Connect with us

Sumut

Kepala KPH : Diperkirakan 40 Sampai 50 Hektare Hutan Terbakar

Published

on

Toba Samosir,Geosiar.com – Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Leonardo Sitorus mengatakan diperkirakan kurang lebih 40 sampai 50 Hektare hutan terbakar di kecamatan Balige, kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut, terbakar. Kebakaran terjadi sejak Rabu (25/7) dan hingga kini belum bisa dipadamkan.

“Saya prediksi 40 sampai 50 hektare yang terbakar sekarang,” kata Leonardo, Kamis (26/7).

Ia juga menambahkan, kebakaran terjadi sejak Rabu (25/7) pukul 23.30 WIB. Api menjalar dengan cepat karena angin kencang dan daun-daun yang kering di hutan tersebut.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Leonardo pun enggan berspekulasi mengenai kemungkinan kawasan hutan tersebut sengaja dibakar.

“Untuk penyebab sedang diselidiki pihak kepolisian, Polres Tobasa. Kami belum bisa memprediksi karena lagi ditangani kepolisian,” ujar dia.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk mengatasinya. Sejumlah mobil pemadam kebakaran, mobil tangki air, dan racun api telah diturunkan. Ada sekitar seratus petugas yang dikerahkan untuk pemadaman.

“Kami juga dibantu masyarakat sekitar,” kata Leonardo.

Tak hanya itu, Leonardo mengatakan, mereka juga sudah berkoordinasi dengan kementerian untuk melakukan water bombing. Pemadaman api dari udara itu kemungkinan akan mulai dilakukan besok.

“Prediksi sampainya besok karena posisinya masih berada di Riau dan baru berangkat hari ini,” ujar dia. (Ut)