Connect with us

Kriminal

Dalam Tiga Hari, Densus Ringkus 14 Terduga Teroris di Jabar

Published

on

Ilustrasi penangkapan teroris.

Geodiar.com, Bandung – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri meringkus sekitar empat belas terduga teroris pada serangkaian operasi terpisah di kota Bandung dan juga sekitarnya sejak Selasa hingga Kamis kemarin atau 31 Juli-2 Agustus 2018 .

Tiga di antaranya merupakan terduga teroris yang ditangkap di Kecamatan Gedebage Kota Bandung Rabu (1/8/2018) malam. Ketiga orang yang ditangkap di sebuah rumah di kompleks permukiman di kawasan Gedebage itu diduga terlibat serangan bom.

“Yang tiga terkait dengan rangkaian kasus bom Kampung Melayu. Selain tiga orang itu ada 11 orang terduga teror lain yang kita bekuk dalam rangkaian kasus yang berbeda,” kata seseorang di Mabes Polri pada Jumat (3/8/2018).

Ke-11 orang yang lain itu terkait dengan perencanaan aksi untuk menyerbu Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok saat pecah kerusuhan Mei lalu.

Kerusuhan yang mengakibatkan lima polisi tewas itu memang membangkitkan sel teror yang selama ini tidur. Mereka ingin datang menyerbu.

“Itu sebabnya kita ciduk saja satu persatu untuk memutus rantai sel mereka yang kesemuanya berafiliasi dengan JAD (Jamaah Ansharut Daulah),” tambahnya.

Diketahui JAD memang berada di balik Bom Kampung Melayu yang meledak pada Mei 2017. Ketikan itu ada lima orang tewas dan 10 orang terluka.

Bom yang meledak di Kampung Melayu itu juga merupakan satu rangkaian dengan bom di Kantor Kelurahan Arjuna, Cicendo, Bandung, yang meledak sebelumnya. (yl)