Connect with us

Nasional

Ribuan Orang Tanda Tangani Petisi Menolak JK Nyawapres Lagi

Published

on

Jusuf Kalla.

Geosiar.com, Jakarta – Posisi Wapres Jusuf Kalla (JK) di Mahkamah Konstitusi (MK) mendapat tentangan dari berbagai elemen. Dikhawatirkan, JK akan nyawapres untuk ketiga kalinya jika gugatan Perindo itu menang.

“Tolak masa jabatan Wapres lebih dari 2 kali!” demikian isi petisi di www.change.org seperti dikutip detikcom, Senin (30/7/2018).

Petisi itu dibuat oleh Koalisi Selamatkan Konstitusi dan Demokrasi. Sampai pukul 11.40 WIB, sebanyak 1.211 orang telah menandatangi petisi itu.

“Regenerasi dalam berdemokrasi sangat diperlukan, salah satunya dengan membatasi 2x masa jabatan presiden dan wakil presiden,” ucap salah seorang penandatangan petisi, Renato Joesaki.

Jika MK mengabulkan Judicial Review ini, maka Indonesia akan mundur lagi ke 20 tahun yang lalu. Di mana kekuasaan pemimpin jadi tak terbatas dan jadi otoriter.

“Akibatnya juga akan membuat kekacauan terhadap sistem ketatanegaraan yang sudah memberikan batasan dua kali masa jabatan untuk banyak posisi penting di republik ini,” ucap petisi itu.

Sekarang sedang berlangsung sidang pemeriksaan pendahuluan atas permohonan itu di MK. Para akademisi direncanakan akan mendaftarkan sebagai pihak terkait dan menolak gugatan itu. (yl)