Connect with us

Dunia

Diduga Bom Rakitan, Kedubes AS di Beijing Diserang

Published

on

Geosiar.com, Beijing – Ledakan yang terjadi di dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beijing diduga berasal dari bom rakitan yang dilemparkan oleh seseorang ke pagar gedung Kedubes AS, Kamis (26/7/2018),

Ledakan besar itu mengguncang area di luar Kedubes AS di Beijing pada Kamis (26/7) waktu setempat. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari otoritas China maupun AS terkait insiden ini.

Dikutip News.com.au, sejumlah saksi mata di lokasi, seperti, mengaku mendengar suara ledakan keras di lokasi. Suara ledakan itu diikuti oleh kepulan asap yang menyebar ke segala arah di dekat Kedubes AS.

Radio Free Asia menyebutkan ledakan berasal dari sebuah bom rakitan yang dibawa seorang pria. Pria itu berniat melemparkan bom rakitan ke pagar Kedubes AS, namun gagal karena bom keburu meledak sebelum dilempar.

Bom itu meledak di dekat pria yang tak diketahui identitasnya tersebut. Ledakan ini disebut melukai sejumlah orang dan merusak satu mobil polisi yang parkir di luar Kedubes AS.

Ledakan ini memicu kebingungan dan kepanikan di jalanan sekitar Kedubes AS. Ruas jalanan di sekitar kompleks kedutaan telah ditutup sementara.

Kondisi pria yang membawa bom rakitan itu tidak diketahui pasti. Namun salah satu video yang beredar di media sosial menunjukkan sejumlah personel keamanan, termasuk militer dan polisi, mengerumuni sesuatu yang ditutupi terpal warna biru di atas jalanan.

Kedubes AS di Beijing terletak di kawasan sibuk dan dekat dengan sejumlah kedutaan asing lainnya, termasuk Israel dan Korea Selatan. Diketahui bahwa kompleks Kedubes AS di Beijing memiliki pengamanan super ketat, termasuk dilengkapi dinding kaca antipeluru. (Ut)