Connect with us

Dunia

Puluhan Warga Hilang dan 8 Orang Tewas, Gempa 6,6 SR Guncangkan Jepang

Published

on

Gempa Jepang Mengakibatkan Longsor

Geosiar.com, Dunia — Gempa bumi terjadi kembali. Kali ini gempa terjadi di negeri sakura, Jepang. Badan Meteorologi Jepang mengatakan episentrum gempa itu, yang menghantam pada kedalaman 40 kilometer, terletak di timur kota Tomakomai, Kamis (6/9/2018) dini hari.

Sedikitnya tujuh orang kini dipastikan tewas akibat gempa kuat 6,7 SR yang menghantam pulau Hokkaido utara di Jepang,

Bencana itu memicu tanah longsor besar-besaran yang mengubur ratusan rumah dan mengalirkan lumpur melalui jalan-jalan desa.

Aliran listrik terputus ke hampir semua rumah di pulau itu, yang jumlahnya sekitar 3 juta. Sistem kereta di pulau itu dan bandara utamanya, Bandara Chitose Baru, telah ditutup.

Lembaga siaran pemerintah NHK mengatakan 140 orang terluka dan hampir 40 orang diyakini hilang dalam bencana itu.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan sekitar 25.000 pasukan bela diri dikirim ke Hokkaido, dan beberapa ribu lagi drencanakan akan bergabung untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan.

Pada Maret 2011, gempa bumi dan tsunami menghantam kawasan timur laut Jepang, mengakibatkan kerusakan PLTN Dai-ichi di Fukushima. (Ut)

  • Tim penyelamat membantu mengevakuasi dan mencari korban usai terjadinya tanah longsor akibat gempa bumi di kota atsuma. diketahui, akibat gempa tersebut merenggut sedikitnya 8 korban jiwa

  • orang-orang melihat area yang rusak akibat gempa bumi di Sapporo di pulau utara Jepang, Hokkaido (6/9/18). gempa besar ini terjadi usai Jepang dilanda Topan Jebi, topan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir.

  • foto udara yang memperlihatkan sejumlah rumah tertimbun tanah longsor usai terjadinya gempa bumi di ktoa atsuma. gempa berkekuatan 6,7 SR tersebut membuat rumah-rumah hancur dan terjadinya longsor sehingga menyebabkan sekitar 40 orang dinyatakan hilang

  • anggota japan self-defense forces (JSDF) terlihat di dalam kantor kota abira yang rusak akibat gempa bumi. gempa tersebut juga melukai ratusan warga

  • langit-langit terminal dalam negeri yang rusak akibat gempa bumi di bandara new chitose di chitose hokkaido. sebanyak 6 dari 8 korban jiwa berasal dari desa atsuma, area yang diterjang longsor.