Connect with us

Sumut

Dongkrak Wisata Toba, AirAsia Buka Rute Malaysia-Silangit

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut BinsarPanjaitan. (idntimes)

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar menargetkan sebanyak 500 ribu wisatawan atau turis datang ke Danau Toba lewat Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara

Luhut menyampaikan, jumlah turis di Silangit pada 2015, hanya berjumlah puluhan ribu. Tapi angkanya mulai meningkat cukup pesat, di mana pada tahun 2015 hingga 2017, tumbuh mencapai ratusan persen.

“Tahun ini, kami harapkan sekitar 500 ribu orang turis yang akan datang ke Danau Toba melalui Bandara Silangit,” kata Luhut di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (2/7/2018).

Ia merasa optimistis dengan target itu, karena maskapai penerbangan berbiaya murah, AirAsia Grup telah membuka rute internasional dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) Malaysia ke Bandara Silangit di Sumatera Utara. Turis yang berkunjung dari negara lain pun bisa langsung menuju ke Silangit, melalui penerbangan transit dari Malaysia.

Ia menambahkan menteri pariwisata juga telah menargetkan turis asing ke Indonesia mencapai 20 juta.

“Supaya bisa mendapatkan devisa US$20 miliar” katanya.

Sebelumnya AirAsia menawarkan harga khusus dari Silangit ke Kuala Lumpur mulai dari Rp100 ribu. Tarif ini tersedia untuk pemesanan di airasia.com dan aplikasimobile AirAsia dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018 untuk periode perjalanan dari 28 Oktober 2018 hingga 29 Maret 2019. Anggota AirAsia BIG akan menikmati biaya pemrosesan gratis ketika melakukan pembayaran menggunakan kartu BigPay. (yl)