Connect with us

Kesehatan

Pernah Dengar Istilah Bayi Keju? Ini Penjelasannya

Published

on

Geosiar.com, Kesehatan – Pernah mendengar “Hamilnya jorok nih, makanya anaknya banyak kaya keju-keju gitu deh!”

Kadang-kadang, ada aja orang yang berkata demikian. Baru aja melewati persalinan yang luar biasa lelah, tapi udah ada yang nyinyirin begitu. Sakit hati? Mungkin itu yang Moms alami. Tapi tenang Moms, yukk kita cari tahu, sebenarnya itu apa sih?

Tahukah Moms, bayi yang disaat lahirnya ada seperti lapisan keju, dan terlihat kotor itu, padahal ini wajar terjadi lhoo. Lapisan krem ini adalah Vernix Caseosa. Berkembang pada kulit bayi sejak dalam kandungan sekitar usia kehamilan 20 minggu.

Vernix caseosa adalah biofilm putih, lembut, alami yang menutupi kulit janin selama trimester terakhir kehamilan. Lapisan Vernix pada kulit neonatal melindungi kulit bayi yang baru lahir dan membantu bayi untuk beradaptasi ekstra, pada minggu-minggu awal pascakelahiran pertama jika tidak dicuci setelah lahir.

Menjelang akhir kehamilan, vernix ini akan berkurang. Dan saat bayi lahir, biasanya sisa lapisan vernix masih terlihat. Lapisan lemak ini sebenarnya merupakan penyatuan dari minyak yang dikeluarkan kelenjar minyak di kulit janin dengan sisa-sisa sel-sel kulit janin.

Punya andil sebagai zat pelindung tubuh bayi sehingga terlindung dari bakteri dan jamur, melindungi bayi dari invasi mikroba, melembutkan dan menghaluskan kulit bayi baru lahir dan setelahnya, memiliki sifat seperti antibiotik, juga dapat membantu membersihkan kulit bayi saat ia masih dalam kandungan, mencegah terjadinya kerutan pada kulit bayi dalam kandungan, dan mempermudah bayi untuk keluar dari jalan lahir serta mencegah terjadinya hipotermia saat lahir.

Apakah setiap bayi baru lahir terlihat seperti ini? Tidak kok Moms.

Tidak semua bayi lahir dengan lapisan lemak di seluruh tubuhnya. Ada yang hanya di wajah, punggung, atau lengan atas saja. Bahkan tahukah Moms, kamu bisa lhoo memilih menunda mandi pertama bayi untuk memaksimalkan fungsi dari vernix ini.

Memang benar bayi lahir ditutupi cairan dan darah. Tapi bayi tidak terlahir kotor kok, jadi tidak berbahaya bila menunda mandi pertamanya.

Ada yang saat bayinya lahir masih terlihat verniks caseosa ini Moms? (Ut)