Connect with us

Kesehatan

Ini Pesan Dokter Bagi Anda yang Suka ‘Kretek-kretek’ Jemari

Published

on

Ilustrasi (mediakepri.co.id)

Geosiar.com, Kesehatan – Aktivitas yang padat seharian pasti membuat badan pegal-pegal, terutama bagi yang bekerja di depan komputer. Pekerjaan itu membuat jari jemari lemah dan pegal.

Biasanya orang yang mengalami hal tersebut akan mengatasinya dengan membunyikan jari hingga mengeluarkan bunyi ‘kretek’.

Kegiatan memberi rasa rileks ini menurut bahasa kedokteran adalah Knuckel Cracking. Bunyi ‘kretek’ yang dikeluarkan dari kegiatan tersebut berasal dari gas yang ada dalam rongga jari jemari.

Yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut berbahaya? Menurut dokkter otopedi, dr. Oryza Satria, Sp. OT, kegiatan ini dilakukan masih aman-aman saja selagi tidak dilakukan secara berlebihan.

“Menurut penelitian, itu tidak berpengaruh pada nyeri sendi, jadi ya aman-aman aja,”  Ujarnya dilansir Detik.com, Minggu (28/7/2018).

Jari jemari kita mengandung ligamen yang berfungsi untuk menyambung tulang yang satu dengan tulang lainnya.

Faktor psikologis juga yang menyatakan bahwa meregangkan dan merilekskan jari dapat mengurangi rasa pegal dan lelah setelah beraktivitas.

dr. Oryza mengatakan, jika kegiatan meregangkan jari dengan membunyikan suara ‘kretek’ secara berlebihan akan mengakibatkan ligamen terluka. Bisa luka kecil hingga luka besar.

Jika anda mengalami nyeri hebat sampai bentuk tangan berubah, segera periksalah, siapa tahu ligamennya terluka.