Connect with us

Lifestyle

Unik! Negeri Kincir Angin Olah Sampah Jadi Taman Terapung

Published

on

Rotterdam, Geosiar.com – Hebohnya perdebatan dengan sikap Gubernur DKI, Anies Baswedan terhadap kali sentiong yang hitam, berbanding terbalik yang terjadi di Belanda.

Di Negeri Kincir Angin itu, Mereka mengolah sampah daur ulang jadi taman terapung di atas sungai

Salah satu nya dengan cara Recycled Park dibuat atas inisiatif WHIM architecture dan Recycled Island Foundation, yang berkolaborasi dengan pemerintah Rotterdam serta perusahaan HEBO Maritiemservice.

Recycled Park bertujuan mengurangi dan mencegah sampah plastik dari anak Sungai New Meuse, sebelum mengalir sampai ke Laut Utara. New Meuse ini menjadi sungai yang cukup penting di Eropa, di mana jika tidak dibersihkan maka akan membawa sampah yang dibuang dari daratan ke laut lepas.

Sampah-sampah plastik dari sekitaran New Meuse itulah yang didaur ulang sedemikian rupa sehingga memungkinkan menjadi material membangun taman terapung.

Lokasi taman berada di kawasan pelabuhan Tillemakade 99, Rotterdam, di sebelah paviliun terapung. Luasnya sekitar 140 m2.

Recycle Park terdiri dari sejumlah blok segi enam yang bisa menjadi lahan terapung untuk ditanami tumbuhan hijau.

Sementara di sisi bawahnya yang terendam air, dibuat sedemikian rupa sehingga tanaman bisa menjadi tempat menempelnya telur ikan. Kemudian ada pula bangku untuk traveler yang mau duduk-duduk santai.

Taman terapung itu sudah dibuka sejak 4 Juli 2018 lalu dan bisa dikunjungi traveler. Taman ini pun cantik dipotret dari berbagai angle. (Ut)