperti lidah buaya atau kamomil. Jika kamu memastikan rutinitas pembersihan gigimu sudah cukup baik, maka obat kumur tidak terlalu perlu. Sebab obat kumur cenderung hanya efektif untuk membersihkan permukaan gigi.

Ketika bakteri atau plak sudah ada pada gigi, mouthwash tak memiliki fungsi apapun untuk menghilangkannya kecuali membuat nafas lebih segar. Meski begitu, jika kamu ingin tetap menggunakannya, pilihlah produk yang mengandung bahan antibakterial sehingga bisa memerangi plak.

Bagi beberapa orang, mouthwash menjadi bagian dari rutinitas menjaga kesehatan mulut. Beberapa manfaat lainnya antara lain:

  • Produk yang mengandung flouride akan memberikan perlindungan lebih untuk mencegah lubang gigi dengan memperkuat lapisan email.
  • Menjaga gusi tetap sehat karena membersihkan bakteri yang menempel pada gusi.
  • Membersihkan noda-noda pada gigi dan membuat gigi tetap putih bersih.
  • Meningkatkan percaya diri karena mouthwash mampu menyegarkan nafas.
  • Menggunakan mouthwash non-alkohol juga bisa menyembuhkan rasa sakit akibat sariawan dengan memberantas bakteri penyebab inflamasi.

Pendapat yang kontra Meski memiliki banyak manfaat, ada beberapa risiko ketika menggunakan mouthwash:

  • Mouthwash yang mengandung alkohol bisa menyebabkan iritasi pada rongga mulut karena mengandung antibakterial yang kuat.
  • Ada efek buruk yang mungkin terjadi jika kita tak sengaja menelan obat kumur karena kandungan alkohol yang tinggi. Itulah mengapa anak-anak di bawah umur dianjurkan tidak menggunakannya.
  • Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol bisa membuat mulut menjadi sangat kering sehingga memicu sensitivitas gigi terhadap lubang dan bau mulut. (Ut)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

4 Tips Atasi Rasa Galau, Jangan Malu Menangis

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Apakah Anda pernah galau karena sesuatu yang tak pasti atau bahkan sedang terkena musibah yang menjengkelkan? Jangan terus dipikirkan. Galau berkepanjangan tak baik buat kesehatan. Buat yang masih galau, berikut empat tips ampuh untuk menyingkirkannya:

1. Tidur
Aktivitas yang satu ini bisa bikin suasana hati kembali seperti semula dan setidaknya akan membantu otak berpikir ke titik awal di mana Anda sedang tidak mengalami masalah apa-apa. Selain itu, tidur dapat membantu hati dan emosi lebih rileks dalam menghadapi persoalan. Jika kurang tidur saat masalah datang, bisa jadi kontrol emosi tidak stabil dan dapat memicu depresi.

2. Makan
Terkadang makan saat sedang emosi sedang tidak stabil akan mengakibatkan masalah pada berat badan. Namun, jangan khawatir, cara makan yang satu ini terjamin. Cukup makan satu kali suapan saat suasana hati buruk.

Mengonsumsi makanan asin, asam, pedas, manis, dingin, dan panas bisa membantu mengurangi emosi buruk. Tapi ingat aturan makan. Sebagai contoh, konsumsilah makanan yang diinginkan, tapi cuma satu suap saja.

Jika masih saja galau, berikan jeda selama 4 jam barulah makan satu suap lagi. Sebenarnya,hal itu bermaksud untuk mengalihkan fokus galau ke hal lain, jadi di waktu yang sama Anda dapat mengatasi diri dari stres sekaligus tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

3. Olahraga
Olahraga cukup dengan gerakan kecil yang cukup untuk memecahkan fokus galau. Berlari di tempat dan melakukan sedikit gerakan bela diri, seperti meninju-ninju udara atau loncat-loncat seperti petinju.

Gerakan kecil seperti itu bisa bikin adrenalin ginjal bekerja dan memacu jantung untuk memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Aliran oksigen membuat tubuh lebih segar dan emosi pun bisa terkontrol menjadi lebih baik.

4. Menangis
Menangis merupakan salah satu cara jitu menghilangkan galau. Pada saat menangis lakukan sesuatu yang jarang dilakukan sehari-hari. Contoh, jika Anda jarang masak, coba saat menangis langsung memasak.

Ketika menangis dan melakukan aktivitas, hal tersebut akan membantu mengurangi fokus galau. Fokus galau itu akan terpecah oleh aktivitas asik dan aneh yang jarang Anda lakukan.

