Connect with us

Nasional

Kemsos Gelar Bibliobattle Goes to Balai

Published

on

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras perarakan menuju balai rehabilitas

Jakarta,Geosiar.com –  Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam acara Bibliobattle Goes to Balai. Acara ini berlangsung di Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza (BRSKPN), Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu (26/9/2018).

Dalam acara ini Mensos melakukan kegiatan berdongeng di hadapan anak-anak dan remaja Penerima Manfaat yang ada di ke-tiga Balai Rehabilitasi Sosial tersebut.

Kegiatan Bibliobattle ini sudah selenggarakan sebanyak dua kali yaitu pada 2016 dan 2017 yang diikuti pegawai di Kantor Pusat Kementerian Sosial, Jakarta.

Menteri Sosial Menunjukkan Kartu Rehabilitas untuk para remaja

Acara ini di selenggarakan oleh Biro Humas Kemensos RI bekerjasama dengan 3 UPT Ditjen Rehabilitasi Sosial yang ada di wilayah Bambu Apus Jakarta, yaitu BRSKP Napza Bambu Apus, BRSAMPK Handayani dan BRSPDS Rungu Wicara Melati dan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Selain sebagai tempat diselenggarakannya Bibliobattle Goes to Balai, ketiga Balai tersebut juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan peserta yaitu dari BRSPDSRW Melati (Dyah Isti Barokah dan Muchammad Imam), BRSAMPK Handayani (Rizki Fadilah dan Davied Oktaviano Lempong) serta dari BRSKP Napza Bambu Apus (Jessica Welan dan Rama Maryana).

Sekilas mengenai Bibiobattle, Bibliobattle adalah permainan mereview buku yang dikembangkan oleh Graduate School of Informatics di Universitas Kyoto di Jepang. Permainan ini booming di Jepang sekitar tahun 2013 dan sudah menyebar di seluruh dunia. Orang yang menyajikan buku dalam bibliobattle disebut bibliobattler atau presenter buku.

Bibliobattle merupakan kompetisi mereview buku yang telah dibaca dalam waktu terbatas. Review buku disampaikan secara lisan tentang isi buku yang paling menarik supaya audiens juga berkeinginan mengetahui isi lengkap buku yang dimaksud.

Bibliobattle mempunyai Motto yaitu : _”Know People through Books, Know Book Through People”_ (Mengenal orang melalui buku, mengenal buku melalui orang).

Kegiatan bibliobattle ini melibatkan beberapa peserta dan kepada pemenang biasanya mendapatkan hadiah sebagai stimulus. Diharapkan dari kegiatan bibliobattle ini, penerima manfaat mau meluangkan waktunya untuk ke perpustakaan dan membaca buku.

Dalam kegiatan ini, turut hadir juga Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras. (Ut)

Nasional

Wapres Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Published

on

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah), saat sampai di makam Sunan Gunung Jati Cirebon pada Jumat (22/11/2019) (Antara)

Geosiar.com, Jakarta -Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin berziarah ke makam Sunan Gunung Jati saat kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat (22/11/2019).

Wapres Ma’ruf datang ke makam Sunan Gunung Jati sekira pukul 10.05 WIB dan disambut langsung oleh Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan beberapa pejabat lainnya.

Wapres sendiri langsung masuk ke makam Sunan Gunung Jati untuk berziarah dan berdoa di sana.

Wapres Ma’ruf juga dijadwalkan bakal membuka Festival Tajug 2019 yang diadakan di halaman Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon.

Festival Tajug ini digelar untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya pada acara pertama juga dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin yang saat itu masih sebagai Cawapres.

Festival Tajug 2019 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 22-24 November 2019 dan juga merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Santri Nasional.

Wapres Ma’ruf sendiri dijadwalkan akan membuka acara Festival Tajug 2019 usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Komplek Keraton Kasepuhan.

Continue Reading

Nasional

Kejagung Tolak Peserta CPNS LGBT

Published

on

Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: dokumen JPNN.Com)

Geosiar.com, Jakarta – Kejaksaan Agung mencantumkan syarat khusus bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang ingin berkarier menjadi penegak hukum.

Dikutip dari laman rekrutmen.kejaksaan.go.id, tertulis pelamar tidak buta warna, baik parsial maupun total; tidak cacat fisik; dan tidak cacat mental, termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender) atau LGBT.

Terkait persyaratan itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Mukri menjelaskan bahwa pihaknya tidak ingin berurusan dengan pelamar LGBT.

“Artinya kita kan pengen yang normal-normal lah, wajar-wajar saja,” ujar Mukri di Gedung Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Mukri menilai LGBT merupakan fenomena yang masih menjadi polemik di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Kejaksaan Agung memilih untuk membatasi dari fenomena yang dinilai kontroversial seperti itu.

“Kita tidak mau yang aneh-aneh, supaya mengarahkan, supaya tidak ada yang ya gitu lah,” lanjutnya.

Dia pun tidak mau ambil pusing dengan kritikan berbagai pihak yang menyebut syarat tersebut bentuk dari diskriminatif terhadap warga negara.

“Saya no comment lah untuk itu ya,” tukas Mukri.

Kritikan terhadap syarat ini pertama kali diungkapkan oleh Ombudsman. Kebijakan itu dinilai mendiskriminasi pelamar CPNS 2019. Larangan bagi pelamar LGBT mengikuti CPNS 2019 diterapkan di Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kejagung.

Continue Reading

Nasional

Usul Masa Jabatan Presiden Tiga Periode, Ini Kata Nasdem

Published

on

Presiden Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Partai NasDem menolak usul terkait perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal dua periode menjadi tiga periode. Usulan tersebut masuk dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Cukup dua periode dengan lima tahun per periode. Gak perlu diotak-atik lagi,” kata Ketua DPP NasDem, Achmad Effendy Choirie, pada Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, periode lima tahun itu juga telah melalui berbagai pertimbangan dan komparasi dari berbagai negara di dunia yang menganut sistem demokrasi. “Pilihan ini jalan tengah. Sekali lagi, tidak perlu diotak-atik lagi.”

Sementara Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani menyatakan, ada usul perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal 2 periode menjadi 3 periode, dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Itu kan baru sebuah wacana ya. Ada juga wacana yang lain,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Arsul mengungkapkan, ada juga usulan masa jabatan presiden diubah menjadi 1×8 tahun. Alasannya, masa jabatan yang lebih lama itu akan membuat presiden-wakil presiden mampu mengeksekusi programnya dengan lebih baik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP itu mengungkapkan bahwa MPR masih menghimpun pelbagai masukan mengenai masa jabatan presiden ini. Maka segala usulan tidak usah disikapi berlebihan.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com