Connect with us

BMKG

BMKG Infokan Untuk Cek Cuaca Sebelum Lihat Gerhana Bulan Total

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Dalam Akun twitternya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk mengecek cuaca di kota masing-masing daerah. Hal ini ditujukan terkait ingin menyaksikan Gerhana Bulan Total yang akan berlangsung tanggal 28 Juli 2018 nanti, dini hari.

Hal ini merupakan momen baik bagi BMKG untuk mempromosikan kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi info BMKG yang terdapat di smartphone.

Wilayah Indonesia dapat melihat peristiwa alam tersebut secara langsung, dengan fase gerhana dimulai pukul 01.24 sampai 05.19 WIB. Sementara untuk untuk WITA dan WIT, waktunya menyesuaikan.

Melalui tweetnya di akun Twitter @infoBMKG, BMKG mengingatkan akan adanya peristiwa langka gerhana Bulan total terlama di abad 21 pada 28 Juli. Agar tidak terlewat momen istimewa ini, BMKG mengajak followernya mengetahui prakiraan cuaca lewat aplikasi Info BMKG.

Aplikasi BKG ini dapat diunduh secara gratis di perangkat Android di Google Play Store dan iOS di App Store. User interface-nya cukup simpel dan mudah digunakan.

Dari segi fungsinya, aplikasi ini tak jauh berbeda dengan aplikasi ramalan cuaca lain yang sudah beredar luas dan dapat diperoleh dengan mudah melalui toko-toko aplikasi populer. Informasi tampil pun cukup rinci, mulai dari prakiraan cuaca hingga informasi kecepatan angin.

Fitur di dalam aplikasi ini antara lain informasi real time prakiraan cuaca, kualitas udara, dan peringatan jika akan terjadi gempa.

Berkat integrasi dengan server BMKG, aplikasi ini punya basis data per kota yang lebih luas dan lengkap. Sayangnya, belum tersedia widget untuk aplikasi ini.

Sejumlah komentar dalam review aplikasi itu menyarankan agar BMKG membuat widget sehingga pengguna lebih mudah mengakses informasi cuaca ketimbang harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Namun secara keseluruhan, aplikasi ini bisa jadi pilihan dan cukup andal untuk prakiraan cuaca, terutama bagi kalian yang saat ini bersiap ‘nongkrong’ menyaksikan gerhana Bulan total. (Ut)

Advertisement

BMKG

Gempa M 5,0 Guncang Halmahera Barat

Published

on

Ilustrasi Seismometer.

Geosiar.com, Jakarta – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Halmahera Barat, Maluku Utara. Situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 10.12 WIB, Jumat (15/11/2019).

Adapun lokasi gempa terletak pada koordinasi 1,77 Lintang Utara dan 126,48 Bujur Timur, 132 km Barat Laut Halmahera Barat, Malut. Gempa berada di kedalaman 10 km.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, hingga saat ini belum diketahui dampak gempa di lokasi tersebut.

Sejak pagi tadi, gempa bumi terus mengguncang wilayah Maluku Utara dan sekitarnya. Hingga pukul 09.00 WIB, BMKG mencatat ada 81 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah antara Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Dari total tersebut, terdapat 13 kali gempa yang memiliki magnitudo di atas 5.

“Sampai hari ini pukul 09.00 WIB telah tercatat 81 kali gempa susulan dan di antaranya ada 7 kali yang berdampak dirasakan,” tutur Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunmi BMKG Rahmay Triyono di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Gempa susulan ini terjadi setelah gempa utama berkekuatan magnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah Maluku Utara pada pukul 23.17 WIB, Kamis (14/11/2019). BNPB mencatat ada dua orang terluka akibat gempa. Selain korban luka, gempa tersebut juga merusak sejumlah bangunan.

Continue Reading

BMKG

Gempa Bumi M 6,8 Guncang Ambon, Tak Berpotensi Tsunami

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Ambon – Gempa bumi bermagnitudo 6,8 terjadi di sebelah Timur Laut Kota Ambon, Maluku, pada Kamis (26/9//2019) sekitar pukul 8.46 WIB.

Badan meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, lokasi persis gempa adalah 3,38 Lintang Selatan, 128,43 Bujur Timur, atau 40 Kilometer Timur Laut Ambon, Maluku.

“Kedalaman 10 Km, tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

Gempa ini dirasakan dengan skala MMI V di Ambon, skala MMI V di Kairatu, MMI II-III di Paso, dan II di Banda.

Tak hanya itu, gempa dengan magnitudo 5,0 juga terjadi di sekitar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Gempa magnitudo 5,0 terjadi pada 26 September 06:44:27 WIB”.

Lokasi tepatnya ada di 8,38 LS, 119,82 BT. Pusat gempa berada di laut 15 km Barat Laut Labuan Bajo dengan kedalaman 175 Km.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG.

Gempa ini disebut dirasakan di Labuan Bajo (skala MMI III-IV), dan di Ruteng (skala MMI I-II).

Continue Reading

BMKG

Gempa Magnitudo 3,7 Goyangkan Maluku Tengah

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Maluku – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,7 menguncang wilayah utara Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, pada Jumat (20/9/2019) sekitar pukul 05.22 Wita pagi .

Menurut hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), disebutkan bawha lokasi episenter gempa terletak di titik koordinat 3,57 lintang selatan (LS) dan 128,78 bujur timur (BT). Sedangkan getaran gempa berpusat di laut berjarak 12 kilometer (Km) Utara Nusalaut dengan kedalaman 10 Km.

“Gempa dirasakan (MMI) III Nusalaut, III Saparua,” tulis akun resmi Twitter BMKG, @infoBMKG.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Masyarakat setempat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com