Connect with us

Dunia

Gerakan Revolusi Toilet Di Restoran, Pemerintahan China Keluarkan Lebih 40 Aturan

Published

on

Restoran diwajibkan meningkatkan kebersihan toilet.

Geosiar.com, China – Demi meningkatkan kebersihan di 5.000 rumah makan, Pemerintahan Beijing mengeluarkan pedoman mengenai toilet restoran, Jumat (3/8/208)

Dilansir dari Beijing Yout Daily, Pedomen tersebut dikeluarkan Badan makanan dan obat pada hari kamis lalu. Lebih dari 40 peraturan menyangkut lingkungan, kemudahan, kebersihan, dan pembasmian kuman.

Dengan adanya peraturan tersebut, Pegawai restoran diharuskan memeriksa kebersihan setiap jam dan setiap 15 menit pada jam makan.

Untuk membasmi kuman harus dilakukan di semua toilet setidaknya satu kali sehari. Di sarana lain, seperti keran air, wastafel, pegangan, pengering tangan serta lubang udara, pembasmian harus dilakukan setidaknya empat kali sehari.

Dengan adanya pedoman tersebut, juga mengatur larangan restoran memasang tanda yang sulit dikenali pada toilet. Aturan tersebut juga mengatur toilet restoran harus memiliki sekat, kaca dan kertas penutup tempat duduk toilet, yang mudah dibuang.

“Pedoman itu menandai dimulainya ‘revolusi toilet’ di restoran-restoran Beijing,” kata Duan Zhiyong, seorang pejabat pemerintah.

Pada 2015, Cina meluncurkan revolusi toilet di seluruh negeri untuk membuat toilet-toilet umum lebih bersih dan sesuai aturan. Para pemimpin China meminta agar upaya ditingkatkan untuk meningkatkan kondisi toilet-toilet di negara itu.

Menurut Duan, pedoman tersebut akan diterapkan di bidang layanan makanan umum Beijing. Sebanyak 5.000 restoran diperkirakan akan meningkatkan kebersihan toilet dan layanan mereka pada akhir tahun ini. (Ut)