Connect with us

Olahraga

Ketua Panitia Asian Games 2018 : Timnas Basket Filipina Batal Mundur

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Federasi Bola Basket Filipina (SBP) mengumumkan keputusan untuk mundur dari cabang olahraga (cabor) bola basket Asian Games 2018 menyusul perkelahian yang terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 Zona Asian menghadapi Australia.

Akibat kericuhan tersebut, Komisi Disiplin (Komdis) FIBA menjatuhkan hukuman terhadap 10 pemain Filipina, termasuk untuk asisten pelatih Joseph Uichico dan pelatih kepala Vincent Reyes.

Kendati demikian, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Inasgoc, Eric Thohir berharap langkah Timnas Basket Bola Basket Filipina dapat diralat.

“Kami masih ingin Filipina bermain di Asian Games 2018,” ujar Erick di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

“Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Filipina (terkait mundur dari Asian Games 2018),” katanya menambahkan.

Dikutip dari liputan6, Dalam pernyataan resminya,  SBP meminta maaf kepada Inasgoc.

“SPB tetap menjaga komitmen untuk pengembangan bola basket Filipina yang berkesinambungan dan meraih hasil terbaik bagi tim kami di panggung global. Kami berterima kasih kepada Rain or Shine, khusunya pemilik mereka Terry Que dan Raymond Yo, pelatih NLEX Yeng Gulao dan pelatih Rain or Shine Caloy Garcia, atas kesediaan mereka mewakili negara kami di Asian Games mendatang,” tulis SBP.

“Kendati demikian, untuk memberikan kesempatan tim nasional dan organisasi kami melakukan reorganisasi, mempersiapkan proses banding atas putusan Komisi Disiplin FIBA baru-baru ini dan membidik kesuksesan berkelanjutan di turnamen-turnamen mendatang, termasuk laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia FIBA dan Piala Dunia FIBA 2023. Kami telah mencapai keputusan, dengan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan komunitas bola basket, bahwa waktu dan kesempatan yang ada tidak optimal untuk berpartisipasi di Asian Games 2018.”

“Kami memohon maaf kepada panitia Asian Games dan penggemar timnas Filipina serta masyarakat basket Asia atas pengunduran diri ini. SBP bertekad untuk meningkatkan sistem dan mempersiapkan berbagai program yang akan memastikan penampilan terhormat tim kami di dunia internasional, sesuatu yang akan bisa dibanggakan masyarakat negara kami.”

Dengan mundurnya Filipina, maka peserta cabor bola basket Asian Games 2018 berkurang menjadi 14. Mulanya, Filipina tergabung di Grup B bola basket putra bersama Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab. (Ut)