Connect with us

Kesehatan

Ibu Hamil Alami Keguguran Usai Konsumsi Makanan dari Kulkas

Published

on

Cerita Ibu yang Keguguran karena Slapped Cheek Syndrome (Haibunda.com)

Geosiar.com, Tiongkok – Seorang ibu hamil di Zheijiang, Tiongkok alami kecelakaan pada janinnya. Kandungannya yang masih lima bulan alami keguguran akibat makan buah yang disimpan dalam kulkas.

Dilansir dari China Press, ibu hamil berusia 20-an tahun ini kehilangan janinnya dengan tanda-tanda demam dan sakit kepala setelah konsumsi buah yang sudah terkontaminasi kulkas.

Awalnya, suhu tubuhnya 37,7 derajat Celsius. Lama kelamaan, suhu tubuhnya semakin tidak normal. Demam tinggi merasuki tubuhnya.

Ibu hamil ini langsung dilarikan ke rumah sakit oleh keluarganya. Namun dokter menyatakan terlambat, janinnya dalam kandungannya sudah tak bernyawa lagi menurut hasil USG.

“Ibu hamil itu terinfeksi Listeria monocytogenes. Ada daging mentah di kulkas dan itu menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Buah-buahan itu terkontaminasi dengan bakteri karena tidak disimpan secara terpisah dari daging mentah,” tutur Dokter Leong.

Listeria monocytogenes dapat bertahan hidup di dalam kulkas dan berkembang biak pada suhu yang rendah. Dokter juga mengatakan bahwa Listeria monocytogenes mampu bertahan hidup pada suhu ekstrem -20 derajat Celcius dalam waktu setahun.

Bakteri ini tidak berbahaya bagi orang dewasa yang kondisi tubuhnya sehat. Namun bisa berakibat fatal untuk ibu hamil, bayi baru lahir dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.