Connect with us

Nasional

Kemsos Gelar Bibliobattle Goes to Balai

Published

on

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras perarakan menuju balai rehabilitas

Jakarta,Geosiar.com –  Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam acara Bibliobattle Goes to Balai. Acara ini berlangsung di Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza (BRSKPN), Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu (26/9/2018).

Dalam acara ini Mensos melakukan kegiatan berdongeng di hadapan anak-anak dan remaja Penerima Manfaat yang ada di ke-tiga Balai Rehabilitasi Sosial tersebut.

Kegiatan Bibliobattle ini sudah selenggarakan sebanyak dua kali yaitu pada 2016 dan 2017 yang diikuti pegawai di Kantor Pusat Kementerian Sosial, Jakarta.

Menteri Sosial Menunjukkan Kartu Rehabilitas untuk para remaja

Acara ini di selenggarakan oleh Biro Humas Kemensos RI bekerjasama dengan 3 UPT Ditjen Rehabilitasi Sosial yang ada di wilayah Bambu Apus Jakarta, yaitu BRSKP Napza Bambu Apus, BRSAMPK Handayani dan BRSPDS Rungu Wicara Melati dan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Selain sebagai tempat diselenggarakannya Bibliobattle Goes to Balai, ketiga Balai tersebut juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan peserta yaitu dari BRSPDSRW Melati (Dyah Isti Barokah dan Muchammad Imam), BRSAMPK Handayani (Rizki Fadilah dan Davied Oktaviano Lempong) serta dari BRSKP Napza Bambu Apus (Jessica Welan dan Rama Maryana).

Sekilas mengenai Bibiobattle, Bibliobattle adalah permainan mereview buku yang dikembangkan oleh Graduate School of Informatics di Universitas Kyoto di Jepang. Permainan ini booming di Jepang sekitar tahun 2013 dan sudah menyebar di seluruh dunia. Orang yang menyajikan buku dalam bibliobattle disebut bibliobattler atau presenter buku.

Bibliobattle merupakan kompetisi mereview buku yang telah dibaca dalam waktu terbatas. Review buku disampaikan secara lisan tentang isi buku yang paling menarik supaya audiens juga berkeinginan mengetahui isi lengkap buku yang dimaksud.

Bibliobattle mempunyai Motto yaitu : _”Know People through Books, Know Book Through People”_ (Mengenal orang melalui buku, mengenal buku melalui orang).

Kegiatan bibliobattle ini melibatkan beberapa peserta dan kepada pemenang biasanya mendapatkan hadiah sebagai stimulus. Diharapkan dari kegiatan bibliobattle ini, penerima manfaat mau meluangkan waktunya untuk ke perpustakaan dan membaca buku.

Dalam kegiatan ini, turut hadir juga Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras. (Ut)