Continue Reading

Lifestyle

Hindari Ini Jika Anda Pemilik Kulit Kering

Published

on

Ilustrasi (plukme.com)

Geosiar.com, Lifestyle – Setiap orang pasti menginginkan memililki wajah yang lembab atau tidak kering. Karena jika memiliki kulit kering, harus lakukan perawatan lebih ekstra agar tetap lembab. Karena jika tidak, dapat menyebabkan munculnya permasalahan kulit yang lain, contohnya wajah kusam, penuaan dini dan pengelupasan kulit.

Kulit kering biasanya sangat sensitif pada saat mencuci wajah jika terlalu sering dan eksfoliasi berlebihan. Akan tetapi jika dibiarkan, akan membuat kotoran dan polusi menempel dalam kulit dan menumpuk. Sehingga wajah tampak lebih tua.

Produk kecantikkan juga dapat mengurangi alami kulit yang menyebabkan kulit semakin kering.
Berikut 3 hal perawatan kulit yang harus dihentikan jika mempunyai masalah kulit kering, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (29/10/2018).

1. Mencuci wajah dengan air hangat

Mencuci wajah dengan air hangat memang memberikan efek rileksasi sehingga membuat nyaman dan segar. Air hangat juga dapat membuka pori-pori kulit dan membuat kulit lebih bersih.

Beda halnya dengan pemilik kulit kering. Air hangat malah mengikis minyak alami pada kulit, sehingga bertambah kering. Lebih baik gunakan air dengan suhu ruangan atau normal sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya.

2. Eksfoliasi yang berlebihan

Eksfoliasi memang memberikan manfaat yang baik pada wajah, seperti mengangkat kulit mati sehingga terlihat lebih cerah. Namun, bagi pemilik kulit kering, eksfoliasi yang berlebihan dapat membuat kulit semakin kering.

Pemilik kulit yang kering disarankan untuk melakukan eksfoliasi hanya satu kali dalam seminggu agar kulit beregenerasi dengan sempurna.

3. Menggunakan toner

Toner dapat mengontrol minyak dan mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah. Toner juga membantu membuat kulit lebih lembut.

Akan tetapi, tidak bagi pemilik kulit kering. Karena toner mengandung alkohol, dapat membuat kulit semakin kering. Jika tetap ingin menggunakannya, Anda bisa memilih toner dengan bahan alami yang dibuat sendiri di rumah.

 

Continue Reading

Lifestyle

Berikut 3 Alasan Perempuan Tidak Boleh Begadang

Published

on

Ilustrasi (suara.com)

Geosiar.com, Lifestyle – Berdasarkan data yang terkumpul, perempuan memiliki masalah tidur dua kali lipat lebih banyak daripada pria, benarkah?

Dari semua aktivitas, perempuan memang memiliki lebih banyak masalah tidur, dibandingkan kaum pria.

Faktanya, ternyata perempuan tidak boleh sering begadang. Dilansir dari huffingtonpost.com, Kamis (18/10/2018), berikut ini merupakan alasan mengapa kaum perempuan tidak boleh mengabaikan tidur atau tidak boleh begadang.

1. Perempuan membutuhkan lebih banyak waktu tidur dibandingkan pria

Menurut fakta ilmiah, kaum perempuan memang membutuhkan lebih banyak waktu tidur dibandingkan pria. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa otak perempuan digunakan lebih dari para pria.

Semakin banyak otak digunakan, semakin banyak tidur yang dibutuhkan. Penelitian lain menunjukkan bahwa efek negatif dari kekurangan tidur lebih terasa pada perempuan daripada pria, baik secara fisik maupun mental.

2. Perempuan kurang tidur untuk bekerja lebih keras

Tidak bisa dibohongi bahwa saat ini masih banyak perempuan yang bekerja keras hanya agar bisa mendapatkan pendapatan setara dengan para pria, benar? Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kaum perempuan masih sering begadang atau kurang tidur.

3. Penampilan berubah

Kurangnya waktu dan kualitas tidur yang baik juga bisa berdampak langsung pada penampilan perempuan. Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris, garis-garis halus dan kerutan bisa meningkat sebesar 45% pada perempuan yang kurang tidur.

4. Ada hubungan antara kurang tidur dan kesehatan mental

Setiap orang yang memiliki waktu tidur yang kurang dapat mengalami perubahan drastis pada suasana hati, seperti lebih cepat marah, stres, perasaan tidak tenang, dan sedih. Studi juga menemukan bahwa orang yang memiliki masalah tidur 10 kali lebih mungkin merasa depresi dan 17 kali lebih mudah cemas.

5. Lebih banyak tidur sama dengan lebih banyak seks

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Michigan menunjukkan bahwa lebih banyak tidur pada kaum perempuan sama dengan lebih banyak seks. Studi ini menunjukkan bahwa jam tidur tambahan meningkatkan 14% kemungkinan beberapa jenis aktivitas jenis seksual dengan pasangan.

Continue Reading
Advertisement

Trending