Ini Tanggapan Golkar Soal Tekanan NU Terhadap Mahfud MD

by

Geosiar.com, Jakarta – Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus enggan berkomentar mengenai pernyataan Mahfud MD tentang adanya tekanan pada Jokowi saat pemilihan calon wakil presiden.

“Kita belum tahu. Itu kan tafsir dan yang tahu sendiri kan Pak Jokowi, bagaimana sampai beliau putuskan Pak Ma’ruf (Rois Am PBNU Ma’ruf Amin) sebagai pendamping beliau,” kata Lodewijk di posko pemenangan Jokoewi-Maruf di kawasan Cemara, Jakarta, Rabu (15/8/ 2018).

Purnawirawan jenderal bintang tiga belum mau mengungkapkan apakah partai koalisi penduknug Jokowi-Maruf akan membahas pernyataan Mahfud MD. Atau, menyiapkan para jubir untuk mengounter pernyataan itu.

“Soal itu comment. Tetapi masalah jubir itu tentu semua aspek internal dan eksternal itu yang kita siapkan,” ujarnya.

Tapi ia mengakui para jubir disiapkan untuk pemenangan dengan memanfaatkan coattail effect. Dan untuk sementara lebih fokus pada Jokowi.

“Kita berbicara coattail effect itu adanya dari Pak Jokowi, sejauh mana tim kampanye nasional memberi itu kepada partai tertentu. Karena kalau bicara itu larinya ke Pak Jokowi,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyebut ancaman dari salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang menyatakan jika yang dicalonkan sebagai cawapres Jokowi adalah Mahfud MD, maka NU tidak punya tanggung jawab moral untuk mendukungnya, adalah suruhan Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin.