Connect with us

Sumut

Hendrik H Sitompul Siap Fasilitasi Penerbitan Sertifikat Rumah Ibadat

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Drs Hendrik H Sitompul menghimbau seluruh pengelola rumah ibadat yang bergabung di Keuskupan Agung Medan (KAM) supaya segera mengurus setifikat gereja Katolik dan rumah dinas lainnya. Pengurusan sertifikat dinilai sangat penting sebagai alas hak yang sah bukti kepemilikan umat.

Himbauan itu disampaikan, Drs Hendrik Sitompul MM (foto) kepada wartawan, Rabu (1/8/2018) menindaklanjuti realisasi dialog dan sosialisasi yang digelar anggota DPRD Medan dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut serta pastor dan pengurus gereja Katolik di Sumut.

“Kita targetkan seluruh gereja Katolik yang ada di Sumut dipastikan memiliki sertifikat. Untuk itu kepada pengurus gereja supaya segera mengurusnya ke BPN. ISKA siap memfasilitasi pengurusannya ke BPN setempat,” ujar Hendrik.

Menurut Drs Hendrik H Sitompul yang saat ini di Fraksi Demokrat DPRD Medan dan juga Ketua BAPEMPERDA DPRD Kota Medan itu mengatakan, penerbitan sertifikat sangat penting guna menghindari persoalan hukum dikemudian hari. Sehingga, para umat tetap nyaman beribadah.

Sebelumnya, Hendrik menyebutkan, dialog maupun diskusi antara pengurus gereja dengan pihak BPN sudah dilakukan yang difasilitasi sejumlah anggota DPRD Medan. Dimana, Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN tentang program pendataan tanah sistematis lengkap. Seiring dengan itu, pihak BPN diharapkan dapat mempermudah pengurusan sertifikat untuk rumah-rumah ibadah.

Kepedulian Hendrik Sitompul terhadap masyarakat kecil dengan melakukan berbagai kegiatan sosial cukup banyak. Saat ini, Hendrik H Sitompul dikenal tokoh Katolik menjabat Ketua DPD Ikatan Sarjana Katolik Insonesia (ISKA) Sumut, Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Ketua Pesparani Katolik Sumut, Ketua 1 Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco, Pengurus Gereja Katolik, Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut, Tokoh Marga, Pengurus di Kumpulan Marga Sitompul & Marpaung dan Bendahara Alumni Lemhannas RI komisariat Sumut.

Drs Hendrik Halomoan Sitompul, MM yang juga Alumni PPRA 52 Lemhannas RI terbukti selalu peduli terhadap keluhan masyarakat. Bahkan untuk mencari solusi pun tetap diupayakan. Saat ini Hendrik H Sitompul MM maju Caleg DPR RI dari Partai Demokrat daerah pemilihan (Dapil) Sumut I No urut 8. (lamru)