Connect with us

Nasional

Setelah Ditutupi Jaring Hitam, Kali Sentiong Akan Disemprotkan Cairan Pewangi

Published

on

Jakarta, Geosiar.com — Mengurangi bau tidak sedap yang bersumber dari Kali Item atau Kali Sentiong yang berada di samping wisma atlet, telah dilakukan dengan segala cara oleh pemerintah DKI Jakarta.

Salah satu upaya lanjutan setelah menutupi kali dengan jaring hitam, kali ini pemko DKI Jakarta akan menyemprot area kali item dengan cairan sejenis pewangi.

Menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan Cara tersebut diyakini oleh pihak mampu mengurangi aroma tak sedap tersebut.

“Secara teknis tadi sudah disampaikan tim ahli kepada kami, besok akan ke lapangan kita akan coba cara ini. Salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau,” ujar Teguh di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Penutupan Kali Sentiong Dengan Jaring Hitam

Bermodalkan presentasi yang dilakukan oleh beberapa tim ahli, Teguh mengaku belum mengetahui teknis pelaksanaan metode tersebut. Ia juga tidak mengetahui nama cairan pewangi yang dimaksud.

“Cara itu ditawarkan oleh tim ahli yang telah dipresentasikan kepada Pemprov DKI,” ucapnya.

Belakangan perdebatan yang muncul dengan sikap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menutup kali item dengan jaring Hitam, Kadis SDA pun mengaku banyak pihak yang datang ke Dinas Sumber Daya Air menawarkan berbagai produk dan metode untuk menjernihkan dan menghilangkan bau.

Bila rencana pemberian cairan pewangi terlaksana, cairan tersebut akan disemprotkan di sekitar Jembatan Marto yang dipasangi waring hitam. Upaya memberi pewangi tersebut akan dilaksanakan selama 1,5 bulan hingga Asian Games digelar.

“Kita fokus yang di Jembatan Marto yang panjang kita pasang jaring tuh, kita fokus di situ dulu, kan 700 meter,” tandas Teguh. (Ut)