Connect with us

Daerah

PLN Beri Beasiswa Pendidikan untuk Siswa Pemanjat Tiang di NTT

Published

on

Siswa SMP di NTT Pemanjat Tiang Dapat Beasiswa PLN Sampai S1 (Detik.com)

Geosiar.com, NTT – Aksi heroik dilakukan seorang siswa bernama Yohanis Gama Marschal Lau (13) memanjat tiang yang cukup tinggi membenarkan tali demi Sang Merah Putih.

Video Yohanis yang sedang memanjat tiang bendera itu ramai tersebar di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp. Banyak yang memuji dengan aksi bocah asal Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT, ini.

Aksi itu juga dilirik dan diapresiasi pihak PLN karena jiwa nasionalis Yohanis, siswa SMP Negeri Silawan, NTT itu.

“Aksi Yohanis sangat nasionalis sekali. Kami salut dengan anak ini. Mulai saat ini Yohanis menjadi ‘Putra PLN’ dan akan mendapatkan beasiswa sampai dengan tingkat S1,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, dilansir Detik.com, Jumat (17/8/2019).

Pihak PLN akhirnya mendatangi kediaman siswa ini dan bertemu dengan kedua orangtuanya, Victorino Fahik Marchal dan Lorenca Gama.

Pihak PLN memberi beasiawa pendidikan kepada Yohanis hingga ia kuliah S1. Yohanis mengaku bahwa ia bercita-cita menjadi seorang tentara.

Aksinya mendapat respon positif dari netizen. Memanjat tiang setinggi 23 meter. Dipanjatnya tanpa alat bantu karena memang dilakukan secara spontan.

Momen itu terjadi dalam upacara setingkat kabupaten. Peserta upacaranya TNI-Polri, aparat pemerintah kabupaten, perangkat desa, hingga masyarakat umum dan siswa.