Connect with us

Pilpres 2019

Pemilu 2019, Menko Polhukam: Pemerintah Akan Pantau Pergerakan Medsos

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Selama tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berlangsung, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Wiranto menyampaikan pemerintah akan melakukan pemantauan di Media Sosial (Medsos).

Dia menilai media sosial menjadi salah satu wadah yang krusial untuk membangung opini. Selain itu, kata dia, perkembangan dunia maya dewasa ini sudah sangat maju dalam penggunaannya.

“Bagaimana kegiatan medsos karena perkembangannya pesat,” ujar Wiranto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Menurut mantan Panglima ABRI itu, penggunaan medsos kini kadang disalahgunakan sebagai wadah untuk menyebarkan berita bohong atau Hoax. Bahkan, sambung Wiranto, dunia maya juga dijadikan segelintir oknum untuk melakukan black campaign.

“Sampai medsos itu justru dijadikan ajang kampanye negatif, hoax hatespeech, fitnah,” tutur Wiranto.

Dengan adanya kordinasi dan sinergi antar pemangku kepentingan, Wiranto menyampaikan ingin menghindari kerawanan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kritisi satu dengan lain dengan tidak cara senonoh itukan masih terjadi kalau itu bisa kami hindari apalagi kami kurangi kerawanan pemilu yang kita laksanakan,” kata Wiranto. (yl)